Jakarta, MobilKomersial.com - Hino Indonesia menyambut baik program pemerintah untuk pemberlakuan pengggunaan bahan bakar biodiesel sebesar 30% atau B30.

Hino menyatakan, pihaknya sudah melakukan pengetesan terhadap truk yang menggunakan mesin Euro 2 yang masih dipasarkan saat ini dan mesin Euro 4 yang akan digunakan pada 2021 mendatang.

Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Santiko Wardoyo mengatakan, sejak 2010 hingga saat ini, perusahaannya terus meriset dan mengembangkan produk truk khusus untuk bahan bakar biodiesel di Indonesia.

Baca juga : Hino Dukung Pemerintah Gaungkan Keselamatan Pengendara

Riset dan pengembangan itu dilakukan dengan 2 jenis pengetesan agar bisa lolos uji pemakaian bahan bakar B30 yakni, tes emisi dan tes durabilitas yang dilakukan di Indonesia dan Jepang.

"Uji mesin Hino dilakukan di laboratorium dengan kondisi beban dan daya maksimum pada putaran mesin 2.500 rpm, selama 400 jam atau setara 40.000 km pada pemakaian maksimum," ujar Santiko di Jakarta belum lama ini.

Meski uji coba dilakukan di laboratorium, Santiko menyebut uji tersebut menggambarkan kondisi kendaraan dipacu dalam kondisi ekstrem melebihi keadaan sesungguhnya di lapangan atau kondisi aktual sehari-harinya.

"Sehingga parameter mesin dapat diuji secara ilmiah dan didapat hasil lebih akurat. Adapun parameter yang diuji antara lain daya, torsi, konsumsi BBM, dan dampak terhadap komponen," sambungnya. 

Share :

KTB Perpanjang Layanan Fuso Care: Truk Sehat Pasca Banjir

Perpanjangan layanan khusus bagi konsumen yang kendaraannya terendam banjir itu sehubungan dengan curah hujan yang masih cukup tinggi di wilayah Jabodetabek.

Read More
Operasi Truk ODOL Kembali Digelar, Masih Banyak yang “Bandel”

Operasi gabungan memberantas truk ODOL kembali digelar

Read More
Bugatti Hyper Truck, Desain Truk Masa Depan?

Apa jadinya kalau Bugatti memproduksi truk?

Read More