Jakarta, MobilKomersial.com – Perawatan kendaraan niaga berbeda dengan perawatan kendaraan penumpang pada umumnya. Karena kendaraan ini mengangkut muatan mengangkut beban dengan itensitas yang cukup tinggi. 

Salah satu komponen kendaraan niaga yang membutuhkan perawatan ekstra adalah ban. Biaya operasional untuk komponen ini merupakan yang terbesar kedua setelah BBM.  

Pemilik kendaraan niaga yang dapat merawat ban dengan baik bisa menekan biaya operasional. Selain itu, merawat ban dapat meningkatkan keamanan dalam berkendara. 

Baca juga: Inilah Anggapan yang Keliru Soal Ban Kendaraan Niaga

Berikut tips perawatan ban kendaraan komersial dari Dunlop:

1. Rutin cek tekanan angin ban mobil

Tekanan angin merupakan hal penting untuk menjaga ban tetap awet. Tekanan angin yang tinggi dapat membuat ban rawan pecah jika terkena benturan. Sedangkan jika tekanan angin terlalu rendah dapat menyebabkan kerusakan separation dan pemborosan bahan bakar. 

Pengecekan tekanan angin ban dapat dilakukan minimal sebelum menempuh perjalanan. Periksa kesesuaian tekanan angin dengan angkutan yang dibawa;

2. Lakukan spooring

Spooring merupakan penyelarasan roda kendaraan yang bertujuan agar laju mobil tetap lurus. Setelan ban yang tidak lurus dapat membuat kemudi tidak stabil dan aus pada ban. 

Waktu yang disarankan untuk menyelaraskan roda adalah enam bulan sekali atau saat kendaraan telah menempuh jarak 20,000 km. Rutin menyelaraskan roda akan memperpanjang umur pemakaian ban;

Baca juga: Akuisisi Raksasa Ban Amerika Cooper, Goodyear Siap Produksi Ban Truk Ringan dan SUV

3. Pastikan bagian pentil ban tidak bocor

Pentil harus dipastikan tertutup dengan baik. Pasalnya, pentil ban yang terbuka membuat pasir atau batu-batu kecil bisa masuk ke dalam dan mengakibatkan kerusakan isi pentil;

4. Mengimbangi dengan cara menyetir

Hindari mengendarai kendaraan niaga dengan kecepatan tinggi. Muatan yang berat ditambah dengan mengemudi berkecepatan tinggi dapat menyebabkan kendaraan menjadi kurang seimbang dan memicu kendaraan terbalik. 

Kecepatan tinggi juga berpengaruh pada performa ban. Semakin tinggi kecepatan mengemudi, maka semakin besar pula gesekan antara ban dan aspal sehingga bisa membuat ban cepat aus;

Baca juga: Truk-truk Scania dan MAN Ternyata Pakai Ban Asal Korea

5. Pemilihan ban harus tepat

Pemilihan ban harus menyesuaikan dengan kebutuhan kendaraan niaga. Ada yang perlu mengangkut beban ringan, ada pula yang membawa muatan berat.

Untuk kendaraan truk ringan atau mobil van, dapat menggunakan ban generasi terbaru dari Dunlop, SP VAN01. Ban ini memiliki daya tahan dan umur pemakaian yang awet.

Ban ini cocok digunakan pada jalanan basah sehingga tidak perlu khawatir jika harus berkendara ketika sedang hujan atau melewati jalanan yang tergenang air.

Share :

Berikut Tips menggunakan Ban Serep dengan Aman ala Hankook

Jika dilihat dari segi peruntukannya, ban serep sementara atau ban cadangan cenderung lebih kecil, tipis, dan lebih ringan dibanding ban biasa atau bawaan mobilnya.

Read More
Hindari Kecelakaan, Kenali Area Blind Spot pada Truk

Blind spot sendiri merupakan area di sekitar kendaraan di mana pengemudi tidak dapat melihat kendaraan lain pada saat berkendara,

Read More
Dunlop Beberkan Tips Hindari Hydroplaning di Jalanan Basah

Hydroplaning adalah kondisi di mana ban kendaraan roda empat melayang di atas permukaan jalan karena tidak mampu menepis genangan air

Read More
honda

Terkini

Terpopuler