MobilKomersial.com - Indonesia akan menerapkan sistem transaksi tol terbaru yang disebut dengan Multi Lane Free Flow (MLFF). Sistem transaksi tol tanpa berhenti ini direncanakan akan mulai diberlakukan tahun 2022 ini.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengabarkan bahwa penerapan bayar tol tanpa setop ini diharapkan dapat diimplementasikan secara keseluruhan paling lambat pada September 2023.

Dengan target tersebut, sistem transaksi tol tanpa berhenti juga telah disiapkan dengan sebuah aplikasi yang rencananya akan diluncurkan pada Juli 2022.

Baca Juga: Tahun 2021, Sepanjang 126,53 Km Jalan Tol Baru Resmi Dioperasikan

Soal teknis pembayarannya, ada tiga cara transaksi pada sistem MLFF. Tiga cara tersebut antara lain Electronic on board unit (E-OBU), On board unit (OBU), dan Electronic Route Ticket.

1. Electronic on board unit (E-OBU)

E-OBU direkomendasikan bagi yang memiliki smartphone dan jarang bertukar kendaraan dengan orang lain. Setiap kendaraan yang hendak memasuki jalan tol harus sudah terdaftar dalam sistem, baik data kendaraan maupun pengguna. Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi MLFF yang bisa diunduh dari ponsel.

Penggunanya bisa memilih metode pembayaran setelah melakukan registrasi. Sistem ini nantinya bisa terintegerasi dengan berbagai pembayaran.

Setelah melakukan registrasi pengguna dapat langsung menggunakan aplikasi E-OBU hanya dengan menekan tombol mulai. E-OBU akan mengirim sinyal GPS ke MLFF pusat. GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan, serta memotong saldo secara otomatis.

Baca Juga: Teknologi WIM di Jalan Tol Resmi Diterapkan, Begini Kecanggihannya

2. On board unit (OBU)

Cara selanjutnya adalah dengan metode OBU yang direkomendasikan untuk kendaraan yang sering digunakan dengan pengemudi yang berbeda. Jika ingin menggunakan perangkat OBU, maka kamu bisa membeli OBU dan mendaftarkan kendaraan.

OBU berfungsi dengan cara yang sama seperti E-OBU, yakni dengan mencatat penggunaan jalan tol berdasarkan GPS dan kamu akan membayar sesuai dengan tarifnya.

Next>

Share :

Lewati Rangkaian Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Binjai - Stabat Siap Beroperasi

Untuk ruas Binjai - Stabat yang telah melalui tahapan ULF progresnya sudah mencapai 100% dan telah selesai konstruksinya. Ditargetkan Seksi 1 dari Binjai - Pangkalan Brandan akan rampung konstruksinya dan tersambung pada akhir tahun 2022 mendatang.

Read More
Hyundai Pimpin 87,3% Pasar Kendaraan BEV Indonesia di Tahun 2021

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2021, model BEV Hyundai mendominasi penjualan ritel di segmen tersebut dengan 605 unit yang terjual dari total 693 transaksi ritel yang dibukukan Gaikindo.

Read More
SGC Boot Bertenaga Hidrogen Siap Ikuti Baja 1000

embuat mobil Scuderia Cameron Glickenhaus (SGC) telah merilis gambar terbaru SGC Boot, kendaraan balapnya yang akan mengambil bagian dalam off road Baja 1000 November tahun ini. SGC Boot berkonsep pikap boot berbahan bakan hidrogen dengan nol emisi. Seca

Read More