MobilKomersial.com - Dalam mengemudi sebuah truk tugas berat (Heavy Duty) baik di medan jalan raya (On-road) maupun di medan yang tidak rata (Off-Road) dengan mengangkut muatan yang besar tentunya bukanlah hal yan mudah.

Pasalnya, dimensi kendaraan beroda lebih dari empat ini sangatlah besar. Selain itu truk membawa beban angkut yang tidak sedikit serta titik buta (blind spot) yang cukup banyak sangat membutuhkan kestabilan yang ekstra saat dikendarai.

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, Kenali Ragam Fitur yang Hanya Dimiliki Truk Batu Bara

Oleh karenanya dibutuhkan keahlian khusus dalam mengemudi truk. Terlebih lagi ketika harus mengendarai sebuah truk mixer atau molen di medan pegunungan dan harus melalui jalur menanjak serta konstruksi badan jalan yang miring.

Sebelum menempuh perjalanan dengan medan berbahaya seperti, ada baiknya para pengemudi wajib mempersiapkan segalanya seperti pengecekkan sistem rem, kondisi ban, performa mesin dan lainnya.

Menurut PT Chakra Jawara, sebagai salah satu pemegang lisensi diler eksklusif truk heavy duty Iveco di Indonesia, berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengemudi truk besar di medan pegunungan ekstrim.

1. Perhatikan Medan Jalan

Biasanya area pegunungan memiliki medan yang tidak datar. Jalanan menanjak maupun menurun sering kali terdapat kemiringan yang bermacam-macam. Hal ini salah satu rintangan yang pasti ditemui oleh pengemudi truk.

Oleh karena itu, para pakar mengingatkan pengemudi truk agar memperhatikan medan jalan, terutama kemiringan jalan yang akan dilalui. Pasalnya, kelalaian atas hal ini sering kali menjadi penyebab kecelakaan truk. Pengemudi bisa mengetahui tingkat kemiringan jalan serta saran kecepatan pada marka atau tiang penanda yang ada di tepi jalan menanjak maupun menurun.

Baca Juga: Ingat Langkah Perawatan Ini Agar Performa Truk Damkar Tetap Bertenaga

2. Sesuaikan Kecepatan Standar

Para pengemudi truk besar perlu untuk selalu berkendara dengan pelan atau sesuai standar kecepatan yang disesuaikan dengan kondisi jalan, terlebih ketika melewati area pegunungan.

Cara ini adalah trik paling aman untuk mengemudikan truk di jalan menanjak atau menurun. Dengan menerapkan langkah ini, pengemudi bisa menghindari kecelakaan karena kehilangan kontrol terutama ketika melalui jalanan menurun.

3. Pertahankan Traksi Saat Mendaki atau Meluncur

Traksi atau tarikan merupakan hal penting yang wajib dikuasai oleh seorang pengendara. Sebab, ketepatan tarikan pada mesin akan menentukan bagaimana laju kendaraan saat melalui jalan mendaki ataupun menurun.

Oleh karena itu, mempertahankan traksi ketika mendaki atau meluncur merupakan salah satu keahlian yang perlu dikuasai oleh pengemudi truk. Sehingga truk bermuatan bisa dikemudikan dengan baik saat menanjak atau meluncur di area pegunungan.

Baca Juga: Ingin Ban Kendaraan Niaga Awet, Simak Tips Berikut

Poin ini juga masih berkaitan dengan performa mesin serta sistem pengereman. Dimana kondisi mesin yang prima akan mendukung performa terutama saat menanjak dengan muatan yang berat. Selain itu sistem rem yang bekerja dengan baik juga turut mendukung ketika sedang melaju di turunan.

Share :

5 Hal Penting di Bus yang Perlu Diperiksa Sebelum Mengantar Penumpang

Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sebagai alat transportasi yang menempuh jarak jauh harus mendapatkan perawatan secara berkala, sehingga bisa memberikan pelayanan dan keselamatan bagi penumpang.

Read More
Ban Truk Pecah Saat Perjalanan, Apa yang Harus Dilakukan Pengemudi?

Tekanan ban truk kerja berat lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan ban mobil biasa. Realitanya, saat pengisian angin, ban dump truk ditempatkan di dalam sangkar guna melindungi teknisi ban bila sewaktu-waktu terjadi insiden ban meledak. Hal tersebut d

Read More
Jadi Kendaraan Sibuk di Pertambangan, Pemeriksaan Berkala Ban Dump Truk Wajib Dilakukan

Dump truk yang berada di pertambangan merupakan alat transportasi yang sering digunakan untuk memudahkan dalam proses pemindahan barang-barang material seperti kerikil, pasir, tanah, produk tambang dan sebagainya.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler