MobilKomersial.com --- Pada September tahun ini, Volvo Trucks memulai produksi seri truk listrik tugas berat 44 ton sebagai produsen truk global pertama yang mencapai hal ini. Beberapa truk listrik juga akan menjadi yang pertama di dunia karena dibuat dengan baja bebas fosil.

“Perjalanan kami menuju nol emisi mencakup membuat kendaraan kami bebas fosil dalam pengoperasian dari waktu ke waktu sepenuhnya mengganti material di truk kami dengan alternatif bebas fosil dan daur ulang,” Wakil Presiden Senior Manajemen Produk Volvo Trucks, Jessica Sandström.

Baja bebas fosil, kata Jessica, diproduksi oleh pabrikan baja Swedia SSAB dan dibuat dengan menggunakan teknologi yang sama sekali baru dengan listrik dan hidrogen bebas fosil. Hasilnya adalah dampak iklim yang jauh lebih rendah dan langkah penting menuju rantai nilai nol emisi.

Baca juga: Sebelum Berangkat Angkut Barang, Sopir Truk Wajib Periksa Kondisi Kendaraan

“Di antara pelanggan kami yang akan memiliki truk Volvo listrik baja bebas fosil adalah perusahaan Amazon dan DFDS melalui perusahaan transportasi Simon Loos, Unilever,” ungkapnya.

Wakil Presiden Layanan Transportasi Eropa Amazon, Andreas Marschner mengungkapkan di perushaannya saat ini sedang dalam perjalanan untuk membuat semua operasional menjadi nol emisi pada tahun 2040.

“Kami membutuhkan mitra seperti Volvo untuk mewujudkan transisi ini,” imbuhnya.

Baca juga: Damri Gunakan Bus Listrik di KTT G20, Simak Rute dan Waktunya

Sementara EVP DFDS Divisi Logistik, Niklas Andersson mengatakan, DFDS berkomitmen untuk transisi hijau serta untuk memberikan solusi transportasi dan logistik yang lebih ramah lingkungan.

“Setiap langkah dalam transisi hijau logistik membawa kami lebih dekat ke masyarakat bebas karbon dan oleh karena itu kami senang mengetahui bahwa beberapa truk listrik baru kami yang akan segera dikirim juga diproduksi dengan baja bebas fosil,” kata Niklas.

Untuk diketahui, baja pertama yang diproduksi dengan hidrogen digunakan di sasis truk listrik dan tempat semua komponen utama lainnya dipasang. Seiring dengan meningkatnya ketersediaan baja bebas fosil, baja juga akan diperkenalkan di bagian truk lainnya.

Saat ini, sekitar 30% material truk Volvo baru berasal dari material daur ulang. Selain itu, hingga 90% truk dapat didaur ulang di akhir masa pakainya. Baja bebas fosil akan menjadi pelengkap penting untuk baja tradisional dan baja daur ulang yang digunakan di truk Volvo.

Baca juga: Hati-Hati Oli Mobil Berubah Warna Jadi Putih, Segera Bawa ke Bengkel

 

Share :

Renault Buka Pemesanan 2 Model Truk Listrik Heavy Duty Terbarunya

Renault Trucks menunjukkan desain dua truk heavy duty all-electric-nya, E-Tech T dan E-Tech C, dan telah membuka pemesanan untuk kedua model tersebut. Kehadiran rangkaian tugas berat bertenaga listrik dari Renault Trucks menandai langkah maju yang besar d

Read More
CAT 793 Electric, Truk Tambang Baterai Listrik Raksasa Mulai Uji Coba

Truk tambang CAT 739 Electric ini di demonstrasikan melalui berbagai skenario, mulai dari melaju dengan kecepatan 12 kpj di jalur menanjak dan menurun 10% atau bersudut 6 derajat berjarak 1 km dalam muatan penuh. Truk ini juga mampu melaju dengan kecepata

Read More
600 Unit Truk DAF LF Mulai Dikirim Ke Inggris, Pakai Mesin dan Transmisi Baru

Truk DAF LF menjadi truk distributor pertama yang dibekali dengan mesin Paccar terbaru. Menariknya, sebanyak 600 unit truk itu telah dikirim perdana ke perusahaan persewaan dan penyewaan kontrak terkemuka di Inggris yaitu, Farnborough Van & Truck Hire (FV

Read More
honda

Terkini

Terpopuler