MobilKomersial.com - Tak hanya pada kendaraan penumpang, era elektrifikasi juga turut menyerang industri logistik dan kendaraan komersial di dunia. Salah satunya adalah tangguhnya truk-truk diesel yang kini mulai tergantikan dengan truk bertenaga listrik.

Hal tersebut menjadi inisiasi Freightliner untuk mulai mengoperasikan truk listrik baru eCascadia di wilayah kota New York dan Los Angeles, Amerika Serikat (AS) pada musim gugur tahun 2022.

Baca Juga: Daimler Kenalkan MirrorCam Generasi Baru Truk Mercedes-Benz

"Untuk memastikan bahwa truk baru telah disesuaikan secara tepat dengan kebutuhan pelanggan, kami memperhitungkan pengalaman operator armada terkemuka seperti Pepsi, Ikea dan Penske selama pengembangan eCascadia," jelas Product Manager Freightliner, Kevin Otzenberger, dalam keterangannya, Kamis (12/5/2022).

Sebagai anak perusahaan Daimler Truck North America (DTNA), Freightliner eCascadia baru ini telah berbagi dalam beberapa hal dengan rekan di Eropanya, truk Mercedes eActros. Namun memiliki arus listrik yang berbeda dimana sistem kelistrikan kendaraan bertegangan rendah biasanya dioperasikan dengan 24 volt di Eropa dan dengan 12 volt di AS.

Truk listrik penantang Tesla Semi-Truck ini menggunakan powertrain Detroit yang dikembangkan oleh DTNA. Powertrain itu menawarkan pilihan satu atau dua gandar yang digerakkan secara elektrik dengan output maksimal 320 dk hingga 470 dk.

Baca Juga: Daimler Hanya Akan Jual Bus Baterai Listrik dan Hidrogen pada 2030

Kedua jenis penggerak tersebut dapat digabungkan dengan tiga baterai lithium-ion NMC (nikel-mangan-kobalt) dengan ukuran berbeda mulai dari kapasitas 194 kWh (waktu pengisian rata-rata dari nol hingga 100 persen: 90 hingga 180 menit), dengan 291 kWh (dua hingga empat jam) atau 438 kWh (dua hingga enam jam).

Next>

Share :

Gaussin-Charbone Hydrogen, Percepat Penyebaran Kendaraan Bebas Emisi di Kanada

Dalam perjanjian tersebut, kedua perusahaan telah sepakat dalam membuat usaha patungan untuk mempercepat penyebaran kendaraan pintar dan bebas emisi Gaussin di wilayah tersebut.

Read More
Percepat Pemasaran Truk Listriknya, Volta Trucks Jalin Kemitraan dengan Paneltex

Volta Trucks mengaku bahwa alasan berkolaboraasi dengan Paneltex, disebabkan dengan keahlian Paneltex yang telah menghadirkan portofolio dan produk karoseri truk berkualitas tinggi selama tiga tahun.

Read More
Fuso Fighter X Hadirkan Varian Sasis Lebih Panjang, Cocok Buat Karoseri Ini

Dengan sasis sepanjang 9,8 m tersebut, KTB mengklaim bahwa sasis tersebut cocok untuk diaplikasin ke beberapa jenis karoseri seperti tangki, flat deck, bak besi, los bak, box besi hingga dapat dijadikan truk wingbox yang biasanya diaplikasi pada truk tuga

Read More