MobilKomersial.com - Van adalah kendaraan yang digunakan untuk kebutuhan komersial baik dalam mengangkut barang maupun orang yang kini telah memasuki era keberlanjutan dengan tenaga baterai-listrik.

Namun, pada ajang Goodwood Festival of Speed yang merupakan sebuah acara mendaki bukit tahunan yang menampilkan kendaraan bersejarah yang digelar pada 23-26 Juni 2022 di Inggris, telah memperlihatkan sebuah van elektrik dari yang menakjubkan.

Baca Juga: Pikap Nissan Navara ini Disuntik Mesin GT-R, Tenaga Tembus 1.000 dk

Van itu diberi nama Ford Pro Electric SuperVan. Berbasis Ford E-Transit Custom yang baru diluncurkan pada awal Mei 2022 lalu, van itu merupakan kendaraan demonstrator full elektrik yang telah memamerkan kemampuan digital dan ketangguhan produk kendaraan elektrik (EV) dari Ford Pro.

Mobil ini memiliki sasis yang dibuat khusus untuk kecepatan tinggi yang terdiri dari floorpan E-Transit Custom dan rangka baja yang dibalut dengan bodi kit aerodinamis rendah yang ditata oleh tim Ford Design di Cologne, Jerman.

Bodi SuperVan itu memiliki panel komposit dengan bobot yang super ringan, termasuk splitter depan, side skirt, dan diffuser belakang dan yang lebih menonjol terdapat pada bagian belakang yang tersematkan sebuah bodi kit dengan desain yang berongga untuk melancarkan aliran udara dan aerodinamis

Potongan desain belakang radikal dan sirip punggung yang mengalir ke sayap belakang dirancang untuk menghasilkan downforce dan mendorong Electric SuperVan ke jalur lintasan dengan cengkeraman lebih. Sorotan visual lainnya termasuk lengkungan roda yang melebar, spoiler atap besar, roda motorsport dan pemilihan livery yang menjadi pengalih perhatian para fans.

Electric SuperVan tidak menawarkan banyak volume kargo, meskipun ada ruang muat di belakang pengemudi dan pintu di sisi bodi membuat bongkar muat kargo menjadi mudah. Sebuah roll cage penuh dan kursi balap dengan standar FIA juga merupakan bagian dari paket.

Baca Juga: Ford F-150 Lightning Jadi Truk Listrik 'Pace Car' Pertama Nascar Cup Series

Bicara soal teknologi, van ini dilengkapi dengan kamera onboard suite untuk merekam kinerja tingginya, sistem infotainment layar sentuh dalam kabin Ford Sync dan konektivitas yang ditingkatkan yang memungkinkan transmisi data real-time untuk manajemen kendaraan jarak jauh dan kinerja yang dioptimalkan.

Kendaraan ini juga mendapat manfaat dari mode berkendara yang dapat dipilih seperti mode Road, Track, Drag, Drift dan Rally serta terdapat mode pengereman regeneratif tiga tahap dan bahkan Tyre Cleaning Mode.

Meski demikian, hal yang menjadi magnet para penonton bahkan para pembalap lainnya terdapat pada segi spesifikasi. Ford Pro Electric SuperVan diklaim menjadi van listrik gila yang memulai debutnya di Goodwood Festival of Speed.

Pasalnya, Ford Pro Electric SuperVan merupakan van listrik pertama yang telah mencapai kinerja tertinggi dari semua model Ford yang pernah ada. Van ini mengemas empat buah motor listrik dengan baterai liquid-cooled berkapasitas 50kWh.

Dengan kombinasi tersebut, van elektrik ini mampu melontarkan tenaga maksimum sebesar 1.972 dk (2.000 PS) dengan sistem kontrol khusus dan mampu melaju dari 0-100 kpj dalam waktu kurang dari 2 detik.

Paket baterai liquid-cooled 50kWh yang dipesan lebih dahulu dipasang untuk distribusi berat yang optimal dan pusat gravitasi yang rendah. Ford mengatakan paket tersebut dapat diisi ulang hingga penuh dalam waktu sekitar 45 menit menggunakan pengisi daya cepat kendaraan listrik standar.

Baca Juga: Van Listrik Ford E-Transit Custom Rilis, Tawarkan Jangkauan Hingga 380 Km

Dikembangkan secara rahasia oleh Ford Performance dan spesialis reli dan balap listrik 'Stard' di Austria, Electric SuperVan menampilkan suspensi double wishbone dengan panjang yang tidak sama di setiap sudut, serta subframe depan dan belakang kelas motorsport, uprights, dan rem.

Ford Pro Electric SuperVan akan dikendarai ke atas bukit Goodwood oleh pembalap Le Mans dan pemecah rekor kendaran listrik, Romain Dumas.

Share :

Generasi Keenam Nissan Serena Meluncur Di Jepang, Dapat Varian Hybrid e-Power

Di tahun 2022 ini, pabrikan asal Jepang tersebut baru saja memperkenalkan generasi terbaru dari Nissan Serena yang kali ini tidak hanya hadir dalam model MPV bertenaga bensin melainkan hadir dengan varian mesin e-Power atau hybrid.

Read More
MEvITS si Mobil Listrik Serbaguna dari ITS, Mampu Tempuh Jarak 200 Km

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terus berinovasi, yang terbaru ITS meluncurkan mobil listrik multiguna yang bernama Multipurpose Electric Vehicle ITS (MEvITS).

Read More
Mengupas Tuntas SUV Premium Chery Tiggo 8 Pro

Melalui PT Chery Sales Indonesia (CSI) sebagai agen pemegang merek (APM) Chery di Indonesia, hadirnya Tiggo 8 Pro di pasar Indonesia ini diyakini akan dapat memenuhi selera masyarakat urban khususnya para pecinta SUV premium.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler