MobilKomersial.com - Alat berat seperti truk pemadam kebakaran (Damkar) diproduksi dari rangkaian komponen bergerak, yang pasti akan mengalami penurunan performa seiring waktu.

Truk memerlukan perawatan yang rutin untuk menjaga agar komponen mesin dan bagian lainnya tetap bekerja optimal.

Semua truk memiliki satu kesamaan, yaitu membutuhkan tune-up untuk memastikan kondisi operasional yang optimal dan menghindari kerusakan.

Adapun cara untuk memelihara serta merawat sebuah truk, berikut merupakan langkah-langkah agar truk tetap memiliki performa yang baik saat digunakan.

Baca Juga: Cerita Ayaxx Jadi Pelopor Truk Pemadam Kebakaran di Indonesia

Periksa Sistem Pada Rem

Kerusakan pada komponen, cedera pihak ketiga, dan sanksi hukum adalah sebagian akibat dari kegagalan rem. Penjadwalan dalam pemeriksaan sistem rem perlu dilakukan oleh pengemudi.

Periksa keausan komponen rem dan ganti part secara teratur. Mekanik juga harus memeriksa pegas, pin, dan bushing rem.

Bersihkan permukaan drum brake ketika kampas rem diganti baru agar kotoran yang menempel pada plat besi hilang. Tekanan udara pada sistem rem juga harus diperiksa.

Performa Mesin Truk Perlu Diuji

Downtime, tanda masalah pada mesin karena adanya asap yang berlebihan, tekanan oli berkurang, dan tenaga mesin gembos.

Tes kompresi memberikan gambaran mesin bertahan sampai berapa lama. Selain itu, pantaulah temperatur mesin, kondisi oli dan tekanannya. Periksalah semua bagian mesin yang memiliki seal, bushing, dan bearing.

next>

Share :

Cara Merawat Mobil Agar Terhindar Dari Resiko Panas Sinar Matahari

Efek dari cuaca panas ini bisa memengaruhi kendaraan yang kita gunakan untuk beraktivitas, seperti pada bagian interior dan eksterior mobil terpengaruh oleh sinar UV, cat mobil mengering dan mengelupas, mobil mengalami penuaan dini, retak pada dusbor dan

Read More
Hal yang Wajib Diperiksa pada Mobil Pasca Mudik ala MG

Usai melakukan perjalanan jauh saat mudik, ada baiknya mobil kembali dicek di bengkel resmi agar performa mesin dan kualitas suku cadang tetap terawat dan pengalaman berkendara tetap nyaman.

Read More
Simak!, Ini 5 Penyakit Mobil yang Muncul Usai Pulang Mudik

Bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan darat pribadi, tentunya tidak salah untuk melakukan pengecekan ekstra setelah melakukan perjalanan jarak jauh.

Read More