MobilKomersial.com - Setelah berhasil sebagai juara reli Dakar 2022 kategori 'Car' atau mobil pada Januari lalu, pikap balap GR DKR Hilux T1+ dari Toyota Gazoo Racing menebarkan pesonanya di ajang mendaki bukit Goodwood Festival of Speed yang diselenggerakan pada 23-16 Juni 2022 kemarin di Goodwood House, Inggris.

Pada ajang tahunan bergengsi tersebut, Toyota Gazoo Racing (TGR) mengerahkan Hilux untuk melakukan 'Triple Duty', dimana pikap balap yang dikemudikan oleh Nasser Al-Attiyah dan Mathieu Baumel itu mengikut tiga sesi balap yang mencakup Forest Rally Stage, Hillclimb, dan Britpart Off-Road Arena.

Baca Juga: Usung Mesin V6 Twin-turbo, Toyota GR Hilux Siap Bertarung di Reli Dakar 2022

Dilansir thecheckeredflag pada Selasa (28/6/2022), masuknya sesi Off-Road Arena yang melengkapi sesi Forest Stage dan Hillclimb ini diklaim menjadi sebuah sejarah festival tersebut dimana ketiga sesi tersebut diselenggarakan dalam satu acara.

Hilux adalah bagian dari empat kendaraan TGR yang juga mencakup GR86, GR Supra yang berlaga pada sesi Hillclimb dan GR Yaris yang fokus pada Forest Rally Stage sesuai DNA balap relinya.

Dirancang berdasarkan pikap seri produksi, GR DKR Hilux T1+ telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk mengakomodasi balap off-road. Pikap itu disuntik dengan mesin ikonik twin turbo V6 berkapasitas 3.500cc (3.5L) dari Toyota Land Cruiser GR Sport yang menghasilkan tenaga maksimum sebesar 399 dk dan torsi mencapai 600 Nm.

Baca Juga: Toyota Hilux Terpilih Sebagai Truk Pikap Terbaik di Dunia

Pikap berpenggerak semua roda (AWD/4x4) itu juga memiliki berat keseluruhan mobil yang telah ditingkatkan menjadi 2.000 kg dan juga dilengkapi sistem suspensi yang telah mengalami peningkatan jarak tempuh dari 280 mm menjadi 350 mm.

Rombakan ini memungkinkan pengemudi memanfaatkan ban GF Goodrich yang telah ditingkatkan dari 32 inci menjadi 37 inci secara maksimal. Lebar ban juga bertambah dari 245 mm menjadi 320 mm.

Velg aluminium akan menonjolkan ban mobil baru yang lebih besar. Roda ini telah menjadi bagian integral dari pengembangan T1+ dan tim memilih untuk membiarkan roda dalam lapisan aluminium alami karena menawarkan manfaat dalam melepaskan panas serta mematuhi peraturan FIA World Rally-Raid Championship.

Baca Juga: Kaya DNA Motorsport, Ini Line-Up Toyota GR yang di Produksi Massal

Hilux bukanlah satu-satunya kendaraan off-road yang berpartisipasi di Goodwood Festival of Speed di luar Off-Road Arena. Tim Extreme E Andretti United dan Veloce Racing melakukan head-to-head time trial dengan kendaraan off-road elektrik Spark ODYSSEY 21s mereka, yang juga dilombakan Al-Attiyah untuk ABT CUPRA, sementara XITE Energy Racing juga  menampilkan dua mobil off-road elektrik merka yaitu, Nitro Rallycross FC1-X.

Share :

Ranger Raptor Jadi Senjata Baru Ford Di Ajang Balap Off-Road International Baja 1000 

Mobil kabin ganda (double cabin) tersebut dirancang secara khusus oleh Ford Performance bersama Kelly Racing dari Austraila. Kemudian, Ranger Raptor itu dikembangkan lebih lanjut oleh Lovell Racing agar siap diajak balapan yang dimulai pada 18 November 20

Read More
Pikap Listrik GMC Sierra EV Rilis, Tantang Silverado EV dan F-150 Lightning

Pikap listrik terbaru ini hadir dengan tiga varian yang terdiri dari Denali Edition 1 sebagai varian tertinggnya, AT4 dan juga Elevation. Ketiga varian itu dibangun diatas platform truk pikap EV khusus 'Ultium' yang mampu menjangkau hingga 643 km (400 mil

Read More
Mitsubishi Triton Sport Edition 2023 Sapa Pasar Australia, Hanya 400 Unit

Hal yang membedakan dari vairan lainnya, Triton Sport Edition ini disematkan dengan skid plate bagian depan, tangga samping dan bumper belakang yang dihiasi dengan warna merah yang diadaptasikan dari model reli Triton Ralliart.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler