Brasil, MobilKomersial.com - Mercedes-Benz kini memasuki era elektromobilitas untuk bus di Amerika Latin dengan menghadirkan sasis bus full-electric eO500U yang akan diproduksi di Sao Bernardo do Campo, Sao Paulo, Brasil.

Dengan eO500U, sasis bus listrik bertenaga baterai ini dirancang khusus untuk kebutuhan transportasi umum lokal yang ramah lingkungan dan bebas emisi dan berkontribusi pada pengendalian polusi udara dan dengan demikian meningkatkan kualitas hidup di kota.

Sasis bus listrik ini memiliki jangkauan hingga 250 kilometer. Sistem pengisian baterai eO500U adalah sistem plug-in dengan standar teknologi yang sama dengan yang dipasang oleh Bus Daimler di bus kota eCitaro Mercedes-Benz.

Baca Juga: Model Terbaru Bus Mercedes-Benz Tourrider, Khusus Pasar Amerika Utara

eO500U ini mampu melakukan pengisian penuh baterai tegangan tinggi dengan hanya membutuhkan waktu sekitar tiga jam.

Head of Product Engineering and Purchasing Daimler Buses, Gustav Tuschen mengatakan bahwa sasis bus eO500U yang sepenuhnya elektrik ini adalah bagian dari strategi pengembangan global Mercedes untuk era elektromobilitas.

"Tujuan kami adalah menjadikan transportasi umum lokal lebih ramah lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup di perkotaan," jelas Gustav mengutip laman resminya, Jum'at (26/11/2021).

Sasis bus eO500U ini rencananya akan diproduksi di pabrik Brasil di São Bernardo do Campo mulai tahun 2022 dan diluncurkan di Brasil dan di negara-negara Amerika Latin lainnya. Namun pihaknya mengatakan bahwa sasis bus ini juga akan dihadirkan di luar Amerika Latin tergantung permintaan dari pelanggan.

Baca Juga: Beralih ke Bus 100% Listrik, HEAG Mobilio Pilih Mercedes-Benz eCitaro Jadi Kendaraan Publik

eO500U adalah model dari seri O-500, yang juga menjadi basis bus kota Mercedes-Benz Super Padron. Kendaraan berlantai rendah ini dapat dikonfigurasikan dengan bodi bus kota dengan panjang hingga 13,2 meter dan menawarkan ruang hingga 86 penumpang.

Mempertimbangkan pengalaman dengan Mercedes-Benz eCitaro, sasis ini dikembangkan sepenuhnya di Brasil dan menjalani tes intensif oleh para insinyur dari Bus Daimler di Jerman dan Brasil.

Mercedes-Benz do Brasil adalah produsen bus dan truk terbesar di Amerika Latin. Pabrik bus di São Bernardo do Campo dibuka pada tahun 1956 dan mengkhususkan diri dalam pengembangan dan produksi sasis bus.

Share :

Karoseri Tentrem Rilis 4 Empat Bus dengan Bodi Avante H7 untuk PO EPA Star

Keempat bus ini dipersiapkan untuk melayani jalur Payakumbuh-Bandung Pergi-Pulang (PP).

Read More
Volvo Buses Lakukan Uji Penelitian Bus Swakemudi

Penelitian ini dilakukan dengan bus listrik self-driving di jalur uji di area terbatas. 22 orang penumpang dari berbagai usia yang menggunakan angkutan umum setiap hari, merasakan bagaimana bus menangani sembilan situasi lalu lintas yang berbeda mulai dar

Read More
Volvo Mulai Uji Coba Bus Listrik di Kondisi Iklim Panas, Dubai

Uji coba ini juga mengikuti tes global terbaru Volvo Bus atas solusi elektromobilitas Volvo di iklim panas dengan suhu yang sering melebihi sekitar 40°C.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler