MobilKomersial.com - Merek mobil sport Renault, Alpine, memberikan gambaran sekilas tentang masa depan mobil listriknya dengan mobil konsep. Alpine A110 E-ternité didasarkan pada mobil sport pendahulunya dngen menggunakan bahan bakar, tetapi telah dibangun kembali untuk studi sebagai mobil sport terbuka full listrik dengan daya 178 kW.

Baca Juga: Alpine A110 Hadirkan Dua Warna Baru, Sambut Ajang Grand Prix F1 Miami

Sel baterai 60 kWh untuk jarak 420 kilometer berasal dari Mégane E-Tech Electric, tetapi susunannya sangat berbeda. Untuk mencapai distribusi berat yang optimal dan untuk mengakomodasi dua belas modul baterai, rumah baterai khusus didesain ulang dan arsitektur kendaraan dikembangkan. Empat modul ditempatkan di depan dan delapan di belakang. Terlepas dari dua belas modul baterai, Alpine A110 E-ternité hanya 258 kilogram lebih berat daripada versi standar dengan mesin bensin.

Menurut siaran pers, Renault Grup menampilkan komponen standar pada mobil listrik di Mégane E-Tech menghasilkan 160 kW. Namun untuk show car, Alpine mengkombinasikan motor dengan transmisi khusus. “Itu harus mulus dan efisien serta ringan dan kompak. Penurunan torsi harus dihindari,”menurut pernyataanya. Karena gearbox seperti ini jarang digunakan.

Alpine mengembangkannya bersama dengan penyuplainya. Hasilnya adalah gearbox dual-clutch dan kontrol elektronik seperti pada versi standar A110, tetapi dengan kopling yang dirancang untuk torsi tinggi.

Selain tenaganya, mobil konsep ini memiliki fitur unik dengan memiliki atap yang dapat dilepas, sebelumnya tidak tersedia pada model yang menggunakan bahan bakar. Untuk menjaga tampilanya pada model A110, dua cover atap dikembangkan mneggunakan bahan plastik.

Bos Renault Luca de Meo, yang juga seorang ahli pemasaran, menjelaskan julukan E-ternité diambil dari bahasa Prancis yang artinya keabadian. menurutnya agar nama ini bisa menggemparkan Alpine untuk dipertahankan selamanya.

Baca Juga: Mercedes Benz Indonesia Luncurkan All New C-Class Pada Acara Star Drive di Senayan Jakarta

Alpine dilaporkan berencana untuk memperkenalkan tiga model full listrik pada tahun 2026 – penerus listrik untuk A110 yakni model kompak baru dan crossover listrik GT X-Over, yang akan diproduksi di pabrik Dieppe Prancis Utara mulai tahun 2025.

Share :

Dari Es Hingga Bukit Pasir, Porsche 911 Dakar Sukses Jinakkan Berbagai Jalur Ekstrim

Model 911 Dakar tersebut terinspirasi pada kesuksesan Porsche yang meraih kemenangan keseluruhan pertama di ajang reli Paris-Dakar pada 1984 silam. Dengan begitu, 911 Dakar ini juga pertama kalinya yang dilengkapi dengan penggerak semua roda (AWD).

Read More
Perdana di Asia Tenggara, Dua Mobil Konsep Terbaru Honda Tampil di Thailand International Motor Expo 2022

Dua produk tersebut ditampilkan pada ajang The 39th Thailand International Motor Expo 2022 yang dimulai dari tanggal 1 Desember-12 Desember 2022 di Impact Challenger 1-3, Muang Thong Thani, Thailand.

Read More
Mercedes Benz Luncurkan Camper Van Listrik, Kabin Dibuat Nyaman

Setelah meluncurkan Mercedes-Benz EQT yang berbahan bakar full listrik, kini pabrikan asal Jerman itu membuat camper van dengan basis kendaraan sama serta kabin lengkap yang diberi nama Marco Polo Modul.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler