MobilKomersial.com - Volvo Trucks telah menerima pesanan 110 unit truk Volvo VNR Electric dari perusahaan logistik global Maersk. Kesepakatan itu menambah pesanan 16 kendaraan sebelumnya dengan model yang sama dan menandai pesanan komersial terbesar hingga saat ini untuk truk listrik Volvo Trucks di Amerika Utara (VTNA).

Pesanan dengan total 126 unit truk listrik dari Performance Team (Maersk Group) itu nantinya akan beroperasi untuk pertama kalinya pada kuartal kedua tahun 2022. Truk listrik Kelas 8 itu akan digunakan di wilayah California, Amerika Serikat (AS) untuk berbagai penugasan transportasi, melayani drayage pelabuhan dan rute distribusi pergudangan.

Baca Juga: Volvo Rilis Powertrain Terbaru I-Torque di Pasar Amerika Utara

“Volvo Trucks sangat antusias untuk terus berkolaborasi dengan Maersk dalam mencapai tujuan keberlanjutan armadanya dan memainkan peran kunci dalam investasi skala besar organisasi yang berkelanjutan dalam solusi elektromobilitas,” kata Peter Voorhoeve, Presiden Volvo Trucks Amerika Utara (VTNA), mengutip laman resminya, Rabu (30/3/2022).

Volvo VNR Electric memiliki jangkauan operasi hingga 440 km dan penyimpanan energi hingga 565 kWh. Truk itu dapat diisi 80% dalam 90 menit dengan paket enam baterai dan 60 menit dengan versi empat baterai. Volvo VNR Electric diproduksi di pabrik New River Valley Volvo Trucks di Virginia, yang merupakan produsen eksklusif semua truk Volvo di Amerika Utara.

Secara global, pabrikan otomotif asal Swedia ini telah menetapkan target ambisius untuk mentransisi hingga 50% seluruh armadanya akan bertanaga listrik pada tahun 2030.

Roger Alm, Presiden Volvo Trucks mengatakan bahwa Dengan total enam model truk listrik yang diproduksi pada tahun ini, Volvo Trucks memiliki rangkaian listrik terlengkap di industri truk global, mencakup semuanya mulai dari distribusi kota dan penanganan sampah, hingga transportasi konstruksi dan pengangkutan regional.

Baca Juga: Raih Market Share Terbesar Sepanjang 2021, Volvo Pimpin Pasar Truk Listrik di Eropa

“Kami bertekad untuk memimpin transformasi listrik industri transportasi. Volume masih rendah, tetapi kami melihat minat yang berkembang pesat di Eropa, Amerika Utara, dan juga bagian dunia lainnya," jelasnya.

Volvo Trucks, lanjut Roger, adalah pemimpin pasar truk listrik berat pada tahun 2021 di Eropa dengan pangsa pasar 42% dan juga memiliki posisi terdepan di Amerika Utara.

"Pada tahun 2021 kami menerima pesanan, termasuk letter of intent to buy, untuk lebih dari 1.100 truk di lebih dari 20 negara. Ini jelas menjadi keunggulan kompetitif utama untuk dapat menawarkan transportasi listrik tanpa emisi,” pungkasnya.

Share :

Uji Coba Truk Tim F1 Mercedes Pakai Bahan Bakar Biofuel, Mampu Kurangi Emisi 89 Persen

Tim F1 Mercedes-AMG PETRONAS baru-baru ini menyelesaikan uji coba penggunaan biofuel di 16 truk Mercedes Actros Gigaspace yang dipergunakan untuk mengangkut logistik tiga balapan terakhir musim Eropa.

Read More
Belum Lama Meluncur, Mercedes-Benz eActros LongHaul Raih Penghargaan '2023 Truck Innovation Award'

Berkat ragam teknologi inovatif seperti baterai baru Lithium-iron Phosphate Fell (LFP), e-axle hingga kecepatan pengembangan truk berkelanjutan, penghargaan '2023 Truck Innovation Award' diberikan langsung oleh Ketua juri IToY, Gianenrico Griffini kepada

Read More
Generasi Baru Truk DAF XD Sabet 'International Truck of the Year 2023'

Dengan raihan penghargaan ini, DAF semakin memantapkan dirinya sebagai produsen truk premium dimana tahun lalu, DAF XF, XG, dan XG⁺ generasi baru untuk transportasi jarak jauh dan berat juga telah terpilih sebagai 'International Truck of the Year 2022'.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler