Mobilkomersial.com --- Setelah sukses memasarkan Air ev sebagai produk kendaraan listrik pertamanya, Wuling Motors (Wuling) kembali menggebrak pasar otomotif Indonesia dengan menghadirkan pilihan kendaraan ramah lingkungan yaitu Almaz Hybrid.

Kendaraan hybrid pertama Wuling di Indonesia ini merupakan sebuah model medium SUV (Sport Utility Vehicle) yang tak hanya mengedepankan performa yang mengesankan, namun juga rendah emisi karbon yang sejalan dengan konsep Wuling yaitu 'Green Mobility'.

Baca Juga: Dijual Rp470 Juta, Wuling Pasarkan Mobil Hybrid Pertamanya di Tanah Air

Dian Asmahani selaku Brand and Marketing Director Wuling Motors mengatakan bahwa kehadiran Almaz Hybrid ini merupakan langkah inovasi terbaru Wuling dalam melengkapi perjalanan seri Almaz yang telah menjadi berlian bagi Wuling sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 lalu.

"Dengan perpaduan antara performa yang bertenaga, bahan bakar efisien serta mobilitas ramah lingkungan, kami hadirkan Almaz Hybrid yang siap meningkatkan pengalaman berkendara menuju masa depan," jelas Dian Asmahani selaku Brand and Marketing Director Wuling Motors.

Jika dilihat dari eksterior, Almaz Hybrid ini memang memiliki fasca yang tak jauh berbeda dari seri Almaz lainnya seperti konsep logo 'Wuling Silver Global' yang menyatu pada grill bermotif garis lurus berwarna hitam sehingga mempertahankan nuansa sebagai kendaraan modern.

Namun, tentunya terdapat sejumlah detail di eksterior yang Almaz Hybrid dengan Almaz lainnya mulai seperti lis aksen berwarna biru pada bagian tengah bumper depan serta emblem RS dan 'rumah' lampu kabut yang juga dibalut dengan warna biru.

Tampilan SUV ini tetap dominan dengan warna hitam yang menguatkan kesan elegan dan sporty. Lampu depannya pun tetap mengandalkan teknologi Daytime Running Light (DRL) LED yang terintegrasi dengan lampu sein atau lampu belok.

Baca Juga: 300 Wuling Air EV Jadi Kendaraan Tamu KTT G20 di Bali

Selain itu, bagian samping dari Almaz Hybrid juga tak ada perubahan yang signifikan dari seri Almaz lainnya seperti lekukan bodi maupun garis desain yang tetap menegaskan aura kokoh dan tangguh ditambah dengan adanya panel over fender serta side skirt.

Hanya saja, SUV Hybrid pertama Wuling ini telah dipasangkan kaki-kaki- baru alias pelek machined alloy berdimensi 18 inci yang di balut dengan ban GT Radial Savero ukuran 215/55R18. Pelek ini lebih besar 1 inci dari seri Almaz lainnya yang hanya berdimensi 17 inci.

Ukuran dimensi kendaraannya pun juga tetap dipertahankan dimana SUV 7-seater ini memiliki panjang keseleeruhan mencapai 4.655 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 1.760 mm serta memiliki jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.750 mm.

Fascia belakang Wuling Almaz Hybrid juga serupa dengan Almaz lainnya. Hal itu tercermin dari adanya antena sirip hiu, spoiler atas  dengan high mount stop lamp dan juga wiper belakang serta panel aksen perak sebagai penghubung  lampu belakang yang memberikan kesan stylish.

Yang membedakan hanyalah emblem Prominent Hybrid yang menempel di bagian kiri belakang. Selain itu, SUV ini tetap menyajikan kepraktisan bukaan pintu bagasi dengan cara elektronik mulai dari mengayunkan kaki di bawah bemper hingga melalui kunci kontak.

Masuk kedalam kabin, aura elegan mewah yang menjadi kelebihan Wuling Almaz tetap ditampilkan pada Wuling Almaz Hybrid. Hanya saja, kabin Almaz Hybrid ini didominasi dengan nuansa baru yaitu warm beige yang kesan premium.

Hal baru yang hadir pada SUV Hybrid ini terlihat dari toggle shift yang memiliki desain baru yang lebih stylish berkat adanya lubang holder beraksen biru yang memudahkan pengemudi dalam mengubah transmisi atau mode berkendara.

Baca Juga: Dikendalikan Pakai Ponsel, Wuling Air ev Bisa Dinginkan Kabin dari Jauh

Selain itu hadir juga digital TFT meter cluster model terbaru yang lebih modern dan futuristik. Almaz Hybrid juga mempertahankan fitur hiburan berupa head unit sebesar 10,4 inci yang diposisikan secara vertikal layaknya sebuah tablet yang terselip ditengah dasbor yang premium.

