MobilKomersial.com - Menurunnya tingkat pandemi Covid-19, menjadikan pesatnya perkembangan industri otomotif baik kendaraan roda empat atau lebih seperti truk dan bus. Beragam permintaan konsumen pun kian hari semakin diwujudkan oleh para Agen Pemegang Merek (APM) otomotif Indonesia.

Salah satunya adalah PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia yang baru saja secara diam-diam memperkenalkan varian baru dari model truk tugas menengah (medium duty) yang kini dikenal dengan sebutan Fuso Fighter X.

Baca Juga: Transformasi Produk Euro4, KTB Pensiunkan Truk Fuso Maru-P

Bukan soal model eksterior ataupun mesin, varian baru Fuso Fighter X tersebut hadir dengan sasis yang lebih panjang. Panjang sasisnya itu mencapai 9.800 mm (9,8 m) sehingga menghasilkan Cab to End yang lebih panjang dan otomatis juga akan memiliki volume angkut yang lebih banyak.

Dilansir dari postingan instagram resmi @mitsubishifuso.id pada Jum'at (27/5/2022), kehadiran varian sasis truk baru tersebut berlaku pada model Fighter X dengan tipe tertentu, tepatnya pada tipe FN62FL HD dan FN62FL HD R.

Baca Juga: Sebanyak 29 Varian Fuso Canter dan Fighter X Resmi Berstandar Euro4

Sasisnya sendiri cukup tebal dan tanpa sambungan dengan posisi kelingan atau rivet di sisi samping yang dapat meningkatkan daya tahan sasis yang lebih kuat dan memudahkan pemasangan bodi belakang atau karoseri.

Dengan sasis sepanjang 9,8 m tersebut, KTB mengklaim bahwa sasis tersebut cocok untuk diaplikasin ke beberapa jenis karoseri seperti tangki, flat deck, bak besi, los bak, box besi hingga dapat dijadikan truk wingbox yang biasanya diaplikasi pada truk tugas berat (Heavy Duty).

Sedikit soal spesifikasi, Fuso Fighter X tipe FN62FL HD 6x4 ini dibekali dengan mesin diesel 4 langkah berkode 6M60-DAT6 direct injection, turbocharged berkapasitas 7.545 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 266 dk di putaran 2.400 rpm dengan torsi puncak mencapai 880 Nm di kisaran 1.200-2.000 rpm.

Seluruh mesin truk Fuso baik model tugas ringan (Light Duty/Canter) maupun tugas menengah (Medium Duty/Fighter X) kini sudah bersertifikasi standar emisi Euro 4 yang sejalan dengan kebijakan pemerintah Indonesia yang telah menyatakan bahwa kendaraan niaga atau komersial yang menggunakan mesin diesel harus memenuhi standar Euro 4 sejak April lalu.

Baca Juga: Begini Spesifikasi Fuso eCanter yang Bakal Mengaspal di Tanah Air

Share :

Foton Rilis Keluarga Baru Truk Auman Est-A, Optimis Pimpin Pasar Tractor-Head di Meksiko

Peluncuran truk jenis ini sejalan dengan kepercayaan perusahaan bahwa truk jenis tractor-head akan memeang proporsi terbesar sebagai truk tugas berat (heavy duty) dan telah ditempatkan di segala posisi yang menonjol.

Read More
Gunakan Truk Listrik Scania, DB Schenker Menuju Transportasi Bebas Fosil di Swedia

Empat truk Scania P25 elektrik dan dua truk hibrida Scania PHEV adalah bagian dari ambisi DB Schenker agar Gotland menjadi wilayah pulau teratas dunia dalam keberlanjutan.

Read More
DAF Kenalkan Sistem Penguncian Pintu DAF Night Lock Baru, 150 Persen Lebih Kuat

Sistem keamanan tebaru ini akan tersedia pada setiap panel pintu truk DAF XF, XG, dan XG+ generasi baru yang telah dianugerahi sebagai 'International Truck of The Year 2022'.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler