Mobilkomersial.com --- Beberapa waktu lalu, Hino Motors sempat menggemparkan industri otomotif global, dimana pabrikan truk dan bus asal Jepang tersebut telah terlibat dalam skandal pemalsuan data emisi besar-besaran.

Pada bulan Maret, Hino Motors di Jepang mengaku telah memalsukan data emisi dan bahan bakar di lebih dari 643 ribu kendaraan, dan laporan bulan Agustus menunjukkan bahwa hal ini telah terjadi sejak tahun 2003.

Baca Juga: Seri Dakar 2023 Akan Punya Rute Lebih Berat dan Jarak Terjauh

Meskipun demikian, hal tersebut tidak meruntuhkan semangat tim Hino Sugawara yang mengabarkan bahwa tim-nya akan tetap berpartisipasi pada kejuaraan Reli Dakar 2023 yang akan berlangsung pada 31 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023 di Arab Saudi.

Teruhito Sugawara selaku pembalap sekaligus direktur tim Dakar Hino Sugawara turut mengucapkan permintaan maaf atas skandal yang dilakukan Hino Motors di Jepang dan dirinya juga optimis kembali berlaga ke ajang balap reli terganas di dunia.

“Kami ingin menyampaikan permintaan maaf kami yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh serangkaian insiden penipuan di Hino Motors,” kata Sugawara, dilansir dari thecheckeredflag pada Rabu, (16/11/2022).

“Situasi yang sulit untuk melanjutkan kegiatan kami, tetapi kami menerima kata-kata penyemangat, dukungan, dan kerja sama dari banyak orang, dan kami dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba (Reli Dakar 2023) berikutnya," tegas Sugawara.

Baca Juga: Reli Dakar 2022: Tim Hino Sugawara Capai Garis Finish dengan Truk Hybrid

Pada Reli Dakar 2022 kemarin, Tim Hino Sugawara telah berhasil mencapai garis finish yang turut menandakan bahwa Hino selalu menyelesaikan balapan sebanyak 31 kali keikut sertaanya sejak pertama kali pada tahun 1991.

Saat itu, Tim Hino Sugawara merupakan satu-satunya merek kendaraan komersial asal Jepang yang mengikuti Reli Dakar dengan truk balap Seri Hino 600 yang menjadi pertama kalinya Hino Motors mengikuti reli terganas di dunia dengan menggunakan truk hybrid.

Hino 600 series sendiri merupakan medium duty truck yang dipasarkan khusus untuk Amerika Serikat (AS) dan Canada, hal itu tetntu terlihat pada desain khas yang memiliki hidung atau moncong dibagian depannya atau kabin kap mesin.

Sebagai informasi, truk balap ini memiliki mesin turbodiesel 6 silinder berkode A09C-TI, dengan kapasitas 8.866 cc dan bisa menghasilkan tenaga sebesar 789 dk di putaran 2.800 rpm dan torsi puncak yang mencapai 2.295 Nm di putaran 1.600 rpm.

Sistem hybrid yang diaplikasikannya mampu menyumbang tenaga sebesar 276 dk serta tangki bahan bakar 800 liter yang dimiliki truk besar ini, bisa menjaganya untuk tetap mampu melewati gurun. Jadi secara total truk Hino 600 ini mampu mengeluarkan tenaga sekitar 1.065 dk.

Baca Juga: Juara Reli Dakar 2022, Begini Kehebatan Performa Truk Kamaz Master

“Reli Dakar, yang disebut-sebut sebagai yang terberat di dunia, akan membuka lembaran baru bagi kami dengan kekuatan untuk terus maju, kekuatan untuk pantang menyerah, dan kekuatan untuk bersatu. Tolong nantikan kesuksesan Hino Team Sugawara!," tutup Teruhito Sugawara.

Share :

Ford Indonesia Hadirkan Program Layanan Service Gratis Di Akhir Tahun 2022

Bertajuk 'Ford Year-end-Service', program layanan purna jual ini merupakan salah satu bentuk komitmen serta keseriusan Ford untuk terus memberikan layanan purna jual terbaik kepada konsumennya serta dukungan terhadap penjualan unit baru Ford di Indonesia.

Read More
Kemenhub Berlakukan Pembatasan Angkutan Barang Saat Natal dan Tahun Baru

Dalam memastikan kesiapan penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi dan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno meninjau pos lalu lintas Gadog, Jawa Barat.

Read More
Pasok DHL Express, BrightDrop Mulai Produksi Van Listrik Berskala Besar di Kanada

Dalam produksinya di Kanada, BrightDrop menawarkan rangkaian produk termasuk van listrik Zevo, Trace eCarts, dan platform perangkat lunak BrightDrop Core untuk mengurangi emisi karbon dari pengiriman jarak jauh sekaligus mengurangi kemacetan di perkotaan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler