MobilKomersial.com - Setelah sukses dengan memasarkan Mercedes-Benz eActros sebagai truk listrik distribusi tugas berat (Heavy-duty) pada tahun 2021 lalu, Daimler Truck mengumumkan secara sistematis untuk terus maju dalam menghadirkan lebih banyak model truk baterai-listrik untuk tahun ini dan tahun-tahun mendatang.

Direncanakan, pabrikan otomotif asal Jerman itu akan memperkenalkan truk listrik khusus untuk segmen pengiriman jarak jauh yaitu, eActros LongHaul yang memiliki jangkauan sekitar 500 km dalam sekali pengisian daya baterai listrik. Truk ini dijadwalkan akan siap untuk produksi seri pada tahun 2024.

Baca Juga: Daimler Kenalkan MirrorCam Generasi Baru Truk Mercedes-Benz

Prototipe pertama truk 40 ton itu sudah menjalani tes internal dan Insinyur Mercedes-Benz Trucks berencana untuk memulai uji coba truk listrik itu di jalan umum tahun ini. Menariknya, eActros LongHaul ini diklaim memiliki pengisian daya berkinerja tinggi yang disebut "Megawatt Charging".

Tak hanya itu, Daimler Trucks juga sedang mempersiapkan varian tambahan dari truk Mercedes-Benz eActros seperti eActros 300 dan eActros 400. Mercedes-Benz eEconic juga dijadwalkan akan memulai jalur produksi seri kedua di pabrik Worth, Jerman pada awal Juli.

Hal itu sejalan dengan tujuan dari Mercedes-Benz Trucks dalam misinya untuk meningkatkan pangsa kendaraan baru yang netral CO2 di Eropa menjadi lebih dari 50 persen pada tahun 2030.

Untuk lebih memperkenalkan pelanggan truk dari seluruh Eropa ke e-mobilitas, pabrikan Jerman ini juga bersiap menyelenggarakan acara yang berlangsung beberapa minggu di sekitar lokasi Wörth mulai awal Juni.

Baca Juga: Daimler Hanya Akan Jual Bus Baterai Listrik dan Hidrogen pada 2030

Pada acara tersebut, para ahli dari Mercedes-Benz Trucks akan memeparkan kepada sekitar 1.000 peserta tentang aspek sentral dari e-mobilitas, mulai dari infrastruktur, layanan hingga model listrik. Selain itu, pelanggan akan memiliki kesempatan untuk mengendarai eActros 300 pada rute yang menantang dan dengan muatan yang realistis.

Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks mengatakan bahwa minat yang luar biasa pada acara mengemudi eActros di Wörth adalah bukti lebih lanjut dari popularitas e-mobilitas yang telah diperoleh pelanggan.

"Dengan demikian, pelanggan mengirimkan sinyal yang kuat kepada semua pemangku kepentingan untuk menggabungkan upaya dan dengan cepat menempatkan lebih banyak truk listrik di jalan, memperluas infrastruktur pengisian daya, dan menciptakan keseimbangan biaya," jelasnya, Selasa (31/5/2022).

Sedikit membahas, Daimler Truck telah berambisi untuk menawarkan kendaraan baru di Eropa, Jepang, dan Amerika Utara yang beroperasi dengan tenaga netral CO2 ("tank-to-wheel") pada tahun 2039.

Baca Juga: Bisa Tempuh Jarak 370 Km, Truk Listrik Freightliner eCascadia Siap Wara-wiri di AS

Dua model kendaraan baterai-listrik seperti bus Mercedes-Benz eCitaro dan truk Mercedes-Benz eActros telah diluncurkan dari jalur perakitan dalam produksi seri sejak 2018 dan 2021 disusul oleh Mercedes-Benz eEconic, Fuso eCanter dan Freightliner eCascadia pada akhir tahun ini, dan kendaraan lokal netral CO2 lainnya juga sudah direncanakan.

Share :

Fitur Baru di Iveco S-Way Ini Tingkatkan Kenyamanan Pengemudi

Dengan fitur baru ini, para pengemudi truk Iveco dapat mengontrol fungsi manajemen kabin dan kendaraan di perangkat seluler mereka, serta mengakses banyak layanan digital pada Iveco On.

Read More
Akhiri Sesi Evaluasi Pelanggan, Volta Trucks Beri Pemahaman Kinerja Truk Listrik Volta Zero

Evaluasi yang dilakukan di UTAC Autodrome de Linas-Montlhery di Paris, merupakan tonggak terbaru perusahaan dalam perjalanannya yang dipercepat untuk membawa truk tanpa emisi knalpot ke pasar dengan kecepatan terdepan di industri.

Read More
Gapai Tonggak Sejarah, Daimler Truck Uji Truk Berbahan Bakar Liquid Hydrogen

Alasan Daimler Truck lebih memilih hidrogen cair LH2 dalam pengembangan penggerak berbasis hidrogen salah satunya adalah pembawa energi itu akan memiliki kerapatan energi yang jauh lebih tinggi dalam kaitannya dengan volume dibandingkan dengan gas hidroge

Read More