MobilKomersial.com - Tiga produsen kendaraan komersial besar Eropa Volvo Group, Daimler Truck, dan Traton Group secara resmi telah menandatangani perjanjian yang mengikat untuk membuat jaringan pengisian daya patungan di Eropa pada tahun 2022.

Usaha patungan tersebut akan memasang dan mengoperasikan jaringan pengisian daya publik berkinerja tinggi untuk kendaraan baterai listrik, truk listrik heavy-duty  jarak jauh dan bus coach.

Baca Juga: Truk Berbasis Hidrogen Milik Daimler Trucks Terima Lisensi Untuk Penggunaan di Jalan Raya

Kerjasama yang direncanakan untuk dimiliki secara merata oleh ketiga pihak dijadwalkan untuk mulai beroperasi pada tahun 2022 setelah selesainya semua proses persetujuan peraturan. Para pihak bersama-sama berkomitmen untuk menginvestasikan € 500 juta atau setara dengan Rp 8,1 triliun, yang sejauh ini dianggap sebagai biaya terbesar.

Infrastruktur pengisian daya berperforma tinggi yang memungkinkan pengangkutan truk jarak jauh adalah cara yang hemat biaya menuju pengurangan emisi yang signifikan dan cepat direalisasikan. Inisiatif ini merupakan awal yang signifikan dan akselerator untuk menyukseskan truk berat dan gerbong yang netral CO2.

Martin Daum, CEO Daimler Truck mengatakan bahwa kerjasama ini adalah berita bagus bagi industri transportasi dan masyarakat, karena ini menggarisbawahi komitmen kuat semua mitra untuk mewujudkan truk netral CO2.

"Sungguh luar biasa bahwa tiga pesaing sengit di bidang truk dan teknologi kendaraan komersial mengambil tindakan bersama untuk mulai membangun infrastruktur pengisian daya yang dibutuhkan. Bersama dengan Volvo Group dan Traton Group, kami ingin mengirimkan sinyal yang jelas kepada semua pemangku kepentingan terkait untuk mengikuti jejak kami dan bertindak sekarang,” ucapnya dalam laman resminya, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga: Daimler Siap Produksi Bus Listrik di Indonesia pada 2023

Dalam lima tahun sejak pembentukan kerjasama ini, setiap jaringan diharapkan terdiri dari 1.700 titik pengisian di dan dekat jalan raya serta di titik logistik dan tujuan. Pengisian cepat akan disesuaikan dengan waktu istirahat wajib 45 menit (setelah 4,5 jam mengemudi) di Eropa.

Presiden dan CEO Volvo Group, Martin Lundstedt menuturkan bahwa usaha patungan yang direncanakan dengan Daimler Truck dan Traton Group ini merupakan langkah penting dalam membentuk dunia keberlanjutan.

Next>

Share :

Agar Hemat Solar Saat Mengantar Barang, 6 Cara Ini Bisa Diikuti Pengemudi Truk

Kenaikan harga bahan bakar akan berdampak pada perhitungan pengeluaran dalam kalkulasi total operasional perusahaan. Apalagi jika setengah dari pengeluaran biaya operasional justru adalah bahan bakar.

Read More
B-Log Uji Truk Listrik Fuso eCanter di Rute Tangerang dan Balaraja

B-Log, yang mengoperasikan sekitar 3.000 armada yang beroperasi di 40 kota di Indonesia, akan menguji eCanter ke dalam aktivitas logistik harian di rute operasional harian mereka di Tangerang dan Balaraja.

Read More
Profil Sitrak C7H 50.430 8x4 BB Tipper, Truk China Berteknologi Jerman

Sitrak C7H 50.430 ini merupakan truk heavy duty tipper berkonfigurasi 8x4 yang diklaim sangat andal dioperasikan di berbagai medan ekstrim. Truk ini juga biasa dioperasikan sebagai armada truk kebutuhan tambang batu bara hingga nikel.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler