Mobilkomersial.com - Volvo Trucks telah meningkatkan kecepatan perpindahan transmisi I-Shift yang cerdas dan otomatis hingga 30%. Respon yang lebih cepat itu memberikan peningkatan kemampuan berkendara dan kelancaran mengemudi truk tugas berat (heavy duty) baik tenaga diesel maupun elektrik.

Peningkatan kemampuan berkendara yang signifikan ini telah ditambahkan ke driveline di semua tingkat emisi yang kini dicapai dengan cara baru di mana transmisi I-Shift berinteraksi langsung dengan mesin.

Baca Juga: Resmi, Volvo Trucks Mulai Jual Truk Listrik Heavy Duty

Dengan pembaruan aktivasi kopling yang lebih cepat yang menghasilkan gangguan torsi yang lebih pendek. Hal ini juga membuat perpindahan gigi lebih halus, untuk pengalaman berkendara yang lebih harmonis.

Pär Bergstrand selaku Manajer Transmisi Heavy Duty di Volvo Trucks memaparkan bahwa pemindahan gigi yang lebih cepat ini dapat memungkinkan pengoptimalan pemilihan gigi secara lebih efisien.

"Dengan penggantian gigi hingga 30% lebih cepat sekarang truk Volvo bertansmisi I-Shift, pengemudi pasti akan mengalami perbedaan yang sangat positif," terangnya dalam keterangannya, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Volvo Rilis Powertrain Terbaru I-Torque di Pasar Amerika Utara

Pergeseran kecepatan tinggi itu dicapai berdasarkan beberapa peningkatan utama. Pertama, sensor yang diperbarui sekarang menyediakan data dengan akurasi lebih tinggi ke unit kontrol, yang menampilkan perangkat lunak baru dan mikroprosesor yang lebih cepat, untuk waktu penghitungan yang lebih cepat.

Kedua, penambahan cakram pada rem girboks membuatnya bereaksi lebih cepat sebelum perpindahan gigi, sehingga bisa dilakukan lebih awal. Akhirnya, volume udara juga telah dikurangi dalam sistem penggerak yang berbeda, misalnya garpu pemindah gigi, kopling dan rem girboks, untuk lebih memungkinkan perpindahan gigi yang lebih cepat.

Pär Bergstrand menjelaskan bahwa transmisi I-Shift pada Volvo ini telah diperkenalkan pada tahun 2001. Itu adalah transmisi otomatis pertama yang dirancang untuk truk tugas berat.

Menurutnya, transmisi ini memiliki kemampuan untuk bekerja dengan seluruh powertrain, karena sistem transmisi ini disesuaikan dengan mesin dan komponen kendaraan yang sudah dari tahap pengembangan, berkontribusi pada konsumsi bahan bakar yang lebih rendah dan dengan demikian mengurangi dampak lingkungan.

Baca Juga: Mengenal Volvo B11R, Sasis Bus Premium Berperforma Tinggi

"Peningkatan ini juga sebagai mempromosikan peningkatan keselamatan dan manfaat penting lainnya termasuk pengurangan kebisingan, getaran dan ketegangan fisik pada pengemudi," jelasnya.

Saat ini semua truk Volvo heavy duty telah dibekali dengan transmisi I-Shift sebagai standar. Sejak diperkenalkan, lebih dari satu juta truk telah terjual secara global dengan teknologi I-Shift Volvo yang unik.

Share :

Hankook Tire Raih Silver Winner pada K-Brand Award 2022

Penghargaan ini diharapkan dapat memfasilitasi kesepahaman bisnis dan budaya antara Indonesia dan Korea.

Read More
Sinergitas Lima APM Otomotif, Dorong Popularitas EV di Indonesia

EV Smart Mobility - Joint Project ini merupakan wujud kontribusi lima brand mobil raksasa untuk mengambil peran dalam upaya pengurangan emisi karbon di industri otomotif Indonesia.

Read More
Mulai Pekan Depan, Ganjil Genap Jakarta Akan Diperluas Jadi 25 Titik, Ini Lokasinya

Perluasan itu akibat terjadinya peningkatan volume kendaraan pekan lalu setelah dilonggarakannya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta.

Read More