Jakarta, MobilKomersial.com - Raksasa otomotif asal Swedia, Scania bersiap untuk melakukan transisi kendaraan tanpa emisi. Berdasarkan roadmap yang dirilis produsen bus dan truk terkemuda di dunia ini berkomitmen menawarkan solusi kendaraan listrik dan hibrida.

Ada beberapa alasan utama Scania dalam kampanye mengurangi emisi dengan kendaraan listrik. Pertama adalah tuntutan keberlanjutan meningkat di mana tidak hanya terkait emisi CO2 tetapi juga polusi udara dan suara lokal.

Kedua, menguntungkan bagi pelanggan karena biaya energi dan biaya jalan, kendaraan listrik menjadi lebih kompetitif dengan cepat. Ketiga kondisi teknis ada di sini, artinya kapasitas baterai dan teknologi pengisian cepat meningkat pesat.

Baca juga: Scania Kenalkan Powertrain Baru untuk Pasar Eropa

Scania diketahui telah mendaftar untuk menjaga pemanasan global di bawah 1,5 derajat. Hal ini dibuktikan dengan menyetujui Target Berbasis Sains untuk tahun 2025 dan telah menandatangani komitmen The Climate Pledgeber untuk sepenuhnya bersih atau nol pada tahun 2040.

“Komitmen tersebut mencakup emisi dari kedua emisi kami sendiri operasi dan dari saat produk kami digunakan oleh pelanggan kami. Dimana 96 persen dari total emisi dari operasi dan produk kami dihasilkan,” tulisnya seperti dikutip dari laman resmi Scania.

Guna mewujudkan perubahan tersebut, Scania menawarkan berbagai macam kendaraan listrik dan hibrida, serta berbagai mesin yang kompatibel dengan bahan bakar nabati. Sementara biofuel akan menjadi bahan bakar transisi dalam operasi yang dianggap sulit untuk dialiri listrik seperti transportasi kayu, transportasi jarak jauh, transportasi berat.

Baca juga: Hadir di GIIAS 2021, United Tractors Pamerkan Sasis Scania K410B, Ini Keunggulannya

Saat ini, Scania berhasil meluncurkan kendaraan listrik baterai (BEV) dan plug-in hybrid (PHEV) untuk operasi perkotaan. BEV yang memiliki bobot 29 ton memiliki jangkauan 250 kilometer saat diisi daya selama 90 menit. Sementara PHEV seberat 29 ton memiliki jangkauan listrik hingga 60 kilometer saat terisi penuh.

Berikut Roadmap Scania untuk mendukung pengurangan emisi dengan produksi kendaraan listrik

2022

Scania akan merilis PHEV 36 ton yang diperbaharui dengan jangkauan listrik 60 kilomeyer setelah 30 menit pengisian daya.

2023

Scania akan memiliki truk BEV yang lebih berat yang mampu berjalan selama empat jam dengan berat kotor 40 ton. Atau tiga jam dengan berat kotor 60 ton yang ditujukan untuk transportasi regional.

Baca juga: Hadir di GIIAS 2021, United Tractors dan Scania Berkolaborasi Dukung Bisnis Transportasi

2024

Truk listrik jarak jauh yang disesuaikan untuk pengisian cepat selama waktu istirahat 45 menit pengemudi akan memasuki pasar. Truk akan mampu berjalan antara empat dan 4,5 jam, tergantung bobot kendaraan 40 atau 60 ton.

2025

Scania dapat menggemparkan sebagian besar operasi; termasuk konstruksi, pertambangan, pengangkutan jarak jauh, dan truk kayu. Ini juga merupakan tahun dimana sepuluh persen dari volume penjualan Scania di Eropa akan dialiri listrik.

Melihat ke paruh kedua dekade ini, pihaknya akan memiliki kemampuan teknis untuk melistriki aplikasi apa pun. Namun, hal tersebut belum akan menguntungkan bagi para pelanggan di semua pasar. Tetapi pada tahun 2030, 50 persen dari total volume penjualan kendaraannya harus dialiri listrik.

“Agar hal ini terjadi, kami harus memiliki akses ke infrastruktur pengisian daya dan listrik terbarukan. Akibatnya, investasi infrastruktur dan kemitraan untuk kendaraan listrik baterai tetap menjadi prioritas bagi kami,” jelasnya.

Share :

65 Truk Iveco S-Way LNG Diborong oleh Operator Transportasi Vlantana

Selain ramah lingkungan, truk Iveco S-Way LNG juga memberikan otonomi bahan bakar terbaik di kelasnya hingga 1.600 km, efisiensi tanpa kompromi di setiap misi, penghematan signifikan dengan TCO yang jauh lebih rendah daripada truk diesel, dan pengalaman b

Read More
DTNA dan Platform Science Luncurkan Virtual Vehicle

Daimler Trucks North America (DTNA) dan Platform Science berkolaborasi meluncurkan Virtual Vehicleâ„¢ atau kendaraan virtual.

Read More
Berkat Teknologi OptiView, MAN Raih Penghargaan Transportasi Eropa Keberlanjutan 2022

Penghargaan ini dimaksudkan untuk mendorong perusahaan di industri kendaraan komersial untuk bertindak dengan mengenali produk dan strategi berorientasi masa depan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler