MobilKomersial.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) telah memperkenalkan generasi terbaru Hiace Commuter yang kini telah dibekali dengan mesin baru berstandar Euro4 untuk menyasar berbagai kebutuhan.

Standar emisi Euro4 sendiri secara resmi telah diberlakukan oleh pemerintah Indonesia pada 7 April 2022 kemarin.

Baca Juga: Penuhi Standar Euro4, Toyota Siap Ciptakan Lingkungan Hidup yang Bersih dan Sehat

Sudah kastanya, generasi baru Hiace Commuter ini merupakan varian standar Toyota Hiace yang merupakan kendaraan yang akan siap memenuhi segala kebutuhan bisnis mulai dari travel, kesehatan hingga lodistik dan industri lainya yang memang membutuhkan kendaraan untuk menunjang fasilitas.

"New Hiace diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan industri wisata, travel, kesehatan dan industri lainnya dengan meningkatkan kinerja mesin yang lebih bertenaga dan efisien, serta improvement pada beberapa fitur untuk memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik kepada pelanggan," kata President Director TAM, Susumu Matsuda, dalam siaran pers, baru-baru ini.

TAM juga telah membeberkan penjualan whole sales Hiace pada 2020 telah tercatat sebesar 1.886 unit atau menguasai 92,86 persen pangsa pasar. Sementara pada 2021, penjualan Hiace sebesar 2.253 unit atau menguasai 97,87 persen pasar di kelasnya.

Baca Juga: Meluncur Juni 2022, Begini Keunggulan Truk Mercedes-Benz Axor Euro4

Bicara eksterior, Hiace Commuter kini hadir dengan beberapa pembaruan seperti tampilan kaca spion baru yang lebih premium, lampu kabut LED baru, serta pilihan warna Silver Metallic dan White serta teknologi New Parking sensor untuk memudahkan parkir.

Toyota Hiace Commuter ini memiliki dimensi panjang 5.380 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 2.285 mm, dan jarak sumbu roda (wheelbase) mencapai 3.110 mm serta memiliki berat kotor kendaraan (GVW) hingga 3.300 kg.

Di dalam kabin, meski tak banyak ubahan, namun Hiace terbaru telah  menambah fitur display Audio AVX 7, USB Charging 4 ports, fitur keamanan 3-Points Seat Belt di seluruh bangku, Dual SRS Airbags, dan rem ABS+BA dengan piringan cakram di roda depan sebagai fitur keselamatan.

Keluasan kabin Toyota Hiace Commuter ini mampu mengangkut hingga 16 penumpang dengan fitur yang menjamin kemudahan dan kenyamanan serta keergonomisan kabin pengemudi.

Baca Juga: Seluruh Kendaraan Mesin Diesel Mitsubishi Patuhi Standar Emisi Euro4 di Indonesia

Sebagai kendaraan komersial, Toyota meningkatkan kinerja mesin diesel pada Hiace Commuter yang kini dipersenjatai dengan mesin common rail berkode 1KD-FTV direct injection berkapasitas 2.982 cc.

Mesin tersebut mampu memompa tenaga sebesar 133 dk pada 3.400 rpm dan torsi puncak 300 Nm pada kisaran 1.200-2.400 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual ke roda belakang dengan rasio gigi akhir mencapai 3.727.

Toyota mengklaim bahwa penambahan kapasitas mesin tersebut merupakan upaya memperkuat kemampuan kendaraan mengangkut penumpang di segala medan jalan, serta membuat Hiace Commuter lebih efisien dalam mengolah bahan bakar.

Soal harga, Toyota Hiace Commuter yang merupakan varian standar Hiace ini dibanderol dengan harga Rp539.200.000 on the road (OTR) Jakarta.

Baca Juga: United Tractors dan Scania Indonesia Hadirkan Kendaraan Euro4 dan Euro5, Ini Keunggulannya

Share :

BMW Indonesia Jadi Partner Transportasi Resmi BNI Java Jazz Festival 2022

Dalam kolaborasinya ini, BMW menghadirkan rangkaian dari BMW Seri 3 terbaru diantaranya, BMW 320i Sport dan BMW 320i Dynamic.

Read More
Honda Rilis Teaser Generasi Baru CR-V, Pakai Mesin Hybrid

Pabrikan asal Jepang itu mengklaim bahwa mesin hybrid kali ini dirancang lebih canggih

Read More
Indonesia Pimpin Penjualan Terbesar Mitsubishi Motors Secara Global, Terima Kasih Xpander

Hal itu dibuktikan oleh MMKSI melalui capaian penjualan positif pada keseluruhan tahun fiskal 2021 (April 2021 - Maret 2022) dengan total penjualan lebih dari 114.265 unit, atau berkontribusi lebih dari 12% terhadap penjualan MMC.

Read More