Jerman, MobilKomersial.com - Dalam perjuangannya melawan pandemi Covid-19, Palang Merah Jerman telah mengandalkan bus antarkota model bisnis S 415 LE dari Setra MultiClass untuk digunakan sebagai ambulans perawatan intensif berkapasitas tinggi untuk mengangkut pasien Covid-19.

Bus low-entry sepanjang 12,3 meter itu diubah oleh tim spesialis hanya dalam waktu enam minggu di pabrik Bus Daimler di Jerman. Kendaraan itu dirancang khusus untuk peran barunya dengan empat tempat tidur perawatan intensif yang lengkap.

Dengan kendaraan ini, Palang Merah Jerman di Ulm akan dapat bereaksi dengan cepat dan mengangkut pasien ke rumah sakit lain sesuai kebutuhan. Di dalam bus ini akan ada dokter perawatan intensif serta paramedis darurat dan teknisi dari lengan Rettungsdienst Heidenheim-Ulm gGmbH dari Palang Merah Jerman.

Baca Juga: Beralih ke Bus 100% Listrik, HEAG Mobilio Pilih Mercedes-Benz eCitaro Jadi Kendaraan Publik

Peralatan Medis Profesional

Sebelumnya bus ini memiliki 43 kursi penumpang. Namun, bus ini diubah untuk menampung empat tandu beroda elektrohidraulik dengan mekanisme pemuatan. Di dalam kabin juga terdapat empat ventilator perawatan intensif, empat monitor observasi, perangkat ultrasound, dan penganalisis gas darah.

Bersama dengan area pengembangan Bus Daimler, staf produksi dapat memasukkan kursi untuk tujuh penumpang pendamping, serta memastikan jumlah ruang penyimpanan sebesar mungkin untuk obat-obatan dan peralatan yang cukup, serta perangkat oksigen tambahan dan pakaian pelindung untuk dibawa.

Untuk menjamin pembersihan dan desinfeksi interior yang optimal, bus dilengkapi dengan lantai datar berlapis khusus. Bisnis S 415 LE memiliki lampu biru dan sistem sirene, belum lagi jendela samping dengan penutup film privasi.

Perlindungan Tambahan

Selain pemasangan peralatan canggih yang efisien, penerapan serangkaian tindakan kebersihan yang komprehensif juga memainkan peran penting dalam konversi kendaraan ini. Misalnya, penyemprot disinfektan dapat digunakan di kompartemen pasien.

Baca Juga: Model Terbaru Bus Mercedes-Benz Tourrider, Khusus Pasar Amerika Utara

Area untuk pengemudi dan orang pendamping dipisahkan dari kompartemen pasien melalui dinding yang tertutup rapat dan sistem ventilasi juga dimodifikasi dengan tepat untuk memungkinkan konfigurasi ini.

Ambulans berkapasitas tinggi ini didesain untuk sistem transportasi perawatan intensif di negara bagian Baden-Württemberg, Jerman serta juga dapat digunakan untuk operasi lintas wilayah dan lintas negara bagian.

Perang Melawan Covid-19

Di lokasi Daimler Buses Neu-Ulm, perusahaan mengubah ambulans perawatan intensif berkapasitas tinggi pertamanya pada April 2020, meskipun saat itu menggunakan Mercedes-Benz Citaro.

Pada bulan November 2020 datanglah konversi khusus berikutnya: bus antarkota bisnis Setra S 416 LE diubah hanya dalam waktu empat minggu menjadi stasiun pengujian Covid-19 seluler untuk Huber Group Holding SE. Kemudian pada musim semi 2021, bus vaksinasi pertama dibuat berdasarkan model bisnis S 415 LE dari seri Setra MultiClass.

Ambulans perawatan intensif berkapasitas tinggi saat ini merupakan kendaraan khusus keempat yang meninggalkan pabrik Daimler Buses Neu-Ulm. Dua bus vaksinasi mobile selanjutnya juga sedang dalam proses konversi.

Baca Juga: Daimler Indonesia Kenalkan Fitur Keselamatan Baru Pada Truk Mercedes-Benz

Share :

Volvo Mulai Uji Coba Bus Listrik di Kondisi Iklim Panas, Dubai

Uji coba ini juga mengikuti tes global terbaru Volvo Bus atas solusi elektromobilitas Volvo di iklim panas dengan suhu yang sering melebihi sekitar 40°C.

Read More
Mercedes-Benz Hadirkan Sasis Bus Full-Electric eO500U untuk Pasar Amerika Latin

sasis bus listrik bertenaga baterai ini dirancang khusus untuk kebutuhan transportasi umum lokal yang ramah lingkungan dan bebas emisi dan berkontribusi pada pengendalian polusi udara dan dengan demikian meningkatkan kualitas hidup di kota

Read More
Setelah Truk, Kini Bus MAN Lion’s Coach Terpilih Sebagai

bus ini memiliki versi yang lebih panjang dan dapat menawarkan ruang untuk 61 penumpang dengan emisi CO2 terendah

Read More
honda

Terkini

Terpopuler