MobilKomersial.com - Alat berat seperti truk pemadam kebakaran (Damkar) diproduksi dari rangkaian komponen bergerak, yang pasti akan mengalami penurunan performa seiring waktu.

Truk memerlukan perawatan yang rutin untuk menjaga agar komponen mesin dan bagian lainnya tetap bekerja optimal.

Semua truk memiliki satu kesamaan, yaitu membutuhkan tune-up untuk memastikan kondisi operasional yang optimal dan menghindari kerusakan.

Adapun cara untuk memelihara serta merawat sebuah truk, berikut merupakan langkah-langkah agar truk tetap memiliki performa yang baik saat digunakan.

Baca Juga: Cerita Ayaxx Jadi Pelopor Truk Pemadam Kebakaran di Indonesia

Periksa Sistem Pada Rem

Kerusakan pada komponen, cedera pihak ketiga, dan sanksi hukum adalah sebagian akibat dari kegagalan rem. Penjadwalan dalam pemeriksaan sistem rem perlu dilakukan oleh pengemudi.

Periksa keausan komponen rem dan ganti part secara teratur. Mekanik juga harus memeriksa pegas, pin, dan bushing rem.

Bersihkan permukaan drum brake ketika kampas rem diganti baru agar kotoran yang menempel pada plat besi hilang. Tekanan udara pada sistem rem juga harus diperiksa.

Performa Mesin Truk Perlu Diuji

Downtime, tanda masalah pada mesin karena adanya asap yang berlebihan, tekanan oli berkurang, dan tenaga mesin gembos.

Tes kompresi memberikan gambaran mesin bertahan sampai berapa lama. Selain itu, pantaulah temperatur mesin, kondisi oli dan tekanannya. Periksalah semua bagian mesin yang memiliki seal, bushing, dan bearing.

next>

Share :

Hindari Kecelakaan, Kenali Area Blind Spot pada Truk

Blind spot sendiri merupakan area di sekitar kendaraan di mana pengemudi tidak dapat melihat kendaraan lain pada saat berkendara,

Read More
Dunlop Beberkan Tips Hindari Hydroplaning di Jalanan Basah

Hydroplaning adalah kondisi di mana ban kendaraan roda empat melayang di atas permukaan jalan karena tidak mampu menepis genangan air

Read More
Kenali Pentingnya Rutin Mengecek Tekanan Angin Ban Mobil ala Dunlop

Ban menjadi komponen penting yang harus diperhatikan sebelum berkendara

Read More
honda

Terkini

Terpopuler