MobilKomersial.com - Sebagai bentuk komitmennya dalam memenuhi kepedulian lingkungan yang berkelanjutan, Daimler Commercial Vehicle (DCVI) telah resmi meluncurkan truk Mercedes-Benz Axor yang telah bersertifikasi standar emisi Euro 4.

Peluncuran truk tugas berat (Heavy-duty) Mercedes-Benz itu sekaligus juga dalam mendukung kebijakan regulasi pemerintah Indonesia dalam menerapkan standar emisi Euro 4 bagi seluruh kendaraan bermesin diesel yanng telah diimplementasikan sejak 7 April 2022 lalu.

Baca Juga: Mengenal Teknologi SCR Pada Truk Mercedes-Benz Euro 4

Naeem Hassim, General Manager DCVI mengatakan bahwa hal ini merupakan bentuk dukungan Daimler Truck untuk pemerintah Indonesia dalam komitmennya untuk terus melakukan proses transisi dengan melakukan penyempurnaan pada produk-produk unggulannya.

"Kami sangat senang dapat berkontribusi dalam babak baru era transportasi kendaraan niaga di Indonesia yang lebih ramah lingkungan," jelasnya dalam peluncurannya di  ICE BSD, Tangerang, Selasa (7/6/2022).

Dalam memenuhi standar emisi Euro 4, truk yang dirakit oleh PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) di Wanaherang, Bogor ini dipersenjatai dengan teknologi sistem pembakaran Selective Catalytic Reduction (SCR) dan AdBlue yang akan menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar mesin. Sehingga, konsumen tidak perlu khawatir terhadap performa mesin selama beroperasi.

Selain menurunkan emisi gas buang, teknologi SCR juga memberikan respon mesin terhadap pedal gas yang lebih baik karena proses pembakaran yang optimal, mesin lebih awet karena rendahnya resiko deposit karbon di dalam mesin dan eminimalkan resiko bahan bakar berkualitas buruk.

Baca Juga: Daimler Siap Produksi Bus Listrik di Indonesia pada 2023

Selain itu, truk merek Eropa ini juga dibekali dengan Zero Pressure Drain Unit Pump (ZPD Pump) yang telah menjadi standar global dari Jerman, yang berfungsi untuk mengurangi kebocoran bahan bakar (fuel leaking) di area plunger sehingga bahan bakar tidak tercampur dengan oli.

Dengan adanya kombinasi dari SCR dan ZPD Pump, DCVI percaya bahwa truk Mercedes-Benz Axor Euro 4 akan memberikan waktu operasi (uptime) yang tinggi dengan interval perawatan yang lebih panjang hingga 50.000 km, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan emisi yang lebih bersih berkat teknologi SCR.

Teknologi penunjang emisi Euro 4 itu juga didukung dengan mesin Mercedes-Benz OM 906 LA 6-silinder segaris berkapasitas 6.373 cc yang mendapat peningkatan tenaga sebesar dari 237 dk menjadi 285 dk di putaran 2.200 rpm dan juga torsi yang meningkat dari 850 Nm menjadi 1.120 Nm pada kisaran 1.200-1.600 rpm.

Baca Juga: Mercedes-Benz Actros 3242 LS, Truk Heavy Duty yang Punya Fitur Canggih

"Kombinasi antara mesin OM 906 LA yang telah terbukti tangguh untuk masyarakat Indonesia dengan teknologi SCR dan ZPD pump merupakan kombinasi yang cocok untuk dioperasikan di Indonesia dengan pencapaian efisiensi maksimal bagi operator," papar Naeem Hassim.

Melalui proses produksi dan sistem mutu berstandar global dari Daimler Truck, truk Mercedes-Benz Axor Euro 4 ini hadir dengan beberapa model diantaranya adalah model Axor 1623C (4x2), 2528C dan 2528CH sebagai truk konstruksi dan pertambangan dan model Axor 1623R, 2523R, 2528R, 2528R sebagai truk logistik.

Selain itu hadir juga model Axor 4028T dan 4928T sebagai model Tractor Head ditambah dengan dua tipe terbaru yaitu Mercedes-Benz Axor 2528 CX dan 4023T. Kedepannya, DCVI berencana untuk melanjutkan beberapa model tambahan yang akan diproduksi di Indonesia untuk mendukung industri otomotif di Tanah Air.

Sementara itu, Faustina selaku Head of Product & Marketing PT DCVI turut mengungkapkan bahwa Axor Euro 4 ini telah membawa merek asal Eropa tersebut kepada peningkatan produksi rakitan dalam negeri dengan menambah jajaran model baru pada akhir tahun 2022 yang mencapai tujuh model dan akan terus berlanjut hingga tahun mendatang.

"Hal ini sejalan dengan strategi pemerintah Indonesia untuk terus mendorong peningkatan komponen dalam negeri dalam dunia otomotif dan lead time yang lebih rendah dalam memenuhi permintaan pelanggan kami," jelasnya.

"Mercedes-Benz Axor Euro 4 membawa kami melangkah maju dan bangga dengan dua strategi utama yaitu penyempurnaan sebagai bentuk komitmen bisnis kami dalam menjawab suara konsumen di Indonesia yang membutuhkan truk dengan kemampuan handal, tangguh, efisien, dan ramah lingkungan," tambah Faustina.

Baca Juga: Kecanggihan Truk Mercedes-Benz Axor di Sektor Pertanian Brasil, Punya Teknologi Otonom

Disisi lain, DCVI juga meluncurkan call center resmi Daimler Truck Connect Indonesia, yang dapat dihubungi melalui telepon dan WhatsApp di 021-3000 1971 serta e-mail mbcv-indonesia@daimler.com untuk mendapatkan seluruh informasi seputar penjualan kendaraan, bengkel dan suku cadang Mercedes Benz Truk dan Bus di Indonesia. Hal ini bertujuan agar DCVI selangkah lebih dekat lagi dengan konsumen Mercedes-Benz Truk dan Bus Indonesia di mana pun konsumen berada.

Share :

Sebelum Dikirim ke Konsumen, Tesla Semi Uji Coba Jarak Tempuh Ratusan Km Bawa Beban 36 Ton

Sebelum Tesla Semi truk dikirim ke konsumennya pada 1 Desember 2022, truk listrik tersebut diuji coba berjalan sejauh kurang lebih 805 Km dengan membawa muatan total beban mencapai 36,7 ton.

Read More
Mengenal Fitur Apa Saja yang Dimiliki Truk Tambang Batu Bara

Truk Batu Bara dirancang khusus sesuai kebutuhan serta penggunaan dalam jarak panjang, ada juga truk yang bisa dipergunakan pengemudi untuk tidur di dalam kabin sampai beberapa hari sebelum melanjutkan pulang ke rumah.

Read More
Renault Buka Pemesanan 2 Model Truk Listrik Heavy Duty Terbarunya

Renault Trucks menunjukkan desain dua truk heavy duty all-electric-nya, E-Tech T dan E-Tech C, dan telah membuka pemesanan untuk kedua model tersebut. Kehadiran rangkaian tugas berat bertenaga listrik dari Renault Trucks menandai langkah maju yang besar d

Read More
honda

Terkini

Terpopuler