MobilKomersial.com - Daimler mengumumkan telah kembali melahirkan inovasi baru dengan meluncurkan generasi baru dari teknologi spion kamera (MirrorCam) untuk truk Mercedes-Benz.

Sejak April 2022, truk Mercedes-Benz Actros, Arocs dan eActros telah dibekali pengembangan detail teknologi MirrorCam yang menjadi peran vital dalam setiap kendaraan dan telah di anugrahi oleh beberapa pengharaan inovasi di dunia.

Baca Juga: Daimler Hanya Akan Jual Bus Baterai Listrik dan Hidrogen pada 2030

“Diskusi intensif dengan pelanggan kami dan pengalaman mereka dari operasi sehari-hari membentuk dasar bagi kami untuk melakukan penyesuaian lebih lanjut terhadap parameter teknis individu, sehingga menghasilkan nilai tambah yang lebih besar, terutama dalam hal tampilan dan keamanan,” kata Prof. Uwe Baake, Kepala Pengembangan Produk di Truk Mercedes-Benz.

Dari segi model, desain MirrorCam generasi kedua Daimler ini terlihat lebih menonjol berkat lengan kamera di kedua sisi yang telah diperpendek 10 cm. Hal itu bertujuan agar pengemudi dapat mundur di garis lurus dengan lebih mudah dibandingkan generasi pertamanya.

Dimensi yang lebih pendek itu juga memberikan keuntungan lain karena dengan kabin selebar 2,50 meter, lengan kamera sekarang tidak menonjol lebih jauh dari kaca spion yang berada dalam pandangan pengemudi serta meminimalisir benturan terhadap objek di tepi jalan. Berkat lebar sasis yang identik, ini juga berlaku untuk varian kabin selebar 2,30 meter.

Sebagai bagian dari revisi sistem berbasis kamera, Mercedes-Benz Trucks juga telah mengembangkan fitur lebih lanjut. Salah satunya adalah desain rumah MirrorCam yang lebih panjang  untuk mencegah air hujan mengalir ke lensa kamera dan menyebabkan kurangnya visibilitas.

Baca Juga: Berkat Teknologi OptiView, MAN Raih Penghargaan Transportasi Eropa Keberlanjutan 2022

Selain itu, para insinyur di Mercedes-Benz Trucks juga telah lebih mengoptimalkan pemetaan nada yang direfleksikan terutama pada tampilan layar yang lebih kontras. Evolusi sistem kamera dalam adaptasi warna dan kecerahan secara otomartis dapat menunjukkan area yang relevan dengan situasi mengemudi bahkan lebih akurat ketika mundur ke fasilitas yang gelap atau kurang penerangan.

Selanjutnya, pengembangan ini diklaim telah menghasilkan nilai tambah yang lebih tinggi untuk MirrorCam secara keseluruhan. Berkat efek pendukungnya, sistem yang disempurnakan dapat membantu mengelola situasi seperti menyalip, bermanuver, mengemudi dalam visibilitas dan kegelapan yang buruk, menikung dan melewati ruang sempit dengan lebih aman.

Interaksi antara MirrorCam dan fitur Cornering Assistant dari Mercedes‑Benz Trucks ini telah terbukti membantu, terutama dalam situasi lalu lintas yang rumit seperti saat berada di persimpangan. Fitur ini akan terus menggunakan tampilan MirrorCam untuk peringatan visual.

Selain itu, Daimler juga menyematkan fitur Active Sideguard Assist yang tersedia secara opsional yang dapat memulai pengereman otomatis hingga kecepatan menikung 20 kpj. Ini diklaim dapat mengurangi risiko pengemudi truk yang gagal melihat pengendara sepeda atau pejalan kaki saat berbelok.

Baca Juga: Ini Kecanggihan Spion Baru di Truk Mercedes-Benz

Share :

Hankook Tire Raih Silver Winner pada K-Brand Award 2022

Penghargaan ini diharapkan dapat memfasilitasi kesepahaman bisnis dan budaya antara Indonesia dan Korea.

Read More
Sinergitas Lima APM Otomotif, Dorong Popularitas EV di Indonesia

EV Smart Mobility - Joint Project ini merupakan wujud kontribusi lima brand mobil raksasa untuk mengambil peran dalam upaya pengurangan emisi karbon di industri otomotif Indonesia.

Read More
Mulai Pekan Depan, Ganjil Genap Jakarta Akan Diperluas Jadi 25 Titik, Ini Lokasinya

Perluasan itu akibat terjadinya peningkatan volume kendaraan pekan lalu setelah dilonggarakannya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta.

Read More