MobilKomersial.com – Teknologi di kendaraan komersial Mercedes-Benz ini bikin sopir truk makin nyaman dan aman saat harus nyetir di kepadatan rute dalam kota atau jalan yang sempit. Dinamakan Sideguard Assist (S1R), fitur ini telah dipasang pada generasi Actros, Arocs dan Econic.

Memang, sementara versi lokal Indonesia belum terpasang. Namun apabila sudah, pasti akan lebih memudahkan sopir. Sebab, teknologi ini bikin pengemudi bias melihat lebih luas area di sekitar truk, atau yang sering disebut blind spot. 

Baca juga: Perhitungan Konsumsi BBM Truk dari Jakarta ke Surabaya

Caranya, terdapat kamera di sekeliling bodi yang tersambung ke monitor berbentuk spion, yang terletak di pilar A bagian dalam. Alhasil, misal ada pesepeda, pejalan kaki atau halangan di samping, sopir bisa lebih waspada.

“Di Eropa sendiri, tren ini sangat berkembang terutama di Swiss dan Jerman, dimana 85% Actros yang terjual telah dilengkapi Sideguard Assist,” ungkap Andreas von Wallfeld, Head of Marketing, Sales and Services Mercedes-Benz Truck.

Namun usah khawatir, karena dikatakan oleh Andreas juga bahwa untuk Actros generasi lama, termasuk Arocs dan Antos bisa ditambahkan perangkat ini, melalui program Mercedes-Benz Genuine Accessories. Nah, sekarang tinggal tunggu saja semoga Indonesia juga kebagian teknologi ini.

Baca juga: Dioperasikan Perusahaan Logistik Belgia, Mercedes-Benz Uji Coba Truk Listrik

Bahkan ke depannya, Mercedes-Benz bakal membuat teknologi baru yang dikembangkan yakni Active Sideguard Assist (ASGA). Jadi selain bisa memonitor area blind spot lebih maksimal, nantinya ASGA akan terkoneksi dengan manajemen safety mesin. 

Hebatnya ASGA bisa membantu mengaktifkan rem apabila ada halangan atau rintangan, namun hanya apabila kecepatan di bawah 20 kpj. 

Share :

20 Tahun Ramaikan Pasar, Iveco Chakra Jawara: Kami Tertantang Hadirkan Produk Berkualitas

Lebih dari 20 tahun mewarnai pasar otomotif di Indonesia, PT Chakra Jawara terus berupaya menghadirkan truk berkualitas dunia dengan produk Iveco.

Read More
 Harga Batu Bara Membaik, Lonjakan Permintaan Truk Iveco Terjadi di Bulan Desember

permintaan unit sudah meningkat di bulan Desember. Selain itu, menurut dia, hal ini terjadi karena pelemahan harga batu bara yang terjadi di bulan Oktober perlahan meningkat hingga ke akhir tahun.

Read More
Perbaiki Penjualan di 2021, Iveco Berikan Program Khusus ke Pelanggan Lama maupun Baru

PT Chakra Jawara, APM truk Eropa bermerek Iveco di Indonesia, telah memberikan program-program khus untuk konsumen setianya.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler