Jakarta, MobilKomersial.com – Selama empat tahun ke depan, HEAG Mobilo, operator transportasi publik di Darmstadt berencana mengganti hampir seluruh armada busnya dengan kendaraan yang 100% digerakkan dengan listrik. Akhirnya pilihan bus 100% listrik di kota ilmu Hesse jatuh pada Mercedes-Benz eCitaro yang pertama kali beroperasi pada hari Jumat (27/8/2021). 

Bus 100% listrik dari Mercedes-Benz tersebut bakal menggantikan seluruh armada HEAG Mobilio yang berjumlah 80 bus pada tahun 2025 mendatang. Datangnya 24 eCitaro tersebut mewakili sebanyak 36% dari jumlah seluruh kendaraan di Kota Hesse. Sebelumnya, pengelola transportasi publik tersebut telah mengkampanyekan penggunaan lima unit eCitaro pada bulan Juni 2020 silam. 

Baca juga: Lima Unit Bus Listrik Mercedes-Benz eCitaro Wira-wiri di Basel Swiss

Setelah semua bus diesel diganti dengan bus bertenaga listrik, perusahaan transportasi telah menghitung bahwa akan menghemat sekitar 2,5 juta liter bahan bakar diesel setiap tahun dan dengan demikian menghindari sekitar 6.600 ton CO2.

Teknologi baterai yang digunakan dari eCitaro didasarkan pada sel kobalt mangan nikel (NMC) generasi kedua. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi bus ini karena cocok digunakan untuk depot dan pengisian daya berkinerja tinggi.

Baca juga: Mercedes-Benz Pasok Bus Gandeng eCitaro G ke Perusahaan Transportasi di Swiss

Semua bus listrik dilengkapi dengan semua peralatan keselamatan terbaik yang ditawarkan Daimler Bus. Ini termasuk Sideguard Assist yang membantu pengemudi saat berbelok dan Preventive Brake Assist baru yang merupakan sistem bantuan pengereman aktif pertama untuk bus kota di dunia. 

Kokpit pengemudi juga memberikan perlindungan preventif. Kabin pengemudi dengan panel kaca pengaman yang besar melindungi pengemudi dari infeksi virus dan kekerasan. Agar udara di dalam bus tetap bersih, eCitaro menggunakan filter aktif yang dapat berfungsi sebagai anti virus. Agar lebih aman, bus listrik ini juga dilengkapi dengan pemantauan video dengan 4-6 kamera terpasang. 

 

Share :

Nonton MotoGP Juga Bisa Naik Bus, Ini Daftar Busnya

Sirkuit Mandalika akan menggelar race MotoGP 2022 pada tanggal 18-20 Maret 2022. Bagi Anda yang tinggal di pulau Jawa dan ingin menyaksikan langsung MotoGP Mandalika dengan transportasi bus, banyak pilihan layanan bus AKAP lintas pulau dari Jawa ke Nusa T

Read More
Wajah Baru Bus Tingkat PO Agung Sejati

Bus Tingkat PO Agung Sejati baru-baru ini melakukan suatu gebrakan, yakni mengubah desain interior dan eksteriornya.

Read More
Damri Sediakan Bus Royal Class untuk Perjalanan Jakarta-Surabaya-Malang

Layanan Damri Royal Class ini memberikan keunggulan kenyamanan tempat duduk yang lebih besar, dilengkapi leg rest dan foot rest, serta reclining seat yang menambah kenyamanan bagi pelanggan.

Read More