Mobilkomersial.com --- Setelah diluncurkan pada Mei 2022 lalu, pabrikan otomotif asal Amerika Serikat (AS), Ford, kini resmi mengumumkan spesifikasi teknis dari model kendaraan van listriknya yaitu Ford E-Transit Custom yang memberikan tingkat produktivitas baru kepada pelanggan di segmen van satu ton.

Berbasis Transit Custom yang laris dipasar Eropa, E-Transit Custom ini diklaim telah membawa kekuatan global yang menggabungkan teknologi kendaraan listrik canggih dengan ekosistem perangkat lunak Ford untuk menyederhanakan transisi ke kendaraan listrik.

Baca Juga: Truk Heavy Duty Ford F-Max Bakal Mejeng di IAA Transportation 2022

Presiden dan CEO Ford Motor Company, Jim Farley mengatakan bahwa Ford E-Transit Custom ini dirancang dan direkayasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Ford Transit di era baru tepatnya di era kendaraan elektrifikasi (EV).

“Kami menjadikan Transit Custom sebagai kendaraan komersial paling populer di Eropa, dan kami telah mendengarkan selama lebih dari 50 tahun. E-Transit Custom mendefinisikan ulang apa yang dapat dilakukan untuk mendorong pekerja dan bisnis ke era digital baru," jelasnya dalam siaran resminya, Senin (12/9/2022).

Bergantung pada variannya, Ford E-Transit Custom ini dibekali dengan pilihan motor listrik yang diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 135 dk (100 kW) untuk varian standarnya dan 217 dk (160 kW) untuk varian tertingginya dengan torsi yang sama sebesar 415 Nm.

Sementara itu, van listrik ini menggendong baterai listrik berkapasitas 74 kWh yang memiliki kepadatan energi 12 persen lebih tinggi dari kakanya yaitu, E-Transit. Kendati demikian, E-Transit Custom ini dapat menempuh jarak sejauh 380 km (236 mil) dalam sekali pengisian daya per WLTP.

Baca Juga: Berbasis E-Transit Custom, Ford Pro Electric SuperVan Punya Tenaga 1.972 dk

Paket baterai yang juga digunakan pada model pikap listriknya, Ford F-150 Lightning ini dapat diisi hingga 125 kW dalam waktu 41 menit untuk beralih dari 15 hingga 80 persen. Sedangkan untuk mengisi penuh baterai pada 11 kW hanya membutuhkan waktu kurang dari 8 jam.

Menariknya, E-Transit Custom ini juga disematkan fitur 'ProPower OnBoard' yang serupa dengan F-150 Lightning. Dimana fitur ini menawarkan pengisian dua arah berdaya 2,3 kW untuk menjadikan van ini sebagai sumber energi listrik rumah tangga.

Disisi lain, berkat inovasi digital yang dikombinasikan dengan kemampuan dan pengangkutan bebannya, E-Transit Custom ini memiliki kapasitas muatan maksimum hingga 1.100 kg dan kapasitas penarik maksimum 2.000 kg dengan akses yang lebih mudah.

“Didukung oleh ekosistem digital Ford Pro, E-Transit Custom menawarkan proposisi yang benar-benar revolusioner kepada pelanggan di Eropa, dan akan memberi mereka peningkatan produktivitas yang sangat dibutuhkan saat beralih ke EV,” kata Ted Cannis, CEO Ford Pro.

Baca Juga: Ford F-150 Lightning Mampu Suplai Daya Listriknya Untuk Seluruh Isi Rumah

Ford E-Transit Custom ini akan segera dibangun di pabrik Ford Otosan di Kocaeli, Turki, dan akan mulai berproduksi pada musim gugur 2023 mendatang.

Sebelumnya, Ford Pro juga telah memperkenalkan E-Transit all-electric, yang kini telah terjual lebih dari 8.300 unit, dan E-Transit Custom adalah satu dari empat kendaraan komersial listrik Ford Pro baru yang datang ke Eropa pada 2024.

Share :

Tutup Tahun 2022, Tim Purnajual UD Trucks Indonesia Terbaik Di Dunia

Kompetisi final Gemba Challenge 2022 menjadi ajang kompetisi purnajual untuk para mekanik UD Trucks di seluruh dunia. Kompetisi yang digelar setiap 2 tahun sekali ini menobatkan purnajual dari tim UD Trucks Indonesia sebagai juara pertama dan kedua.

Read More
Andalkan Triton, Tim Mitsubishi Ralliart Dominasi Podium AXCR 2022

Di ajang AXCR 2022 ini, sepanjang lintasan balap memiliki etape (stage) berkecepatan tinggi di jalan berasapal yang kasar dan kering hingga memiliki lintasan ekstrim salah satunya dengan genangan air yang besar dan dalam yang tersebar di berbagai jalanan

Read More
5 Hari Dilaksanakan, GIIAS Semarang Catatkan 30 Ribu Pengunjung

Pameran mobil GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Semarang (Jawa Tengah) mencatat jumlah kunjungan sebanyak 30.606 orang. Pameran ini berlangsung pada 23-27 November 2022 lalu.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler