MobilKomersial.com - Pabrikan truk asal Swedia, Scania, telah meluncurkan truk hibrida generasi baru yang menawarkan sebagai listrik-hybrid (HEV) dan plug-in hybrid (PHEV).

Peluncuran tersebut merupakan salah satu tujuan Scania untuk meningkatkan dampak ramah lingkungan dari sebuah teknologi yang diharapkan dapat bertindak sebagai dukungan dalam pandangan dekarbonisasi.

Truk hybrid listrik dan plug-in hybrid Scania yang baru dapat dilengkapi dengan powertrain dan opsi beban yang berbeda untuk disesuaikan dengan berbagai aplikasi seperti tipper, mixer beton, atau distribusi regional.

Baca Juga: Roadmap Scania Menuju Kendaraan Tanpa Emisi

Fredrik Allard, Wakil Presiden Senior dan Kepala Mobilitas Listrik Scania Sales & Marketing mengatakan bahwa hibrida baru ini memiliki kapasitas untuk melakukan banyak tugas dan pekerjaan dan akan menjadi yang teratas dalam semua jenis perbandingan yang relevan.

"Dengan truk hibrida generasi keempat dari Scania ini, kami telah mencapai titik di mana hibrida adalah kandidat yang baik untuk berbagai aplikasi dan operasi di mana keberlanjutan dan solusi cerdas adalah prioritas utama," jelasnya mengutip laman resminya, Sabtu (11/12/2021).

Kendaraan listrik hibrida (HEV) dan plug-in hybrid (PHEV) baru ini membawa Scania selangkah lebih dekat ke elektrifikasi penuh. Dilengkapi dengan opsi powertrain yang berbeda, mereka dapat memenuhi berbagai aplikasi dan gaya bodi. Powertrain ini juga dapat dipesan sebagai HEV atau PHEV, dengan kabin P-, G- dan L-series, sebagai rigid atau traktor.

Baca Juga: Scania Kenalkan Powertrain Baru untuk Pasar Eropa

Powertrain hybrid baru ini telah dikembangkan dengan prinsip modular. Scania telah menggabungkan dua motor listrik dan menggabungkannya dengan komponen utama dari girboks Opticruise generasi terbaru.

Dengan daya output 308 dk (230 kW) hingga 388 dk (290 kW) dan power take-off (PTO) pada gearbox, powertrain ini memiliki kapasitas untuk memberi daya pada berbagai aplikasi truk tanpa harus menggunakan engine. Hibridisasi tersebut dapat menghemat bahan bakar hingga 40% di kota dibandingkan dengan powertrain konvensional.

Dengan menggabungkan mesin pembakaran internal DC07 atau DC09 dengan truk seri GE281, Scania dapat menawarkan jarak jauh pada bahan bakar terbarukan dalam kombinasi dengan 60 km dalam mode listrik penuh, dengan nol emisi gas buang dan tingkat kebisingan di bawah 72 dB.

Baca Juga: Berkontribusi Kurangi Emisi Karbon, Bona Germany Jajal Pengiriman Barang dengan Scania 25P

Aplikasi seperti tipper, mixer beton, dan transportasi berpendingin regional dapat beroperasi tanpa bahan bakar fosil di daerah perkotaan, dengan GVM hingga 36 ton. PHEV dapat terisi penuh dalam 35 menit dengan pengisi daya DC 95 kW.

Fredrik Allard melanjutkan bahwa peningkatan besar lainnya adalah pemulihan energi selama deselerasi juga tidak terganggu, yang penting karena mesin listrik adalah sumber utama pengereman pada kendaraan ini.

“Kami yakin bahwa truk jenis ini pada akhirnya akan digantikan oleh kendaraan listrik baterai. Tetapi selama rentang listrik yang besar dan infrastruktur pengisian daya yang sesuai tidak tersedia di semua pasar, pasti akan ada ceruk untuk hibrida dalam dekade ini,” pungkasnya.

Share :

Uji Coba Truk Tim F1 Mercedes Pakai Bahan Bakar Biofuel, Mampu Kurangi Emisi 89 Persen

Tim F1 Mercedes-AMG PETRONAS baru-baru ini menyelesaikan uji coba penggunaan biofuel di 16 truk Mercedes Actros Gigaspace yang dipergunakan untuk mengangkut logistik tiga balapan terakhir musim Eropa.

Read More
Belum Lama Meluncur, Mercedes-Benz eActros LongHaul Raih Penghargaan '2023 Truck Innovation Award'

Berkat ragam teknologi inovatif seperti baterai baru Lithium-iron Phosphate Fell (LFP), e-axle hingga kecepatan pengembangan truk berkelanjutan, penghargaan '2023 Truck Innovation Award' diberikan langsung oleh Ketua juri IToY, Gianenrico Griffini kepada

Read More
Generasi Baru Truk DAF XD Sabet 'International Truck of the Year 2023'

Dengan raihan penghargaan ini, DAF semakin memantapkan dirinya sebagai produsen truk premium dimana tahun lalu, DAF XF, XG, dan XG⁺ generasi baru untuk transportasi jarak jauh dan berat juga telah terpilih sebagai 'International Truck of the Year 2022'.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler