MobilKomersial.com - Hyundai Motor Company berencana untuk meningkatkan entri pasar kendaraan komersial Amerika Serikat (AS) dengan truk bahan bakar sel hidrogen-nya, Hyundai XCent.

Rencana itu akan segera dilakukan oleh Hyundai dengan memmperkenalkan sebuah proyek yang disebut NorCal Zero pada ajang Advanced Clean Transportation (ACT) Expo 2022.

Baca Juga: Seluruh Kendaraan Komersial Hyundai Bakal Dapat Varian Hidrogen pada 2028

Melalui proyek yang juga dikenal sebagai Operasi Truk Regional Tanpa Emisi itu, Hyundai Motor akan mengerahkan 30 unit truk tugas berat (Heavy Duty) bahan bakar sel hidrogen Hyundai XCient kelas 8 6x4 di Pelabuhan Oakland, California, pada tahun 2023.

Mark Freymueller, Wakil Presiden Senior dan Kepala Inovasi Bisnis Kendaraan Komersial Hyundai Motor Company mengatakan bahwa pihaknya memiliki tujuan utama untuk melawan perubahan iklim dan membangun masa depan yang berkelanjutan.

"Kita kehabisan waktu untuk membatasi pemanasan global. Kami percaya bahwa tidak ada jalan lain selain hidrogen untuk mewujudkan transisi energi menuju energi terbarukan," terangnya mengutip GreenCarCongress, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga: Hyundai XCient Fuel Cell Jadi Truk Berat Pertama Berbahan Bakar Hidrogen

Produsen otomotif asal Korea Selatan ini, memandang tenaga hidrogen sebagai solusi energi bersih untuk kendaraan komersial, termasuk truk yang membutuhkan energi dalam jumlah besar, untuk kemudahan dalam produksi, transportasi, distribusi, dan penyimpanan.

"Di antara yang lain, tenaga hidrogen telah menawarkan solusi praktis dan layak saat ini untuk mendekarbonisasi sektor kendaraan komersial tugas berat yang menyediakan jangkauan penggerak, muatan, dan waktu pengisian bahan bakar yang sangat baik di truk kami," jelas Mark.

Next>

Share :

Agar Hemat Solar Saat Mengantar Barang, 6 Cara Ini Bisa Diikuti Pengemudi Truk

Kenaikan harga bahan bakar akan berdampak pada perhitungan pengeluaran dalam kalkulasi total operasional perusahaan. Apalagi jika setengah dari pengeluaran biaya operasional justru adalah bahan bakar.

Read More
B-Log Uji Truk Listrik Fuso eCanter di Rute Tangerang dan Balaraja

B-Log, yang mengoperasikan sekitar 3.000 armada yang beroperasi di 40 kota di Indonesia, akan menguji eCanter ke dalam aktivitas logistik harian di rute operasional harian mereka di Tangerang dan Balaraja.

Read More
Profil Sitrak C7H 50.430 8x4 BB Tipper, Truk China Berteknologi Jerman

Sitrak C7H 50.430 ini merupakan truk heavy duty tipper berkonfigurasi 8x4 yang diklaim sangat andal dioperasikan di berbagai medan ekstrim. Truk ini juga biasa dioperasikan sebagai armada truk kebutuhan tambang batu bara hingga nikel.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler