MobilKomersial.com - Hydroplaning adalah kondisi di mana ban kendaraan roda empat melayang di atas permukaan jalan karena tidak mampu menepis genangan air.

Berkendara di jalanan basah memerlukan kewaspadaan ekstra karena risiko terjadi kecelakaan lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena genangan air pada jalanan basah bisa membuat ban sulit menyentuh aspal yang akhirnya menyebabkan hydroplaning.

Hal ini menyebabkan ban mobil kehilangan cengkeraman pada aspal hingga akhirnya pengemudi kehilangan kendali dan menyebabkan risiko kecelakaan akan terjadi. Ketika kendaraan melaju dengan kencang, daya angkat mobil pun semakin besar. Akhirnya, traksi  permukaan telapak ban dengan permukaan jalan akan semakin sedikit.

Baca Juga: Kenali Pentingnya Rutin Mengecek Tekanan Angin Ban Mobil ala Dunlop

Selain itu, hydroplaning juga bisa disebabkan roda kendaraan yang tidak layak digunakan atau sudah aus. Kondisi ini bisa dilihat dari pola telapak ban yang mulai menipis.

Kondisi ban mobil seperti ini tidak mampu memecah genangan air dengan baik di permukaan jalan yang basah.

Maka dari itu, sangat penting untuk memerhatikan kondisi ban mobil. Berikut ini beberapa cara menghindari hydroplaning di jalanan basah ala Dunlop.

Pastikan Telapak Ban Masih Tebal

Ban dengan pola tapak yang sudah aus atau menipis menyebabkan resiko hydroplaning ketika berkendara di jalanan basah semakin besar.

Baca Juga: Dunlop Tire Luncurkan Teknologi Nano Black, Buat Ban Tampak Lebih Luxury

Karenanya, sebelum berkendara, pastikan kondisi ban masih prima dengan telapak ban yang masih tebal. Pengendara juga perlu memastikan ban mobil memiliki pola telapak yang berfungsi efektif untuk memecah genangan dan membuang air ketika kendaraan melintas.

Cek Tekanan Angin Ban

Selain memastikan tapak ban masih tebal, pengendara juga perlu mengecek tekanan angin ban. Tekanan angin ban mobil ini juga dapat berpengaruh pada daya cengkeram ban ke aspal. Maka dari itu, tekanan angin harus berada pada posisi ideal sesuai dengan standar pabrik, tidak boleh lebih ataupun kurang.

next>

Share :

Hindari Kecelakaan, Kenali Area Blind Spot pada Truk

Blind spot sendiri merupakan area di sekitar kendaraan di mana pengemudi tidak dapat melihat kendaraan lain pada saat berkendara,

Read More
Ingat Langkah Perawatan Ini Agar Performa Truk Damkar Tetap Bertenaga

Truk memerlukan perawatan yang rutin untuk menjaga agar komponen mesin dan bagian lainnya tetap bekerja optimal.

Read More
Kenali Pentingnya Rutin Mengecek Tekanan Angin Ban Mobil ala Dunlop

Ban menjadi komponen penting yang harus diperhatikan sebelum berkendara

Read More
honda

Terkini

Terpopuler