Kecanggihan kabin juga terlihat pada roda kemudi atau setir yang tetap dilengkapi dengan sejumlah  tombol pengatur fitur agar tidak mengganggu fokus pengemudi. Sebagai varian tertinggi, kenyamanan penumpang pun terlah terjamin dengan penggunaan kursi berlapis kulit warm beige.

Tak sampai disitu, kenyamanan seluruh penumpang termasuk pengemudi juga dimanjakan dengan adanya panaromic sunroof yang terbentang diatap dan memiliki ukuran yang cukup panjang sekitar dari pilar C hingga hampir ke bagian pilar A atau bagian depan.

Untuk penumpang kursi baris kedua, hembusan udara sejuk melalui kisi-kisi AC pada konsol tengah menjadikannya hemat tempat dan kenyamanan semakin maksimal sepanjang perjalanan serta terdapat juga konsol jok tengah yang dapat dilipat sebagai armrest lengkap dengan cupholder.

Sebagai kendaraan Hybrid pertama Wuling di Indonesia. Hal yang menjadi fokus utama pun tentu terdapat pada ruang pacunya yang telah dirancang secara khusus yang tak hanya menghasilkan performa yang tangguh namun juga minim emisi.

Wuling Almaz Hybrid ini mengusung mesin bensin 4-silinder segaris berkapasitas 1.999cc (2.0L) yang dapat memompa tenaga sebesar 123 dk di putaran 5.600 rpm dan torsi puncak mencapai 168 Nm di putaran 4.000-4.400 rpm.

Baca Juga: Berkat Kepintarannya, Wuling Almaz RS Raih Penghargaan Indonesia Digital Popular Brand 2022

Mesin bensin tersebut dikawinkan dengan motor listrik jenis PMSM (Permanent Magnet Synchrpnous Motor) yang memiliki baterai NMC (Ternary Lithium-ion) berkapasitas 1,8 kWh dan sanggup menambahkan tenaga sebesar 174 dk dan torsi sebesar 320 Nm.

Mesin Hybrid itu juga didukung dengan teknologi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) yang dikembangkan secara khusus untuk membagi daya dengan pilihan tiga mode berkendara secara cepat dan tanpa jeda, yaitu EV Mode, Series Hybrid, dan Parallel Hybrid.

Mengenai fitur, Almaz Hybrid sudah didukung oleh Advanced Driver Assistance System (ADAS), Internet of Vehicle (IoV) dan voice command berbahasa Indonesia yang dinamakan Wuling Indonesian Command (WIND).

Fitur Keselamatan pun tentunya juga hadir mulai dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), Intelligent Cruise Assistance (ICA), Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW) dan Collision Mitigation System (CMS).

Selain itu, terdapat juga fitur Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assistance (LKA), Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Tak hanya itu, fitur keselamatan juga hadir mulai dari ESC, TCS, ABS, EBD, ESS, HHC, SRS Airbag di bagian depan belakang, TPMS, seatbelt reminder, ISOFIX dan kunci pintu anti anak-anak, sensor parkir di bagian depan delakang serta Immobilizer dan alarm anti maling.

Baca Juga: Miliki Wuling Air ev di Indonesia Kini Tak Perlu Khawatir

Hadir dengan empat pilihan warna yang terdiri dari Starry Black, Pristine White, Aurora Silver, dan Carnelian Red, Wuling Almaz Hybrid ini telah dipasarkan di pasar otomotif Indonesia dengan harga yang mencapai Rp470.000.000 on the road (OTR) Jakarta.

Share :

Dari Es Hingga Bukit Pasir, Porsche 911 Dakar Sukses Jinakkan Berbagai Jalur Ekstrim

Model 911 Dakar tersebut terinspirasi pada kesuksesan Porsche yang meraih kemenangan keseluruhan pertama di ajang reli Paris-Dakar pada 1984 silam. Dengan begitu, 911 Dakar ini juga pertama kalinya yang dilengkapi dengan penggerak semua roda (AWD).

Read More
Perdana di Asia Tenggara, Dua Mobil Konsep Terbaru Honda Tampil di Thailand International Motor Expo 2022

Dua produk tersebut ditampilkan pada ajang The 39th Thailand International Motor Expo 2022 yang dimulai dari tanggal 1 Desember-12 Desember 2022 di Impact Challenger 1-3, Muang Thong Thani, Thailand.

Read More
Mercedes Benz Luncurkan Camper Van Listrik, Kabin Dibuat Nyaman

Setelah meluncurkan Mercedes-Benz EQT yang berbahan bakar full listrik, kini pabrikan asal Jerman itu membuat camper van dengan basis kendaraan sama serta kabin lengkap yang diberi nama Marco Polo Modul.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler