MobilKomersial.com - Reli Dakar 2022 sudah mencapai titik akhir setelah menyelesaikan 12 stage (Etape) yang diselenggarakan pada 1 - 14 Januari 2022 di Jeddah, Arab Saudi.

Seremoni penyerahaan podium diadakan di Jeddah Cornish Circuit sekaligus menutup rangkaian kompetisi selama 14 hari. Sebuah podium garis finis besar didirikan di lapangan, dan semua kendaraan yang menyelesaikan balapan, termasuk truk akan naik ke atas panggung.

Baca Juga: Kamaz Kuasai Empat Podium, Dmitry Sotnikov Juara Reli Dakar 2022 Kategori Truk

Tim Hino Sugawara yang diawaki oleh Pembalap Teruhito Sugawara bersama Navigator Hirokazu Somemiya dan Yuji Mochizuki juga turut menaiki panggung dengan truk Dakar rally Seri Hino600.

Teruhito Sugawara mengungkapkan bahwa perlombaan ini terkenal sebagai reli paling melelahkan di dunia dan dalam beberapa tahun hanya 20,5% dari peserta yang berhasil mencapai garis finish. Sementara Tim Hino telah menyelesaikan reli secara berurutan sejak pertama kali ambil bagian ditahun 1991.

"Ini balapan yang sangat sulit karena kami tidak pernah memiliki begitu banyak rintangan sebelumnya, untuk itu saya ingin berterima kasih kepada mekanik dan seluruh tim," ucapnya dalam keterangan yang diterima MobilKomersial.com, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: Juara Reli Dakar 2022, Begini Kehebatan Performa Truk Kamaz Master

Tim Hino Sugawara merupakan satu-satunya merek kendaraan komersial asal Jepang yang mengikuti Reli Dakar dengan truk balap Seri Hino600 yang dilengkapi dengan Racing Hybrid System.

Hal ini juga merupakan pertama kalinya Hino Motors mengikuti reli terganas di dunia ini dengan menggunakan truk hybrid. Dengan berhasil finishnya Hino pada Reli Dakar 2022, ini menandakan bahwa Hino selalu menyelesaikan balapan sebanyak 31 kali keikut sertaanya sejak pertama kali pada tahun 1991.

Hino600 series sendiri merupakan medium duty truck yang dipasarkan khusus untuk Amerika Serikat dan Canada dimana memiliki hidung dibagian depannya atau kabin kap mesin.

"Kendaraan yang dilengkapi dengan sistem hybrid ini dikembangkan dalam kurun waktu sekitar dua tahun, dan merupakan proyek yang didukung oleh banyak orang. Saya percaya bahwa hasil ini akan mengarah ke masa depan,” tutup Teruhito Sugawara.

Baca Juga: Hino Siapkan Truk dan Bus Berstandar Euro 4 Tahun Depan

Sebagai informasi, truk balap ini memiliki mesin turbodiesel enam silinder berkode A09C-TI dengan kapasitas 8.866cc yang memiliki tenaga 789 dk pada putaran 2.800 rpm dan torsi 2.295 Nm di putaran 1.600 rpm.

Sistem hybrid yang diaplikasikannya mampu menyumbang tenaga sebesar 276 dk serta tangki bahan bakar 800 liter yang dimiliki truk besar ini bisa menjaganya untuk tetap mampu melewati gurun. Jadi secara total truk Hino600 ini mampu mengeluarkan tenaga sekitar 1.065 dk.

Tenaga ini disalurkan melalui transmisi otomatis enam percepatan dengan penggerak semua roda secara full time.

Share :

Mobil Listrik Hingga Taksi Udara Jadi Koleksi Baru Museum Transportasi TMII

Bersama salah satu perusahaan otomotif asal Korea, Hyundai, Kemenhub telah bekerja sama dalam membangun pusat pameran (exhibition center) di Museum Transportasi, TMII yang didalam menampilkan berbagai koleksi kendaraan masa depan.

Read More
Gantry Tol Nirsentuh Terpasang di Jalan Tol Jagorawi, BPJT Lakukan Penyempurnaan

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit mengatakan, gantry MLFF yang pertama terpasang di Jalan Tol Jagorawi ini sebagai sarana uji coba beragam instrumen yang ada seperti kamera, server dan lainnya.

Read More
Ramah Disabilitas, Trans Semarang Gunakan Bus Low Entry

Untuk mempermudah penyandang disabilitas bepergian menggunakan transportasi umum di Kota Semarang, Trans Semarang hadirkan bus low entry yang ramah disabilitas dikarenakan lantai bus yang rendah.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler