Mobilkomersial.com --- Mercedes-Benz telah mengumumkan jalinan kerjasamanya bersama produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat yaitu, Rivian. Dengan kemitraan strategis ini kedua pabrikan otomotif terkemuka itu berencana akan berkolaborasi dalam memproduksi van bertenaga listrik.

Kendati demikian, tujuan dari kolaborasi antara Mercedes-Benz dan Rivain adalah untuk secara cepat meningkatkan produksi van listrik dalam membantu transisi dunia ke transportasi yang lebih bersih dan nol emisi.

Baca Juga: Van Listrik Cenntro LS 100 dan LS 260 Siap Meluncur di Eropa, Cocok Untuk Angkut Logistik

Head of Mercedes-Benz Vans, Mathias Geisen telah mengapresiasi bahwa sejalan dengan transformasi ini, pabrikan asal Jerman itu telah berkolaborasi dengan Rivian sebagai mitranya yang sangat dinamis dan menginspirasi berkat teknologinya yang kuat.

"Kami berbagi investasi dan teknologi karena kami juga berbagi ambisi strategis yang sama yaitu, mempercepat elektrifikasi pasar van dengan produk yang berkelanjutan dan unggul bagi pelanggan kami," jelasnya mengutip laman resminya pada Jum'at (9/9/2022).

Sementara itu, kedua perusahaan ini juga bertujuan untuk memproduksi dua van besar yang berdasarkan platform listrik Mercedes-Benz Vans yaitu, VAN.EA (Vans Electric Architecture) dan platform terbaru Rivian Light Van (RLV).

"Sekarang kami mempercepat transformasi ke portofolio produk listrik sepenuhnya. Mulai tahun 2025 dan seterusnya, semua van berdasarkan arsitektur baru kami yaitu, VAN.EA atau hanya akan menggunakan tenaga listrik," tambah Mathias.

Baca Juga: Van Listrik DFSK Gelora E Resmi Jadi Angkot Feeder di Kota Palembang

Selanjutnya, dengan kemitraan ini, kedua pabrikan itu juga mengaku akan dapat meningkatkan sinergi operasi dan secara substansial meningkatkan efisiensi biaya untuk membantu membuat van lebih terjangkau bagi pelanggan komersial yang didorong oleh total biaya kepemilikan.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) Rivian, RJ Scaringe, Mercedes‑Benz adalah salah satu perusahaan otomotif paling terkenal dan disegani di dunia yang dipercaya akan menghasilkan van listrik yang luar biasa tidak hanya akan bermanfaat bagi pelanggan, tetapi juga planet ini.

"Rivian diciptakan untuk mendorong dunia untuk beralih dari konsumsi bahan bakar fosil dengan menciptakan produk dan layanan yang menarik. Kami senang bermitra dengan Mercedes‑Benz dalam proyek ini," terangnya.

Dengan kemitraan strategis ini, Mercedes-Benz dan Rivian telah menargetkan akan membangun fasilitas produksi kendaraan listrik baru yang sepenuhnya memanfaatkan situs Mercedes‑Benz yang ada di Eropa Tengah dan Eropa Timur.

Baca Juga: Kolaborasi Suzuki, Daihatsu dan Toyota, Rancang Mobil Niaga Mini Elektrik Mulai 2023

Share :

Tempuh Jarak 475 Km, Generasi Baru Mercedes-Benz eSprinter Siap Dijual Tahun Depan

Berangkat dari Stuttgart ke Munich, Jerman, eSprinter baru ini berhasil berjalan pulang-pergi dengan hanya satu kali pengisian daya baterai listriknya dan menghasilkan konsumsi daya 21,9 kWh per 100 km.

Read More
Wuling Jalin Kerja Sama Dengan Gotion Dalam Memasok Baterai Kendaraan Listrik

Berkerjasama dengan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia (Gotion High-Tech), PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) berinovasi dan mengembangkan baterai kendaraan listrik untuk pasar otomotif Indonesia.

Read More
Porsche Kenalkan 911 Dakar, Sportcar Khusus Penakluk Medan Off-Road

Model ini juga merupakan persembahan atas kemenangan pertama secara keseluruhan oleh Porsche dalam reli Paris-Dakar 1984. Kemenangan penting ini juga menandai kehadiran model penggerak all-wheel drive (AWD) pada Porsche 911.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler