MobilKomersial.com - Perusahaan penyedia solusi transportasi kelas dunia asal Swedia, Scania, telah mengumumkan bahwa perusahaannya telah memilih sebuah platform infotainment generasi terbarunya yaitu HERE SDK (Software Development Kit).

Teknologi tersebut merupakan hasil kerjasamanya dengan perusahaan platform data dan teknologi pendeteksi lokasi terkemuka asal Belanda, HERE Technologies.

Baca Juga: Tiga Pabrikan Truk Raksasa Eropa Bangun Jaringan Pengisian Daya Listrik Tahun Depan

Sebagai platform navigasi generasi terbaru untuk Scania, HERE SDK merupakan teknologi terbaru yang dapat digunakan sebagai layanan lokasi HERE, data peta dinamis untuk navigasi komersial dan kasus penggunaan sistem bantuan pengemudi (ADAS) tingkat lanjut.

Melansir globenewswire, Selasa (4/1/2022), solusi navigasi tersebut akan terhubung dan tersedia untuk armada truk Scania secara global, termasuk di China, Jepang, dan Korea Selatan.

Scania juga telah menggunakan fungsi tersebut untuk pemetaan, perutean, dan pencarian HERE SDK yang menggabungkan informasi jalan khusus truk hingga peraturan kendaraan.

Baca Juga: Scania Kenalkan Truk Hybrid Generasi Terbaru

Scania juga akan membangun aplikasi seluler pendampingnya untuk pengemudi dengan HERE SDK, menawarkan pengalaman yang konsisten baik di dalam maupun di luar kendaraan.

Selain navigasi, pabrikan otomotif asal Swedia ini akan menggunakan data batas kecepatan HERE untuk mengimplementasikan solusi Intelligent Speed ​​Assistance (ISA), yang diwajibkan oleh hukum Eropa.

Solusi ISA untuk Scania adalah fitur di dalam kendaraan yang membantu pengemudi mengetahui dan mematuhi batas kecepatan yang sah di jalan mana pun.

Peta HERE ISA berisi tentang batas kecepatan eksplisit yang terlihat pada rambu-rambu jalan serta batas kecepatan implisit yang diturunkan dari rambu-rambu jalan tanpa nilai numerik.

Baca Juga: Roadmap Scania Menuju Kendaraan Tanpa Emisi

Data dari HERE mencakup informasi tentang peraturan kendaraan komersial untuk batas kecepatan truk. Data dan layanan HERE digunakan untuk meningkatkan berbagai fungsi ADAS, seperti pengoptimalan bahan bakar melalui manajemen powertrain prediktif, yang mendukung perubahan Scania menuju sistem transportasi yang lebih berkelanjutan.

Head of Connected Systems Scania, Peter Vincent mengatakan bahwa elektrifikasi truk Scania akan dibantu oleh akses ke layanan lokasi HERE termasuk perutean EV dan layanan pengoptimalan HERE.

Vincent mengungkapkan bahwa untuk mengintegrasikan peta yang terhubung ke dalam kendaraan akan menurunkan konsumsi bahan bakar dan memungkinkan fungsi baru untuk kendaraan listrik dan kendaraan otonom.

“Kami memilih HERE karena kualitas data lokasi dan layanannya serta kemudahan integrasi ke dalam sistem tertanam dan berbasis cloud kami,” ungkapnya.

Baca Juga: Scania Kenalkan Powertrain Baru untuk Pasar Eropa

Sementara itu, Gino Ferru selaku Senior Vice President, General Manager of EMEAR untuk HERE Technologies juga mengungkapkan bahwa dirinya merasa terhormat dengan kepercayaan yang ditunjukkan Scania untuk memungkinkan banyak kasus penggunaan termasuk navigasi, ADAS, manajemen armada, dan elektrifikasi.

"Bersama Scania, kami membuat mengemudi truk lebih efisien dan berkontribusi pada perubahan besar menuju transportasi berkelanjutan,” pungkasnya.

Share :

Begini Cara Kerja SCR Pada UD Trucks Euro 5 Yang Bikin Lingkungan Lebih Bersih

Teknologi SCR ini merupakan sistem pengolahan emisi yang mengurangi polutan berbahaya seperti nitrogen oksida (NOx) dan partikulat yang dihasilkan selama pembakaran mesin kendaraan seperti truk.

Read More
Fuso Ubah Truk Canter Jadi Kantor Berjalan, Bikin Kerja Tambah Rileks

NomadPro Canter merupakan kendaraan berbasis Fuso Canter sebagai truk tugas ringan (light duty) yang direnovasi berdasarkan konsep yang berfokus pada pemanfaatan 'kekuatan' alam atau ramah lingkungan berkat penggunaan materialnya.

Read More
Dipakai Pemkab Probolinggo Untuk Perbaiki Jalan, Apa Kelebihan Truk Alpomain?

Guna mempersingkat waktu dan mempercepat proses perbaikan jalan rusak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) membeli truk multi fungsi Alpomain.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler