Mobilkomersial.com --- Produsen truk teremuka asal Belanda, DAF, baru saja memperkenalkan rangkaian mesin terbaru yang dirancang khusus untuk diaplikasikan pada salah satu model truk distribusi unggulanya yaitu seri DAF LF. Mesin terbaru itu terdiri dari mesin Paccar PX-5 dan PX-7.

Truk DAF LF menjadi truk distributor pertama yang dibekali dengan mesin Paccar terbaru. Menariknya, sebanyak 600 unit truk itu telah dikirim perdana ke perusahaan persewaan dan penyewaan kontrak terkemuka di Inggris yaitu, Farnborough Van & Truck Hire (FVTH).

Baca Juga: Coca Cola Pakai 30 Truk Listrik dari Renault Untuk Pengiriman ke Pelanggan

“Mesin baru membawa distribusi kota ke tingkat berikutnya karena menghadirkan kemampuan berkendara seperti mobil penumpang seperti konsumsi bahan bakar yang rendah," kata Managing Director FVTH, Tim Houghton mengutip laman resmi DAF, Jum'at (25/11/2022).

Kedua mesin baru tersebut diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang luar biasa hingga 7%. Mesin itu memiliki blok besi grafit terkompresi yang ringan namun kuat berkat gaya gesek piston yang rendah serta turbo dan kompresor baru.

Mesin itu menghasilkan tenaga direntang 170 dk hingga 310 dk. Selain itu, mesin Paccar PX-5 dan PX-7 itu juga diklaim dikembangkan dengan torsi puncak pada putaran mesin yang lebih rendah untuk mendukung efisiensi bahan bakar terdepan di kelasnya.

Secara rinci, mesin Paccar PX-5 merupakan mesin 4-silinder berkapasitas 4.500cc (4.5L) yang menawarkan beragam pilihan tenaga mulai dari tenaga 170 dk dan torsi 700 Nm di putaran 1.100-1.700 rpm hingga tenaga 210 dk dan torsi 800 Nm di putaran 1.300-1.700 rpm.

Baca Juga: Truk Heavy Duty Diatas 24 Ton Andalkan Sistem Rem Air Brake, Ini Alasannya

Sedangkan mesin Paccar PX-7 merupakan mesin 6-silinder berkapasitas 6.700cc (6.7L) yang juga hadir dengan pilihan tenaga, mulai dari 230 dk dan torsi 900 Nm di putaran 900-1.800 rpm hingga mesin bertenaga 310 dk dan torsi 1.200 Nm di putaran 1.200-1.500 rpm.

Mesin Paccar itu juga dilengkapi dengan transmisi otomatis PowerLine 8-percepatan. Transmisi baru itu menghasilkan perpindahan tenaga tanpa gangguan torsi apa pun sehingga memungkinkan pemindahan gigi jadi lebih mulus dan respons throttle jadi lebih cepat.

Transmisi tersebut juga diklaim membuat mesin Paccar PX-5 dan PX-7 memilikia kemampuan manuver kecepatan rendah yang luar biasa dengan penyebaran rasio yang luas, termasuk double-overdrive yang membantu memberikan manfaat penghematan bahan bakar yang signifikan.

Dengan mesin dan transmisi baru ini, DAF LF dinobatkan sebagai truk distribusi terbaik yang menggabungkan biaya pengoperasian terendah, muatan tinggi, keandalan luar biasa, kemampuan manuver terdepan di kelasnya, kenyamanan dan karakteristik berkendara yang luar biasa.

Baca Juga: Anak Perusahaan Volvo Luncurkan Truk Trailer Listrik, Kapasitas Baterai 1.000 Kwh

Dengan kombinasi mesin dan transmisi baru, truk DAF LF juga mampu menghasilkan kenyamanan dan kemampuan berkendara yang luar biasa. "Seluruh paket (mesin dan transmisi) membuat LF lebih mudah dan santai untuk dikendarai," ungkap Tim Houghton.

"DAF LF yang baru membawanya ke level berikutnya. Dan, tentu saja, prospek peningkatan penghematan bahan bakar sebesar 7% dari driveline baru adalah hal yang baik untuk semua orang khususnya para operator truk," pungkasnya.

Share :

Sebelum Dikirim ke Konsumen, Tesla Semi Uji Coba Jarak Tempuh Ratusan Km Bawa Beban 36 Ton

Sebelum Tesla Semi truk dikirim ke konsumennya pada 1 Desember 2022, truk listrik tersebut diuji coba berjalan sejauh kurang lebih 805 Km dengan membawa muatan total beban mencapai 36,7 ton.

Read More
Mengenal Fitur Apa Saja yang Dimiliki Truk Tambang Batu Bara

Truk Batu Bara dirancang khusus sesuai kebutuhan serta penggunaan dalam jarak panjang, ada juga truk yang bisa dipergunakan pengemudi untuk tidur di dalam kabin sampai beberapa hari sebelum melanjutkan pulang ke rumah.

Read More
Renault Buka Pemesanan 2 Model Truk Listrik Heavy Duty Terbarunya

Renault Trucks menunjukkan desain dua truk heavy duty all-electric-nya, E-Tech T dan E-Tech C, dan telah membuka pemesanan untuk kedua model tersebut. Kehadiran rangkaian tugas berat bertenaga listrik dari Renault Trucks menandai langkah maju yang besar d

Read More
honda

Terkini

Terpopuler