Jakarta, MobilKomersial.com – Truk Hyundai Xcient berbahan bakar sel telah berkendara dan melampaui satu juta kilometer di Swiss. Pencapaian ini diperoleh hanya dalam waktu 11 bulan. Pihak Hyundai menyatakan pencapaian tersebut sekaligus upaya pengurangan emisi CO2 sebesar 630 ton. 

Hyundai mengklaim, pelanggannya di Swiss telah menyatakan kepuasannya menggunakan Xcient berbahan bakar sel. Pasalnya penggunaan truk ini dianggap mampu mengurangi dampak lingkungan, minim waktu pengisian bahan bakar dan mempu menempuh jarak jauh. 

Dilansir dari laman resmi Hyundai, Ketua Asosiasi Mobilitas H2 Swiss Jörg Ackermann mengatakan, perusahaan transportasi dan logistik Swiss yakin bahwa kendaraan komersial sel bahan bakar hidrogen memiliki potensi terbesar di antara berbagai kendaraan energi alternatif. 

Baca juga: Keren! Truk Hidrogen Hyundai Bisa Melaju 400 Km Tanpa Solar

Perusahaan anggota tidak berhenti hanya memperkenalkan truk sel bahan bakar hidrogen. Mereka memiliki harapan yang tinggi untuk sumber energi hidrogen yang memiliki potensi besar untuk masa depan dan percaya bahwa hidrogen akan menjadi kunci untuk transisi ke energi ramah lingkungan,” kata Jörg Ackermann

Ia mengungkapkan, keuntungan terbesar dari energi hidrogen adalah daya simpannya yang sangat baik. Menurutnya, hidrogen akan memainkan peran penting di era energi ramah lingkungan. 

”Banyak perusahaan distribusi sudah merasakan manfaat langsung dengan menggunakan truk sel bahan bakar Xcient, dan saya pikir jika operasi musim panas berhasil diselesaikan, permintaan truk sel bahan bakar Xcient akan meningkat lebih banyak lagi," jelasnya. 

Baca juga: Jajal Pasar Komersial Eropa, Bus Hyundai Elec City Fuel Cell Bakal Diujicoba di Jerman

Hyundai memperkirakan, pascakesuksesan Xcient di Swiss, armada truk bertenaga hidrogen bakal ditambah hingga 1.600 unit. Tak hanya itu, Hyundai juga bakal memperluas truk sel bahan bakar hidrogen ke pasar Amerika Utara. 

Sampai hari ini, di Swiss telah beredar 46 truk sel bahan bakar hidrogen dan telah melayani 25 perusahaan di bidang logistik, distribusi dan pemenuhan supermarket. 

 

Share :

Strategi Elektrifikasi Truk Pemerintah UK, Libatkan Leyland Truck Sediakan 20 Truk Listrik

Sebanyak 20 unit truk DAF LF Electric 19 Ton beserta infrastruktur pengisian bahan bakar dan berbagai peralatan lainnya disiapkan untuk membantu Departemen Transportasi Pemerintah (DfT) Inggris mendorong penggunaan truk listrik. Proyek konversi ini bakal

Read More
Kenworth Perkenalkan Generasi Terbaru T680, Truk CNG Ramah Emisi

Truk berbahan bakar gas ini menggunakan mesin Cummins Westport ISX12N

Read More
Unik, Quester Disulap Jadi Mobil Donor Darah di Thailand

Yayasan Chaleo Yoovidhyanusorn menyumbangkan truk Quester khusus yang telah dimodifikasi menjadi mobil donor darah ke Rumah Sakit Khon Kaen di Bangkok, Thailand.

Read More