MobilKomersial.com - Produsen truk terkemuka asal Swedia, Volvo Trucks, kini telah resmi membuka pemesanan untuk jajaran truk listrik tugas berat (heavy duty) yang terdiri dari Volvo FH, Volvo FM, dan Volvo FMX.

Truk listrik Volvo FH Electric dan FM Electric ditargetkan oleh Volvo Trucks sebagai pengangkut listrik serbaguna untuk tugas transportasi lokal  (jarak pendek).

Sedangkan FMX Electric bisa digunakan pada medan off-road, sehingga dapat digunakan dalam berbagai aplikasi yang lebih luas, meskipun terutama pada industri konstruksi.

Baca Juga: Ragu Pakai Truk Listrik ? Begini Strategi ala Volvo Trucks

Produksi serial itu akan dimulai pada musim gugur di pabrik Tuve netral CO2 di Gothenburg, Swedia dan akan meningkat secara bertahap.

Roger Alm, Presiden Volvo Trucks mengatakan bahwa pembukaan pemesanan truk listrik heavy duty ini merupakan tonggak sejarah bagi Volvo Trucks dan telah menarik perhatian pelanggan untuk mengakuisisi truk elektrifikasi Volvo.

"Sampai saat ini kami menawarkan kepada pelanggan dan mitra untuk menandatangani letter of intent (LOI) untuk membeli, tetapi sekarang kami mulai menandatangani pesanan pasti, yang merupakan langkah maju yang besar untuk elektrifikasi,” ungkap Roger dalam keterangannya, Kamis (5/5/2022).

Pada tahun 2021, Volvo Trucks telah menerima pesanan, termasuk LOI untuk lebih dari 1.100 truk listrik di lebih dari 20 negara.

Baca Juga: Kolaborasi Volvo dan Unicon, Kenalkan Generasi Baru Truk Mixer Berbasis Listrik

Berdasarkan informasi, pasar terbesar truk listrik Volvo di Eropa saat ini adalah Norwegia, Swedia, dan Jerman yang menjadikan Volvo Trucks sebagai pemimpin pasar di Eropa untuk truk listrik berat dengan pangsa pasar 42% pada tahun 2021, dan juga memiliki posisi terdepan di Amerika Utara.

“Jelas menjadi keunggulan kompetitif untuk dapat menawarkan solusi transportasi tanpa emisi gas buang yang senyap,” tutur Roger Alm.

Dengan total enam model truk listrik yang diproduksi pada tahun ini, Volvo Trucks memiliki rangkaian listrik terlengkap di industri truk global, yang mencakup semuanya mulai dari distribusi kota dan penanganan sampah, hingga transportasi konstruksi perkotaan dan pengangkutan regional.

Volvo Trucks juga telah menargetkan bahwa setengah dari total penjualan truk-nya akan berbasis listrik pada tahun 2030.

Baca Juga: Begini Spesifikasi Fuso eCanter yang Bakal Mengaspal di Tanah Air

Share :

Gaussin-Charbone Hydrogen, Percepat Penyebaran Kendaraan Bebas Emisi di Kanada

Dalam perjanjian tersebut, kedua perusahaan telah sepakat dalam membuat usaha patungan untuk mempercepat penyebaran kendaraan pintar dan bebas emisi Gaussin di wilayah tersebut.

Read More
Percepat Pemasaran Truk Listriknya, Volta Trucks Jalin Kemitraan dengan Paneltex

Volta Trucks mengaku bahwa alasan berkolaboraasi dengan Paneltex, disebabkan dengan keahlian Paneltex yang telah menghadirkan portofolio dan produk karoseri truk berkualitas tinggi selama tiga tahun.

Read More
Fuso Fighter X Hadirkan Varian Sasis Lebih Panjang, Cocok Buat Karoseri Ini

Dengan sasis sepanjang 9,8 m tersebut, KTB mengklaim bahwa sasis tersebut cocok untuk diaplikasin ke beberapa jenis karoseri seperti tangki, flat deck, bak besi, los bak, box besi hingga dapat dijadikan truk wingbox yang biasanya diaplikasi pada truk tuga

Read More