Mengeringkan komponen ini hanya bisa dilakukan di bengkel resmi karena konektor tersebut akan dibuka dan dikeringkan menggunakan angin. Setelahnya, pihak bengkel akan memberikan grease pada konektor untuk mengantisipasi bila terjadi karat.

4. Lakukan General Check-up

Setelah melakukan ketiga hal di atas, jangan lupa juga untuk terus melakukan general check up. Hal ini berfungsi agar pemilik kendaraan mengetahui bila terjadi sesuatu yang salah dengan kendaraannya.

Baca Juga: Lakukan Langkah Ini Agar Kinerja Suzuki New Carry Pick Up Terus Optimal

Misalnya pada komponen elektronik dimana ketika melintasi banjir rob, memang tidak akan ada masalah yang serius. Namun, seiring berjalannya waktu, komponen tersebut bisa rusak.

Kerusakan pada komponen elektronik biasanya baru akan terlihat sekitar satu atau dua bulan kemudian setelah mobil terkena banjir rob. Maka dari itu, usahakan untuk rutin mengunjungi bengkel resmi kendaraan agar segala masalah bisa teratasi dengan cepat.

5. Matikan Mesin Kendaraan

Hal terakhir dan yang paling penting untuk di lakukan saat melewati banjir rob adalah mematikan mesin kendaraan. Membiarkan mesin hidup justru akan semakin memperparah kondisi mesin mobil.

Ketika mengunjungi bengkel setelah melewati banjir rob, pemilik mobil harus menyampaikan pada pihak bengkel untuk melakukan pemeriksaan pada bagian-bagian yang menampung cairan.

Baca Juga: 7 Keuntungan Bagi Pemilik Kendaraan yang Servis di Bengkel Resmi

Pastikan juga untuk mengganti cairan yang sudah terkena kandungan garam dari air banjir. Jangan biarkan kandungan garam tersisa di kendaraan yang di miliki karena garam dapat merusak komponen logam mobil.

Itulah kelima hal yang harus di lakukan setelah melintasi daerah banjir rob. Jangan lupa untuk memfokuskan pembersihan pada bagian bawah mobil serta membawa kendaraan ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Share :

Simak, Begini Cara Kerja Fitur Pengereman ABS, EBD dan BA

Pada mobil-mobil keluaran terbaru, ketiga teknologi di atas itu dapat menciptakan sinergi yang membuat pengendara lebih mudah dalam mengendalikan laju kendaraan sehingga mereduksi potensi kecelakaan.

Read More
Pentingnya Menggunakan Engine Flush Sebelum Ganti Oli

Seiring pemakaian pastinya kondisi mesin mobil akan terbentuk deposit kotoran akibat dari oksidasi pada oli yang terjadi di ruang bakar. Oksidasi inilah yang membuat tingkat penguapan oli jadi tinggi dan kemudian terbakar akibat suhu mesin, sehingga timbu

Read More
Tips Merawat Mobil Agar Tetap Awet dan Nyaman, Cek Bagian-Bagian ini Secara Berkala

saat Anda sedang melakukan servis mobil Anda harus memerhatikan apakah komponen-komponen berikut ini dicek

Read More
honda

Terkini

Terpopuler