Mobilkomersial.com --- Usai sukses memasarkan kendaraan komersial ringan (LCV) baterai listriknya, Opel Vivaro-e dengan varian bodi van panel (kargo), combi (pengangkut orang/people carier), hingga crew cab and floor cab, pabrikan asal Jerman itu terus berkembang dengan penawaran baru yang bergabung dalam jajarannya.

Opel Vivaro-e yang bebas emisi ini, kini tersedia dengan varian pikap flatbed yang di rancang khusus dari spesialis konversi asal Jerman, Schoon Fahrzeug Systeme und Metalltechnik GmbH.

Baca Juga: Mitsubishi New Colt L300 Euro 4 Meluncur, Lebih Bertenaga dan Lebih Untung

Berbasis dari varian floor cab, varian pikap flatbed Opel Viavaro-e ini menawarkan platform serbaguna yang diproduksi dengan kualitas tinggi. Pikap ini memiliki dimensi keseluruhan dengan panjang 2.440 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 400 mm dan jarak sumbu roda (wheelbase) mencapai 3.270 mm.

Bak truk dan dinding samping aluminium setinggi 400 mm dapat dilipat ke bawah agar mudah digunakan dan rangka baja yang kokoh dengan kekakuan torsi tinggi dilindungi oleh garansi anti-perforasi 10 tahun, berkat galvanisasi hot-dip.

Bongkar muat menjadi nyaman, berkat tinggi beban rendah kendaraan hanya sebesar 860 mm. Lantai platform didesain dengan datar, tanpa melanggar lengkungan roda. Akses lebih juga ditingkatkan dengan langkah terintegrasi di bagian dalam bak. Panel rocker di bawah platform juga melengkapi tampilan kelas atas.

Sebagai kendaraan kargo, penyimpanan barang dan peralatan lainnya menjadi salah satu prioritas dari mobil niaga. Oleh karna itu, permukaan bak pikap flatbed Opel Vivaro-e didesain dengan anti-selip dengan tiga ring di setiap sisi bak yang memungkinkan pengikatan kargo yang aman meski melebihi pembatas bak.

Baca Juga: Mitsubishi Triton GLX MT 4x2, Bikin Usaha Tetap Bergaya

Jika pelanggan membutuhkan penyimpanan khusus untuk peralatan, mereka juga dapat memesan kotak peralatan yang luas dari aksesori Schoon yang menempel tepat di belakang kabin. Kotak tersebut berdimensi panjang 1.800 mm, lebar 630 mm dan tinggi 530 mm.

Opel, anak perusahaan Stellantis ini, juga memberikan Vivaro-e dengan baterai lithium-ion yang dikemas sedemikian rupa dibawah ruang kargo agar tidak memerlukan trade-off dalam kapasitas kargo. Dengan baterai berkapasitas 50 kWh, pikap flatbed Vivaro-e menawarkan muatan hingga 960 kg.

Baterai listrik tersebut menyalurkan energi ke motor penggerak yang diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 136 dk dan torsi puncak mencapai 260 Nm. Dengan itu, varian pikap flatbed ini menjadikan jajaran model Vivaro-e yang menawarkan transportasi listrik tanpa mengurangi standar sebagai LCV.

Pikap Flatbed Vivaro-e juga diklaim dapat berakselerasi dengan kecepatan maksimum hingga 130 kpj yang dikontrol secara elektronik sehingga memungkinkan kecepatan Autobahn sekaligus mempertahankan jangkauan mengemudi elektrik. Tergantung pada varian modelnya, Vivaro-e dapat menempuh jarak hingga 328 km dengan sekali pengisian baterai 75 kWh (WLTP).

Baca Juga: Vinci Energies Resmi Wara-Wiri dengan 30 Van Listrik Opel Vivaro-e

Jika dengan menggunakan stasiun pengisian umum 100 kW DC, baterai pikap listrik ini dapat terisi hingga 80 persen dalam waktu sekitar 45 menit. Selain itu, Opel juga menawarkan pengisi daya terpasang yang memastikan bahwa waktu pengisian akan berlangsung secepat mungkin dan baterai dapat dilindungi oleh garansi delapan tahun/160.000 km sehingga memiliki masa pakai yang lama.

Kendati demikian, Opel juga tetap memprioritaskan soal kenyamanan pengemudi dengan tetap mempertahankan ruang kabin yang ergonomis nan modern yang sama dengan model lainnya.

Kenyamanan itu mencakup kabin yang senyap, kursi berpenghangat hingga fitur hiburan berupa head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang dapat diakses sebagai navigasi, layar kameran mundur hingga terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Dengan kehadiran model pikap flatbed pada Vivaro-e ini, seluruh portofolio kendaraan komersial ringan Opel kini sepenuhnya bertenaga listrik, bebas emisi, dan dapat langsung dipesan. Sementara kendaraan sel bahan bakar Vivaro-e Hydrogen masih melanjutkan strategi elektrifikasi merek tersebut.

Baca Juga: Traton, Daimler dan Volvo, Percepat Realisasi Jaringan Pengisian Daya Truk Listrik Heavy Duty di Eropa

Share :

Alasan Mitsubishi L300 Jadi Market Leader Selama 40 Tahun di Indonesia

Sejak tahun 1981, kemudahan perawatan dan jaringan diler hingga ketersediaan suku cadang merupakan salah satu kunci kesuksesan Mitsubishi L300 dalam memimpin segmen kendaraan niaga dalam 40 tahun lamanya.

Read More
Ford F-150 Lightning Pro SSV 2023 Resmi Meluncur, Jadi Pikap Listrik Khusus Kepolisian AS

Berkelir hitam putih khas kepolisian AS, Ford F-150 Lightning Pro SSV 2023 akan ditugaskan sebagai Police Responder untuk membantu menangani kebutuhan kepolisian khusus di luar situasi pengejaran, seperti membantu pada kecelakaan atau TKP atau memberi kem

Read More
Ford Akan Produksi Mobil Pikap Listrik Maverick dan Ranger

Ford telah mendaftarkan nama model "Maverick Lightning" dan "Ranger Lightning" ke European Trademark Office. Setelah F-150 Lightning Ford juga merencanakan varian listrik untuk truk pikap yang lebih ringan dengan nama Maverick dan Ranger untuk pasar Eropa

Read More
honda

Terkini

Terpopuler