Amerika Utara, MobilKomersial.com - Volvo Trucks terus memimpin dalam penerapan kendaraan tanpa emisi yang berkelanjutan untuk industri truk Amerika Utara dengan pengiriman truk kelas 8 model Volvo VNR Electric.

Namun, kabar mengejutkan datang dari Volvo saat perusahaannya mengumumkan bahwa akan memproduksi Volvo VNR Electric generasi terbaru dengan beberapa penyegaran.

Produksi model Volvo VNR Electric yang disempurnakan akan dimulai pada kuarta kedua pada tahun 2022 dan menampilkan beberapa peningkatan seperti jangkauan hingga 85%, pengisian daya lebih cepat, dan bahkan lebih banyak konfigurasi untuk transportasi tugas berat (heavy-duty).

Baca Juga: Truk Listrik Volvo Diklaim Lebih Unggul dalam Jangkauan dan Efisiensi Energi

Volvo Trucks pertama kali menerima pesanan pelanggan untuk model Volvo VNR Electric pertamanya pada Desember 2020, dengan produksi komersial yang dimulai pada kuartal kedua 2021 di pabrik manufaktur New River Valley di Dublin, Virginia.

Selama setahun terakhir, pabrikan asal Swedia ini telah mengirimkan Volvo VNR Electric kepada pelanggan di beberapa negara bagian di AS, mengumpulkan data pengoperasian yang berharga untuk terus meningkatkan teknologi guna meningkatkan efisiensi truk dalam berbagai kondisi pengoperasian. Volvo VNR Electric generasi berikutnya sekarang terbuka untuk dipesan.

Presiden Volvo Trucks Amerika Utara, Peter Voorhoeve mengatakan bahwa ini adalah bukti kepemimpinan Volvo Trucks dalam industri yang terus berkembang, perusahaannya menghadirkan versi VNR Electric yang disempurnakan ke pasar setahun setelah penjualan VNR Electric pertama kali dimulai.

“Volvo Trucks adalah yang terdepan dalam industri ini, selalu berinovasi dan berkembang, sambil menjunjung tinggi standar tertinggi dalam desain, konstruksi, dan keselamatan. Tim kami bangga dengan perannya, bersama dengan dealer dan pelanggan, dalam mempercepat peralihan ke elektromobilitas dan masa depan yang lebih berkelanjutan,” jelas Voorhoeve mengutip laman resminya, Jum'at (14/1/2022).

Baca Juga: Ferronordic Siapkan 32 Truk Listrik Pertamanya di Jerman

Kekuatan sejati Volvo VNR Electric yang ditingkatkan terletak pada peningkatan yang dilakukan pada baterai, teknologi, desain, manajemen, dan penawaran paket. Perbaikan dalam desain baterai telah menghasilkan peningkatan kapasitas penyimpanan hingga 40% untuk setiap baterai.

Sistem Manajemen Termal Baterai (BTMS) khusus juga ditambahkan untuk mengelola dan mempertahankan suhu lingkungan yang ideal. Volvo Trucks juga telah memperkenalkan opsi paket enam baterai baru dengan menawarkan peningkatan penyimpanan energi hingga 565kWh dan jangkauan operasional hingga 275 mil.

Selain itu, energi pengereman regeneratif ditangkap dan dimasukkan kembali ke dalam sistem untuk memaksimalkan efisiensi energi dan jangkauan mengemudi.

Volvo VNR Electric yang disempurnakan juga mengurangi waktu pengisian yang diperlukan, karena kemampuan pengisian daya 250kW yang canggih menyediakan pengisian 80% dalam 90 menit untuk paket enam baterai dan 60 menit untuk versi empat baterai.

Baca Juga: Tak Puas Catatkan Rekor, DFDS Tambah 25 Unit Truk Listrik Volvo FM

Volvo Trucks juga telah menambahkan dua konfigurasi baru ke jajaran VNR Electric yaitu truk rigid 6x4 dan traktor head 6x4 yang akan bergabung dengan tiga model yang sebelumnya yaitu traktor head 4x2, traktor head 6x2, dan truk rigid berporos tunggal.

Setiap konfigurasi Volvo VNR Electric telah dirancang untuk aplikasi dan siklus penggerak dengan rentang distribusi lokal dan regional, termasuk logistik serta pengambilan dan pengiriman jarak jauh.

Sementara itu,  Andy Brown selaku Manajer Pemasaran Produk Elektromobilitas Volvo Trucks menjelaskan bahwa Volvo Trucks terus mengembangkan kemampuan VNR Electric untuk membuatnya lebih efisien, memenuhi permintaan pelanggan kami untuk jangkauan yang lebih luas, dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik.

"Driveline elektrik dengan transmisi I-Shift dua kecepatan memberikan akselerasi terbaik di kelasnya, lebih bertenaga, dan lebih mulus. Inovasi seperti Volvo Active Driver Assist dan Dynamic Steering juga membuat berkendara menjadi mudah dan presisi, sekaligus meningkatkan keselamatan," jelasnya.

Baca Juga: Volvo Uji Ketahanan Baterai Truk Listriknya Dibawah Suhu Ekstrim

Volvo Trucks berfokus untuk mendukung pelanggan dalam transisi elektromobilitas mereka dengan memperluas jaringan Dealer Kendaraan Listrik Bersertifikat Volvo Trucks (EV) yang berkonsultasi dengan armada yang mempertimbangkan untuk berinvestasi di Volvo VNR Electric.

Tim penjualan di dealer Bersertifikat Volvo Trucks EV dididik sepenuhnya dalam memandu pelanggan melalui transisi menuju solusi elektromobilitas dan tim servis dilatih dan diperlengkapi untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan truk baterai-listrik dengan aman.

Volvo Trucks memiliki dealer bersertifikat di California dan New York dan bekerja sama dengan banyak dealer di seluruh Amerika Utara untuk menyelesaikan sertifikasi mereka. Volvo Trucks juga telah membangun tenaga penjualan korporat yang berdedikasi untuk mendukung dealer dan pelanggan, dengan manajer distrik elektromobilitas di seluruh negeri.

Share :

Begini Cara Kerja SCR Pada UD Trucks Euro 5 Yang Bikin Lingkungan Lebih Bersih

Teknologi SCR ini merupakan sistem pengolahan emisi yang mengurangi polutan berbahaya seperti nitrogen oksida (NOx) dan partikulat yang dihasilkan selama pembakaran mesin kendaraan seperti truk.

Read More
Fuso Ubah Truk Canter Jadi Kantor Berjalan, Bikin Kerja Tambah Rileks

NomadPro Canter merupakan kendaraan berbasis Fuso Canter sebagai truk tugas ringan (light duty) yang direnovasi berdasarkan konsep yang berfokus pada pemanfaatan 'kekuatan' alam atau ramah lingkungan berkat penggunaan materialnya.

Read More
Dipakai Pemkab Probolinggo Untuk Perbaiki Jalan, Apa Kelebihan Truk Alpomain?

Guna mempersingkat waktu dan mempercepat proses perbaikan jalan rusak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) membeli truk multi fungsi Alpomain.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler