Mobilkomersial.com --- Kesuksesan Ford Ranger Raptor yang telah mendominasi pasar otomotif di segmen pikap telah mendorong para pembuat mobil lainnya untuk meluncurkan model varian pikap yang serupa.

Salah satunya adalah Toyota. Meski sudah memiliki model varian Hilux GR Sport bukan berarti pabrikan asal Jepang sudah cukup merasa puas untuk bersaing dengan merek-merek lainnya.

Baca Juga: Toyota GR DKR Hilux T1+ Tebar Pesona di Goodwood Festival of Speed

Di pasar Australia, Toyota kini tengah berambisi untuk menyelesaikan varian baru dari Hilux yaitu 'Apex' yang menampilkan banyak modifikasi yang lebih berfokus pada model off-road untuk bersaing ketat dengan pikap asal Amerika Serikat (AS) tersebut.

Dilansir Carscoops pada Senin (11/7/2022), Toyota Australia mengungkapkan bahwa peningkatan lebih lanjut ke jajaran Hilux, Toyota berencana untuk meluncurkan varian off-road Hilux Apek baru yang akan menggantikan Hilux Rugged X yang perkenalkan sejak 2018 lalu.

Toyota Australia juga membeberkan bahwa keberhasilan penjualan Hilux Rugged X yang mencapai lebih dari 17.000 unit menjadi hal yang tepat untuk varian terbaru Hilux Apek untuk menggantikan posisinya sebagai pikap khusus off-road.

Secara prediksi, Toyota Hulx Apex akan diperkenalkan dalam bentuk yang hampir menyerupai dengan versi produksi Hilux Tonka Concept yang dipamerkan pada tahun 2017 lalu.

Baca Juga: Toyota Hilux Terpilih Sebagai Truk Pikap Terbaik di Dunia

Dalam konteks itu, Hilux Apex baru akan mendapatkan bumper baja dengan bullbar pelindung dan bilah lampu LED tang terintegrasi, snorkel, add-on fender plastik, rock-slider, ban yang lebih besar, dan suspensi tugas berat.

Dalam hal powertrain, Hilux Apek kemungkinan akan menggunakan versi yang disetel dari mesin turbodiesel 1GD-FTV DOHC 16-katup berkapasitas 2.755 cc (2.8L) yang ada. Dalam bentuk stok, mesin yang diperkenalkan pada Hiilux facelift itu mampu menghasilkan tenaga 201 dk pada  kisaran 3.000-3.400 rpm dengan torsi puncak 500 Nm di putaran 1.600-2.800 rpm.

Australia adalah pasar yang bersahabat untuk varian pikap yang ditingkatkan sebagaimana dibuktikan oleh Toyota Hilux Rugged X, Nissan Navar Pro-4X Warrior (Premcar), Mazda BT-50 Thunder, dan VW Amarok W580X (Walkinshaw).

Sementara upaya tim lokal sangat mengesankan. Dengan kehadirannya Toyota Hilux Apex di pasar Australia nanti akan menjadi pesaing ketat Ford Ranger Raptor. Terlebih pikap asal AS itu biasanya akan memiliki harga yang lebih mahal dari Toyota.

Baca Juga: Melongok Sejarah Toyota Hilux dari Generasi Pertama hingga Sekarang

Share :

Ranger Raptor Jadi Senjata Baru Ford Di Ajang Balap Off-Road International Baja 1000 

Mobil kabin ganda (double cabin) tersebut dirancang secara khusus oleh Ford Performance bersama Kelly Racing dari Austraila. Kemudian, Ranger Raptor itu dikembangkan lebih lanjut oleh Lovell Racing agar siap diajak balapan yang dimulai pada 18 November 20

Read More
Pikap Listrik GMC Sierra EV Rilis, Tantang Silverado EV dan F-150 Lightning

Pikap listrik terbaru ini hadir dengan tiga varian yang terdiri dari Denali Edition 1 sebagai varian tertinggnya, AT4 dan juga Elevation. Ketiga varian itu dibangun diatas platform truk pikap EV khusus 'Ultium' yang mampu menjangkau hingga 643 km (400 mil

Read More
Mitsubishi Triton Sport Edition 2023 Sapa Pasar Australia, Hanya 400 Unit

Hal yang membedakan dari vairan lainnya, Triton Sport Edition ini disematkan dengan skid plate bagian depan, tangga samping dan bumper belakang yang dihiasi dengan warna merah yang diadaptasikan dari model reli Triton Ralliart.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler