Jakarta, MobilKomersial.com - Banyaknya Perusahaan Otobus (PO) yang telah berkiprah di dunia transportasi, beberapa diantaranya ada yang menjadi trendsetter. Salah satunya adalah PO Nusantara.

Salah satu PO tertua asal Kudus, Jawa Tengah ini, dikenal paling menarik perhatian dari para penggemar dan pelanggan setianya. Hal itu karena PO Nusantara memiliki beberapa unit bus bermerek premium dengan kelas terbaik.

PO Nusantara berdiri pada tahun 1968 di Kudus dengan seorang penggagasnya yaitu Yonatan Budianto. Pada awal berdirinya, PO ini hanya mengandalkan dua unit bus merk GAZ buatan Rusia keluarah tahun 1965. Kedua bus yang dioperasikan tersebut merupakan bus bekas dari TNI-AL.

Kemudian pada tahun 1969, disusul dengan lima unit bermerek ZIEL buatan tahun 1962. Kelima bus ini merupakan bus bekas dari TNI-AU. 

Lalu pada tahun 1970, mulailah menggunakan bus rakitan dengan bodi dari kayu yang menggunakan chassis bermerek THAMES dari Inggris.

Pada tahun 1975, mulailah diperkenalkan bus berbahan besi baja unutk industri karoseri bus di Indonesia. Nusantara pun ikut mendatangkan bus bermerek Ford dari Amerika Serikat yang dikombinasikan dengan body dari bahan besi baja tersebut. 

Share :

PO Lorena : Berawal Cuma 2 Armada, Sekarang Ratusan

Lorena mengawali sejarahnya dengan melayani trayek pendek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Bogor – Jakarta via Cibinong, dengan mengandalkan dua armada bus Mercedes-Benz OF 1113.

Read More
Karoseri Berlogo Mirip Ferrari Ini Pernah Jadi Pesaing Berat Morodadi Prima

PT. KARYA TUGAS ANDA atau lebih di kenal dengan nama TUGASANDA bersaing sengit dengan karoseri- karoseri besar lain di Jawa Timur seperti Morodadi Prima dan Malindo

Read More
PO Tjipto, Pernah Berjaya Karena Kenyamanannya

Salah satu PO asal Jawa Timur, Tjipto merupakan bus yang berjaya pada masanya. Dulu, PO yang busnya berciri warna putih atau abu abu dengan stripping biru ini bersliweran di jalan.

Read More