Mobilkomersial.com --- Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang telah diselenggarakan pada 11-21 Agustus 2022 kemarin di ICE-BSD City, Tangerang Selatan menjadi ajang perkenalan ragam inovasi kendaraan terbaru dari berbagai Agen Pemegang Merek (APM).

Tak hanya kendaraan-kendaraan terbaru, pameran berskala international ini juga turut menjadi panggung para APM untuk memamerkan kendaraan modifikasi yang telah dikembangkan dari model-modelnya yang resmi dipasarkan di Tanah Air.

Baca Juga: Ada Angkot Listrik di GIIAS 2022, Begini Keunggulannya

Salah satunya, seperti pabrikan asal Tiongkok yaitu, DFSK yang meramaikan GIIAS 2022 dengan menampilkan produk minibus-nya, Gelora yang konversi atau dimodifikasi menjadi sebuah Campervan yang siap diajak berpetualang di alam bebas.

Tampil di booth-nya di Hall 8, DFSK Gelora Campervan ini merupakan hasil kreasi bersama karoseri Delima Mandiri dengan mengembangkan Gelora menjadi kendaraan self-propelled yang menyediakan transportasi dan akomodasi untuk beristirahat.

Secara penampilan, Gelora Campervan buatan karoseri asal Bogor ini memang tidak memiliki perubahan. Namun, bagian atas minibus ini telah dipasangkan sebuah tenda pop up milik Domestic Outdoor untuk tempat istirahat para traveller yang bisa menampung dua orang dewasa.

Baca Juga: Fungsional dan Aplikatif, Kendaraan DFSK Penuhi Ragam Kebutuhan Masyarakat

Tak hanya itu, bagian atap DFSK Gelora Campervan ini juga dipasangkan dengan teknologi solar panel sebagai sumber daya kelistrikan terutama pada segi penerangan atau lampu. Solar panel tersebut juga diintegrasikan dengan dua lampu sorot untuk menambah penerangan pengendara.

Pada sisi samping kanan, Campervan yang hadir di GIIAS 2022 ini juga dapat dipasangkan dengan sebuah tirai panjang. Tirai tersebut dapat dimanfaatkan oleh para traveller untuk membuat ruang area mandi serta ada closet portable jika ingin buang air kecil atau besar.

Selain itu, Campervan berkelir warna putih dan oranye ini juga memiliki pintu belakang yang dapat dibuka dan bisa dipasangkan dengan tenda tambahan yang lebih besar. Sebagai sumber tenaga tambahan Gelora Campervan ini dilengkapi dengan genset portable.

Baca Juga: Mobil Komersial Listrik DFSK Gelora E Dukung Mobilitas dan Logistik KTT G20

Secara dimensi, DFSK Gelora Campervan ini tetap mempertahankan ukuran standarnya dengan memiliki panjang keseluruhan 4.500 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 2.000 mm serta memiliki jarak sumbu roda (wheelbase) mencapai 3.050 mm.

Meski memiliki sedikit ubahan pada tampilan luar, Campervan ini justru menjadi magnet para pengunjung GIIAS 2022 berkat ubahan pada bagian dalam kabin yang dirombak sedemikian rupa layaknya sebuah rumah berjalan.

Hal pertama yang menarik terdapat pada ruang kabin tengah yang biasanya dimuat dengan tiga baris tempat duduk, kini dicabut dan dirubah menjadi ruang duduk untuk kapasitas empat orang dengan dilengkapi meja makan dan dapur mini.

Baca Juga: Bermodal Rp155 Juta, Suzuki XL7 Ini Siap Diajak Travelling

Bagian ini memang menjadi area favorit para traveller untuk bersantai sambil menikmati hidangan. Tak lupa, ruang kabin Gelora ini juga disematkan ruang dapur mini lengkap dengan kulkas portable dan wastafel serta kipas angin berpendingin.

Posisi tempat duduknya juga dibuat saling berhadapan sehingga menciptakan keakraban di ruang kabin tengah. Di bagian tengah juga tersedia televisi untuk menemani saat santai dan tersedia juga ruang untuk menampung barang-barang petualang lainnya.

Baca Juga: Adria Sulap Mercedes Benz Jadi Mobil Rumah Mewah, Mirip Kapal Pesiar

Jika traveller ingin 'rebahan' atau beristirahat, jok kulit yang senada dengan warna mobil ini dapat juga disesuaikan sebagai tempat tidur yang terintegrasi ke bagian belakang atau bagasi. Bagasi tersebut juga dilengkapi dengan genset serta lemari penyimpanan besar dipojok kanan.

Bicara dapur pacu, Campervan ini tetap mengemas mesin DK 1.5 DVVT Euro 4 berkapasitas 1.498cc yang sanggup melontarkan tenaga sebesar 107 dk di putaran 6.000 rpm dan torsi puncak mencapai 140 Nm di kisaran 3.200 - 4.000 rpm serta bertransmisi manual 5-percepatan.

DFSK Gelora Campervan yang cocok buat para traveller atau petualang ini diproduksi secara terbatas dengan hanya 29 unit dan dibanderol dengan harga sekitar Rp440 juta lengkap dengan segala peralatan dan perlengkapannya.

Baca Juga: Hyundai Sulap Pikap H-100 Jadi Rumah Bagi Traveller

Share :

Dari Es Hingga Bukit Pasir, Porsche 911 Dakar Sukses Jinakkan Berbagai Jalur Ekstrim

Model 911 Dakar tersebut terinspirasi pada kesuksesan Porsche yang meraih kemenangan keseluruhan pertama di ajang reli Paris-Dakar pada 1984 silam. Dengan begitu, 911 Dakar ini juga pertama kalinya yang dilengkapi dengan penggerak semua roda (AWD).

Read More
Perdana di Asia Tenggara, Dua Mobil Konsep Terbaru Honda Tampil di Thailand International Motor Expo 2022

Dua produk tersebut ditampilkan pada ajang The 39th Thailand International Motor Expo 2022 yang dimulai dari tanggal 1 Desember-12 Desember 2022 di Impact Challenger 1-3, Muang Thong Thani, Thailand.

Read More
Mercedes Benz Luncurkan Camper Van Listrik, Kabin Dibuat Nyaman

Setelah meluncurkan Mercedes-Benz EQT yang berbahan bakar full listrik, kini pabrikan asal Jerman itu membuat camper van dengan basis kendaraan sama serta kabin lengkap yang diberi nama Marco Polo Modul.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler