MobilKomersial.com - Dengan sistem penggantian cermin digital OptiView, MAN Truck & Bus memenangkan penghargaan European Transport Prize for Sustainability (Transportasi Eropa untuk Keberlanjutan/ETPN) 2022 dalam kategori sistem bantauan keamanan.

Penghargaan yang didambakan bagi para perusahaan otomotif dalam kategori sistem bantuan ini diberikan melalui majalah perdagangan Jerman "Transport" yang telah menganugerahkan Penghargaan Transportasi Eropa untuk Keberlanjutan (ETPN) untuk keenam kalinya.

Penghargaan ini dimaksudkan untuk mendorong perusahaan di industri kendaraan komersial untuk bertindak dengan mengenali produk dan strategi berorientasi masa depan.

Baca Juga: Setelah Truk, Kini Bus MAN Lion’s Coach Terpilih Sebagai "Sustainable Bus of the Year 2022"

Ketua Dewan Eksekutif di MAN Truck & Bus Jerman, Christoph Huber mengatakan bahwa penghargaan ini menunjukkan bahwa MAN telah menciptakan tolak ukur mutlak di bidang sistem penggantian kaca spion.

"Dengan MAN OptiView kami dan telah menjadikan tempat kerja kami yang sudah sangat baik untuk generasi truk MAN baru menjadi lebih baik lagi," ucapnya mengutip laman resminya, Kamis (25/11/20210).

Berbelok atau berpindah jalur adalah salah satu situasi di mana pengemudi membutuhkan teknologi spion yang memungkinkan pengemudi untuk melihat titik buta (blind-spot) dan memastikan keamanan dalam perjalanan, terutama saat berbelok, mengubah jalur dan bermanuver.

Sistem penggantian spion digital OptiView ini menggunakan kamera untuk menunjukkan lalu lintas di sekitar truk pada dua layar besar beresolusi tinggi pada pilar-A dan juga pada layar sistem media.

Tergantung pada situasi mengemudi, pengemudi memiliki tampilan zoom dan sudut lebar selain tampilan standar, yang memungkinkan pandangan optimal dari lalu lintas di sekitarnya.

Baca Juga: Bus Neoplan Cityliner Buatan MAN Raih Penghargaan Sebagai Bus 'Coach of the Year 2022'

OptiView secara signifikan mengurangi risiko mengabaikan pengguna jalan lain. Bidang penglihatan sistem juga memungkinkan untuk melihat titik buta di sisi pengemudi dan penumpang, sehingga berkontribusi pada keselamatan pengendara sepeda dan pejalan kaki khususnya di kota.

Selain berbagai tampilan layar, MAN OptiView menawarkan fungsi pendukung tambahan seperti pedoman ukuran layar yang dapat disesuaikan sehingga jarak dan dimensi dapat dinilai dengan lebih baik saat menyalip atau bermanuver.

MAN OptiView juga mengintegrasikan tampilan peringatan untuk alat bantu belok, bantuan perubahan jalur dan asisten penghindaran tabrakan di dua tampilan samping. Semua informasi penting tentang situasi lalu lintas di sekitarnya selalu dibundel dalam satu tampilan.

Baca Juga: Penuhi Berbagai Aspek, MAN TGX Raih "Sustainable Truck of the Year 2022"

Fungsi tambahan lain yang bermanfaat dari MAN OptiView, yang digunakan untuk memastikan keamanan saat istirahat, adalah mode pemantauan. Dengan ini, pengemudi dapat menggunakan tampilan sudut lebar di tampilan samping dan gambar kamera depan di tampilan sistem media untuk melihat area di sekitar kendaraan, terutama pada malam hari saat tirai ditutup, dan mendeteksi gerakan mencurigakan di sekitar.

Tinjauan optimal tentang apa yang terjadi di jalan sangat penting, terutama dengan seringnya berbelok dan bermanuver dalam lalu lintas konstruksi dan distribusi. Itu sebabnya MAN telah menawarkan OptiView untuk keempat seri truk TGL, TGM, TGS dan TGX sejak awal. Pelanggan sudah bisa memesan sistem penggantian cermin digital sejak Oktober 2021.

Share :

65 Truk Iveco S-Way LNG Diborong oleh Operator Transportasi Vlantana

Selain ramah lingkungan, truk Iveco S-Way LNG juga memberikan otonomi bahan bakar terbaik di kelasnya hingga 1.600 km, efisiensi tanpa kompromi di setiap misi, penghematan signifikan dengan TCO yang jauh lebih rendah daripada truk diesel, dan pengalaman b

Read More
DTNA dan Platform Science Luncurkan Virtual Vehicle

Daimler Trucks North America (DTNA) dan Platform Science berkolaborasi meluncurkan Virtual Vehicleâ„¢ atau kendaraan virtual.

Read More
Roadmap Scania Menuju Kendaraan Tanpa Emisi

Raksasa otomotif asal Swedia, Scania bersiap untuk melakukan transisi kendaraan tanpa emisi.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler