MobilKomersial.com - Ford Motor Company terus berkomitmen dalam tujuan transformasi kendaraan elektrifikasinya. Hal itu dibuktikan memalui divisi Ford Pro yang resmi mengungkapkan van elektrik baru E-Transit Custom.

Peluncuran Ford E-Transit Custom ini menyusul model kendaraan komersial elektrik pertama Ford E-Transit yang telah diproduksi pada bulan Maret lalu yang juga merupakan ambisi Ford Pro untuk menghadirkan seluruh kendaraan komersial elektrik pada tahun 2024

Ford E-Transit Custom dirancang untuk menetapkan standar baru di segmen van 1 ton dan membantu serta memudahkan para pengusaha untuk mentransisi armadanya ke kendaraan listrik di seluruh kawasan Eropa.

Baca Juga: Produksi 2.000 Unit, Ford: Truk Pikap F-150 Lightning Akan Mengubah Segalanya

Hans Schep, General Manager Ford Pro Eropa mengatakan bahwa peluncuran ini adalah momen penting bagi operator kendaraan komersial di Eropa, dan realisasi lain yang sangat signifikan dari ambisi Ford Pro.

“Van terlaris di Eropa baru saja menjadi serba elektrik dan telah didukung oleh layanan peningkat produktivitas Ford Pro one-stop-shop kami yang unik dan bermanfaat untuk pengoperasian ke bisnis di seluruh Eropa," jelasnya.

Eksterior Ford E-Transit Custom ini mengusung konsep "Dynamic New Styling" yang artinya memiliki desain terbaru yang dimanis. Terlihat, fascia van elektrik ini memiliki bentuk bumper baru dan gril yang diperbesar dengan penambahan badge 'E' sebagai tanda kendaraan elektrikfikasi.

Kesan futuristik hadir pada lampu utama LED yang semakin sipit ditambah dengan lampu DRL yang ditarik secara horizontal dibagian atas gril. Tak lupa, dibawah lampu kanan kini terdapat port pengisian daya.

Kaca depan E-Transit Custom tampak lebih melengkung dan curam. Pihak Ford Pro mengklaim desain kaca baru tersebut dilakukan untuk meningkatkan aerodimanis bagi kendaraan komersial.

Pindah ke samping, meski terlihat sama dengan generasi sebelumnya yang bermesin konvesional, sisi E-Transit Custom ini memiliki gaya garis yang lebih menonjol di seluruh bodi dan lekukan yang tebal. Demi meningkatakn visibilitas, spion van elektrik juga sedikit diperbesar.

Baca Juga: Bawa Ranger dan Everest, Ford Resmi Kembali ke Indonesia

Di bagian belakang, lampu stoplamp vertikal yang memanjang dari Transit Custom sebelumnya telah dibuat lebih pendek, dengan teknologi LED untuk tampilan yang lebih modern. Ada juga spoiler atap kecil dan badge baru yang menunjukkan sebagai kendaraan listrik.

Sayangnya, pabrikan otomotif asal Amerika Serikat (AS) ini belum memperlihatkan interior dari E-Transit Custom baru ini. Meski begitu, Ford telah membeberkan bahwa kabin van elektrik ini akan memiliki layar sentuh berukuran 12 inci yang menjalankan sistem infotainment Sync 4 terbaru Ford.

Tak hanya, Ford juga belum menunjukkan spesifikasi lengkapi dari van komersial elektrik kedua tersebut. Kendati demikian, dalam peluncurannya, Ford E-Transit Custom ini menawarkan jangkauan hingga 380 km, kemampuan penarik penuh, pengisian cepat DC dan tambahan fitur Pro-Power Onboard.

Pabrikan asal Negeri Paman Sam ini mengaku akan merilis detail lengkap dari Ford E-Transit Custom baru ini pada bulan September 2022. Mereka juga berencana bahwa van listrik ini akan mulai diproduksi di fasilitas Ford Otosan, Kocaeli, Turki pada tahun 2023.

Baca Juga: Dengan Fitur ADAS, Van Listrik Ford E-Transit Raih Penghargaan Emas dari Euro NCAP

Share :

BMW Indonesia Jadi Partner Transportasi Resmi BNI Java Jazz Festival 2022

Dalam kolaborasinya ini, BMW menghadirkan rangkaian dari BMW Seri 3 terbaru diantaranya, BMW 320i Sport dan BMW 320i Dynamic.

Read More
Honda Rilis Teaser Generasi Baru CR-V, Pakai Mesin Hybrid

Pabrikan asal Jepang itu mengklaim bahwa mesin hybrid kali ini dirancang lebih canggih

Read More
Indonesia Pimpin Penjualan Terbesar Mitsubishi Motors Secara Global, Terima Kasih Xpander

Hal itu dibuktikan oleh MMKSI melalui capaian penjualan positif pada keseluruhan tahun fiskal 2021 (April 2021 - Maret 2022) dengan total penjualan lebih dari 114.265 unit, atau berkontribusi lebih dari 12% terhadap penjualan MMC.

Read More