MobilKomersial.com - Tren kendaraan elektrifikasi (EV) telah menjamur di Indonesia. Hal ini merupakan upaya pemerintah yang telah menargetkan untuk memproduksi 600 ribu unit EV pada tahun 2030 mendatang.

Target tersebut tidak hanya untuk sepeda motor dan mobil penumpang saja, melainkan kendaraan komersial seperti bus dan truk besar yang juga akan ikut mendukung target prioritas pemerintah menuju popularisasi penggunaan EV.

Beberapa produsen truk dan bus di Indonesia juga sudah menyatakan kesiapaannya untuk memproduksi truk listrik bahkan beberapa diantaranya sudah siap melakukan uji coba di Tanah Air.

Baca Juga: Begini Cara Hino Tingkatkan Kesadaran Keselamatan Berkendara di Masa Pandemi

Seperti salah satu pemimpin pasar truk di Indonesia, PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) yang menyatakan dirinya sedang dalam proses studi untuk memproduksi truk listrik di pasar Indonesia.

"Electric Vehicle (EV) ini memang kita sedang study, memang kita belum men-declare, tapi kita terus melakukan studi karena kita juga melihat kondisi terakhir tentang bagiamana perkembangan EV di Indonesia ini," ungkap COO-Director HMSI, Santiko Wardoyo kepada MobilKomersial.com di sela peresmian fasilitas HTSCC di Purwakarta, baru-baru ini.

Dirinya menjelaskan bahwa tantangan dalam menciptakan kendaraan listrik seperti truk yang memiliki bobot besar butuh pemikiran panjang dan matang terlebih untuk bersaing di pasar Indonesia.

"Untuk menciptakan suatu produk baru ini kan kita butuh penelitian yang panjang, karena kita mengharapkan kita kan punya pabrik di sini, kita bisa melakukan assembly di sini, sehingga butuh waktu untuk studi lebih panjang," tuturnya.

"Sustainability-nya sampai sejauh mana, Infrastrukturnya yang menjadi perhatian juga, kemudian market, economic skills-nya sampai sejauh mana. Namun, kita tetap akan men-support produk pemerintah, tapi kita harus berhati-hati untuk menentukan produk tersebut. Intinya kita tetap pantau terus, saya belum bisa ngomong secara detail karena ini cukup panjang," tambahnya.

Baca Juga: Hino Resmikan Fasilitas HTSCC, Jadikan Safety Driving Menjadi Budaya Bangsa

Hal ini juga dijelaskan oleh President Director HMSI, Masato Uchida yang mengungkapkan bahwa Hino sebenarnya sudah memiliki truk bertenaga listrik namun masih harus menjalakan penelitian untuk dipasarkan.

"Jadi, sebenarnya Hino sudah punya kendaraan truk elektriknya, hanya saja masih distudi atau dipelajari lebih lanjut terlebih dahulu," pungkasnya.

Share :

Isuzu Bawa Elf Elektrik di GIIAS 2022, Komitmen Menuju Netral Karbon pada 2060

Meski masih dalam bentuk display pameran, pihak IAMI mengungkapkan bahwa truk listrik Isuzu Elf EV yang didatangkan langsung (CBU) dari jepang ini sebagai bentuk perusahaan untuk menunjukkan komitmennya dalam mendukung target netral karbon 2060.

Read More
UD Trucks Tampilkan Keluarga Truk Quster Euro 5 di GIIAS 2022, Menuju Energi Yang Lebih Bersih

Dalam pameran yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 21 Agustus 2022 ini, UD AMI menampilkan produk canggihnya sebanyak 4 (empat) unit truk Quester yang sudah bersertifikasi Euro 5.

Read More
Truk Listrik Hino Dutro Z EV Tampil Perdana, Curi Perhatian GIIAS 2022

Meski memiliki bodi yang kompak, truk ini memiliki ruang kargo yang diklaim sangat ideal untuk segala pengiriman di daerah perkotaan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler