Jakarta, MobilKomersial.com - Setelah puas mengulas eksterior dan interior yang menawan nan mewah, sekarang kami mencoba mengulas konsumsi bahan bakar Suzuki XL7.

Model low sport utility vehicle (LSUV) milik PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini memakai mesin K15B berkapasitas 1.462 cc 4 silinder dengan tenaga 104,7 PS/6.000 Rpm dan torsi maksimal 138Nm/4.400 Rpm., serupa seperti All New Ertiga.

Datang dengan status mobil LSUV yang siap diajak berpetualang, Suzuki XL7 bukan cuma menawarkan sensasi berkendara baru, tapi yang menjadi penting bagi penghitungan ekonomi keluarga adalah konsumsi bensinnya.

Mobilkomersial.com yang berkesempatan menjajal mobil ini beberapa waktu lalu mencoba meguji efisiensi bahan bakar ketika diajak berpetualang singkat ke luar kota rute Jakarta-Tangerang dengan jarak sejauh 75 kilometer.

Baca juga : Coba Impresi Suzuki XL7, Performanya Istimewa dan Kabin Menawan

Adapun mobil yang kami tes konsumsi bahan bakarnya adalah Suzuki XL7 varian Alpha, tipe tertinggi bertransmisi otomatis dengan memuat 6 orang penumpang dari total kapasitas 7 penumpang.

Berdasarkan data dari layar Multi Information Display ( MID), saat melaju di jalan tol Jakarta-Tangerang dengan simulasi kecepatan tinggi yang konstan (80-100 km), konsumsi bahan bakar yang dihasilkan XL7 tercatat 13,1 km/L.

Lalu, saat melaju di rute dalam kota pada jalanan non tol dengan beragam kondisi padat hingga macet, konsumsi bahan bakar mobil ini meraih 12,8 km/L.

Simak juga : Eksplorasi Fitur-fitur Suzuki XL7 yang Bawa Kenyamanan Saat New Normal

Hasil ini cukup baik, mengingat kondisi lalu lintas yang kami lalui bervariasi termasuk ada kemacetan dan jalanan ramai lancar serta perlu diingat bila hasil tersebut hanya kisaran rata-rata saja. 

Ada banyak faktor juga yang mempengaruhi sisi efesiensi bahan bakar, salah satunya tergantung gaya mengemudi setiap orang serta kondisi lalu lintas yang dilalui.

Hasil dari layar MID itu juga akan berbeda dengan pengujian bbm menggunakan metode full-to-full, yakni menghitung konsumsi bensin yang digunakan dari posisi tangki penuh, kemudian diisi kembali.

Dalam metode full-to-full, jumlah liter yang diisi menjadi angka konsumsi yang dibagi dengan jarak tempuh, untuk menghasilkan angka yang akurat.

Jangan lewatkan : Layanan Home Test Drive Suzuki Diminati Selama Pandemi, XL7 Jadi Primadona

Diatas kertas, konsumsi bahan bakar XL7 transmisi otomatis sekira 15,7 kilometer/liter, berbeda tipis denga Ertiga transmisi otomatis 16,4 kilometer/liter.

Hal itu dapat dipahami karena XL7 memiliki bobot lebih berat dari Ertiga, yaitu 1.720 kg hingga 1.730 kg, ada perbedaan di bagian komponen.

Sebagai tambahan, sejak diluncurkan pada Februari 2020 lalu, Suzuki XL7 hanya mengalami kenaikan harga Rp 2 juta saja, yang kini dibanderol mulai dari Rp 232 juta (varian Zeta) - Rp 269 juta (varian Alpha).

Share :

New Toyota GR Supra Mengaspal di Indonesia, Punya Tenaga Lebih Besar

PT Toyota–Astra Motor (TAM) menghadirkan penyegaran pada New GR Supra menjadi jauh lebih bertenaga, stabil, dan sporty.

Read More
BMW Z4 GT3 sebagai Official Car Kejuaraan Sim Racing BDR

Kejuaraan simulator BDR ini sendiri memiliki konsep untuk mempertemukan pembalap simulator (Sim Racer) berkompetisi dengan pembalap profesional.

Read More
The All-New Audi A6 Raih Lima Bintang dari Euro NCAP

Generasi ke–8 Audi A6 ini berhasil meraih peringkat teratas di Euro NCAP, mencatatkan nilai tinggi di semua kriteria yang relevan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler