MobilKomersial.com - Hyundai Motor Company berencana untuk meningkatkan entri pasar kendaraan komersial Amerika Serikat (AS) dengan truk bahan bakar sel hidrogen-nya, Hyundai XCent.

Rencana itu akan segera dilakukan oleh Hyundai dengan memmperkenalkan sebuah proyek yang disebut NorCal Zero pada ajang Advanced Clean Transportation (ACT) Expo 2022.

Baca Juga: Seluruh Kendaraan Komersial Hyundai Bakal Dapat Varian Hidrogen pada 2028

Melalui proyek yang juga dikenal sebagai Operasi Truk Regional Tanpa Emisi itu, Hyundai Motor akan mengerahkan 30 unit truk tugas berat (Heavy Duty) bahan bakar sel hidrogen Hyundai XCient kelas 8 6x4 di Pelabuhan Oakland, California, pada tahun 2023.

Mark Freymueller, Wakil Presiden Senior dan Kepala Inovasi Bisnis Kendaraan Komersial Hyundai Motor Company mengatakan bahwa pihaknya memiliki tujuan utama untuk melawan perubahan iklim dan membangun masa depan yang berkelanjutan.

"Kita kehabisan waktu untuk membatasi pemanasan global. Kami percaya bahwa tidak ada jalan lain selain hidrogen untuk mewujudkan transisi energi menuju energi terbarukan," terangnya mengutip GreenCarCongress, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga: Hyundai XCient Fuel Cell Jadi Truk Berat Pertama Berbahan Bakar Hidrogen

Produsen otomotif asal Korea Selatan ini, memandang tenaga hidrogen sebagai solusi energi bersih untuk kendaraan komersial, termasuk truk yang membutuhkan energi dalam jumlah besar, untuk kemudahan dalam produksi, transportasi, distribusi, dan penyimpanan.

"Di antara yang lain, tenaga hidrogen telah menawarkan solusi praktis dan layak saat ini untuk mendekarbonisasi sektor kendaraan komersial tugas berat yang menyediakan jangkauan penggerak, muatan, dan waktu pengisian bahan bakar yang sangat baik di truk kami," jelas Mark.

Next>

Share :

Gaussin-Charbone Hydrogen, Percepat Penyebaran Kendaraan Bebas Emisi di Kanada

Dalam perjanjian tersebut, kedua perusahaan telah sepakat dalam membuat usaha patungan untuk mempercepat penyebaran kendaraan pintar dan bebas emisi Gaussin di wilayah tersebut.

Read More
Percepat Pemasaran Truk Listriknya, Volta Trucks Jalin Kemitraan dengan Paneltex

Volta Trucks mengaku bahwa alasan berkolaboraasi dengan Paneltex, disebabkan dengan keahlian Paneltex yang telah menghadirkan portofolio dan produk karoseri truk berkualitas tinggi selama tiga tahun.

Read More
Fuso Fighter X Hadirkan Varian Sasis Lebih Panjang, Cocok Buat Karoseri Ini

Dengan sasis sepanjang 9,8 m tersebut, KTB mengklaim bahwa sasis tersebut cocok untuk diaplikasin ke beberapa jenis karoseri seperti tangki, flat deck, bak besi, los bak, box besi hingga dapat dijadikan truk wingbox yang biasanya diaplikasi pada truk tuga

Read More