MobilKomersial.com - Baru-baru ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi yang menyatakan bahwa untuk sebagian besar wilayah di Indonesia diprakirakan mengalami awal musim hujan pada kisaran bulan Oktober dan November 2021.

Hujan dalam kaitannya dengan kegiatan berkendara merupakan kondisi yang sangat perlu diperhatikan. Selain memberikan efek pada jalanan yg licin, visibilitas pengendara tentu jadi berkurang bila dibandingkan dengan kondisi cerah.

Untuk itu mobil perlu dipersiapkan dalam kondisi maksimal dalam menghadapi musim hujan. Persiapan kendaraan untuk musim hujan dilakukan dengan memeriksa komponen penting di mobil yang berfungsi pada kondisi hujan agar dapat digunakan secara optimal.

Baca Juga: Dunlop Beberkan Tips Hindari Hydroplaning di Jalanan Basah

Berikut beberapa komponen mobil yang dapat dicek dan diperhatikan sebagai persiapan berkendara di musim hujan.

Kondisi Wiper

Wiper merupakan peranti utama di mobil yang wajib diperiksa. Wiper berfungsi menyapu air dari kaca mobil agar visibilitas pengemudi tetap terjaga, sangat dibutuhkan ketika berkendara.

Untuk itu pengecekan wiper menjadi hal yang wajib dilakukan ketika memasuki musim hujan. Periksa kondisi karet wiper, jika kondisi karet wiper sudah keras maka sebaiknya diganti agar berfungsi membersihkan kaca mobil dengan baik dan membuat pandangan tidak terganggu saat hujan.

Selain itu, lakukan perawatan pada tabung air wiper dan nosel penyemprot. Pastikan kondisinya selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor karena endapan lumpur, lumut, atau kotoran lainnya.

Baca Juga: Wiper Wealthy Mampu Bertahan hingga Jutaan Hapusan

Kondisi Ban Mobil

Ban merupakan komponen mobil yang langsung berhubungan dengan jalan. Namun kita harus tetap waspada kondisi ban ketika berkendedara di permukaan yang basah da licin supaya tidak menyebabkan mobil kehilangan traksi atau melintir.

Agar perjalanan anda lancar selalu perhatikan kondisi ban, terutama alurnya. Jika permukaan dan alur ban sudah botak, segera ganti ban dengan yang baru.

Selain itu, lakukan pengecekan terhadap tekanan angin ban dan pastikan agar sesuai dengan standar dan petunjuk pabrikan atau bisa di cek label di sebelah pintu driver.

Next>

Share :

Cara Merawat Mobil Agar Terhindar Dari Resiko Panas Sinar Matahari

Efek dari cuaca panas ini bisa memengaruhi kendaraan yang kita gunakan untuk beraktivitas, seperti pada bagian interior dan eksterior mobil terpengaruh oleh sinar UV, cat mobil mengering dan mengelupas, mobil mengalami penuaan dini, retak pada dusbor dan

Read More
Hal yang Wajib Diperiksa pada Mobil Pasca Mudik ala MG

Usai melakukan perjalanan jauh saat mudik, ada baiknya mobil kembali dicek di bengkel resmi agar performa mesin dan kualitas suku cadang tetap terawat dan pengalaman berkendara tetap nyaman.

Read More
Simak!, Ini 5 Penyakit Mobil yang Muncul Usai Pulang Mudik

Bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan darat pribadi, tentunya tidak salah untuk melakukan pengecekan ekstra setelah melakukan perjalanan jarak jauh.

Read More