MobilKomersial.com - Salah satu masalah suspensi atau kaki-kaki kendaraan yang sebaiknya dihindari adalah roda yang tidak selaras dan dapat mempengaruhi kondisi ban.

Untuk itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengimbau konsumen melakukan pemeriksaan dan pengaturan wheel alignment secara berkala, untuk memastikan kondisi roda sudah selaras dan seimbang antara Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Berkendara di Musim Hujan

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan bahwa wheel alignment berfungsi memastikan stabilitas suspensi kendaraan agar bekerja dengan baik dan membuat usia roda lebih awet.

"Saat melakukan pemeriksaan wheel alignment, yang perlu diperhatikan adalah Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination untuk memastikan bahwa sudut ban dapat terpasang dengan baik karena hal tersebut dapat mempengaruhi cara ban bersentuhan dengan jalan," jelasnya.

4. Camber

Camber adalah tingkat kemiringan roda pada bagian atas apabila dilihat dari sudut vertikal. Pemeriksaan ini untuk memastikan sudut ban tidak miring ke dalam atau ke luar.

Apabila camber tidak sejajar/selaras, mungkin dipengaruhi kerusakan pada bantalan yang aus, suspensi roda, atau sambungan joint. Camber memiliki 2 jenis sudut, yaitu positif dan negatif. Untuk positif, bagian atas memiliki kemiringan ke arah luar.

Baca Juga: Dunlop Beberkan Tips Hindari Hydroplaning di Jalanan Basah

Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan ban bagian bawah yang tertekan ke luar saat dibebani dan beban pada steering berkurang.

Sedangkan negatif, bagian atas memiliki kemiringan ke arah dalam yang berfungsi untuk mengupayakan kendaraan stabil dan juga lurus. Camber negatif biasanya digunakan untuk mobil yang memiliki ground clearance rendah atau ceper atau mobil balap yang membutuhkan kestabilan tinggi saat berbelok tajam dengan kecepatan tinggi.

Next>

Share :

Cara Merawat Mobil Agar Terhindar Dari Resiko Panas Sinar Matahari

Efek dari cuaca panas ini bisa memengaruhi kendaraan yang kita gunakan untuk beraktivitas, seperti pada bagian interior dan eksterior mobil terpengaruh oleh sinar UV, cat mobil mengering dan mengelupas, mobil mengalami penuaan dini, retak pada dusbor dan

Read More
Hal yang Wajib Diperiksa pada Mobil Pasca Mudik ala MG

Usai melakukan perjalanan jauh saat mudik, ada baiknya mobil kembali dicek di bengkel resmi agar performa mesin dan kualitas suku cadang tetap terawat dan pengalaman berkendara tetap nyaman.

Read More
Simak!, Ini 5 Penyakit Mobil yang Muncul Usai Pulang Mudik

Bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan darat pribadi, tentunya tidak salah untuk melakukan pengecekan ekstra setelah melakukan perjalanan jarak jauh.

Read More