MobilKomersial.com - Pabrikan otomotis asal Swedia, Volvo memang sangat terkenal dengan inovasi-inovasi yang dihadirkannya dan bisa dibilang sering menjadi pencetus untuk beberapa inovasi dan teknologi yang di sematkan pada kendaraannya.

Salah satu teknologinya yang kini ramai dibicarakan adalah fitur Collision Warning (Peringatan Tabrakan) dan Emergency Brake (Rem Darurat) yang baru-baru ini telah di uji coba pada truk nya yang membawa muatan hingga 40 ton.

Baca Juga: Generasi Terbaru Truk Volvo VNR Elektrik Siap di Produksi

Peringatan tabrakan dengan rem darurat adalah hasil karya perintis Volvo Trucks dengan sistem keselamatan aktif. Fitur ini dikembangkan demi melindungi pengemudi dan membuat lingkungan lalu lintas lebih aman.

Kecelakaan di mana satu kendaraan menabrak bagian belakang kendaraan lain sudah sering terjadi. Kecelakaan seperti itu biasanya terjadi ketika pengemudi kendaraan tidak memperhatikan jalan. Terlebih, jika kecelekaan itu melibatkan sebuah truk, jelas lebih berbahaya karena ukuran dan berat kendaraannya yang besar.

Pengujian berkelanjutan dari sistem rem darurat ini memastikan bahwa truk dapat berhenti atau mengurangi kemungkinan tabrakan dan cedera yang diakibatkannya.

Meski pengembangan ini juga dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan hukum, tetapi yang paling penting adalah mempertahankan komitmen bangga untuk membuat semua lingkungan lalu lintas yang melibatkan truk Volvo seaman mungkin.

Baca Juga: Truk Listrik Volvo Diklaim Lebih Unggul dalam Jangkauan dan Efisiensi Energi

1. Kamera dan Radar

Kamera truk Volvo dapat mengidentifikasi jarak dan jenis objek di depan truk. Begitupula dengan radar yang akan mengukur seberapa cepat objek di depan truk bergerak. Penting agar pengemudi dapat mempercayai sistem dan tidak menerima terlalu banyak alarm palsu, sehingga kamera dan radar bekerja sama untuk memberikan peringatan hanya jika diperlukan.

2. Penggabungan Sensor

Fungsi sensor terjadi ketika dua sensor (radar dan kamera) memberikan masukan ke prosesor untuk lebih memahami situasi. Sensor yang bekerja bersama sangat penting, karena membantu membedakan antara kendaraan nyata dan objek yang bukan ancaman nyata, seperti kaleng kosong.

Next>

Share :

Gaussin-Charbone Hydrogen, Percepat Penyebaran Kendaraan Bebas Emisi di Kanada

Dalam perjanjian tersebut, kedua perusahaan telah sepakat dalam membuat usaha patungan untuk mempercepat penyebaran kendaraan pintar dan bebas emisi Gaussin di wilayah tersebut.

Read More
Percepat Pemasaran Truk Listriknya, Volta Trucks Jalin Kemitraan dengan Paneltex

Volta Trucks mengaku bahwa alasan berkolaboraasi dengan Paneltex, disebabkan dengan keahlian Paneltex yang telah menghadirkan portofolio dan produk karoseri truk berkualitas tinggi selama tiga tahun.

Read More
Fuso Fighter X Hadirkan Varian Sasis Lebih Panjang, Cocok Buat Karoseri Ini

Dengan sasis sepanjang 9,8 m tersebut, KTB mengklaim bahwa sasis tersebut cocok untuk diaplikasin ke beberapa jenis karoseri seperti tangki, flat deck, bak besi, los bak, box besi hingga dapat dijadikan truk wingbox yang biasanya diaplikasi pada truk tuga

Read More