Jakarta, MobilKomersial.com - Menjalani puasa di bulan Ramadhan bukan menjadi halangan untuk tetap melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk saat berkendara.

Namun, ketika berkendara saat puasa, tentunya menjadi tantangan tersendiri karena perlu menyesuaikan diri dalam berbagai hal.

Yang perlu diperhatikan adalah saat kondisi badan lemas karena menahan lapar dan kekurangan cairan karena menahan haus, itu bisa mengurangi konsentrasi dan juga berpotensi membahayakan keamanan dalam berkendara. 

Untuk itu, agar tetap aman dan nyaman saat berkendara serta tidak mengganggu jalannya puasa, Suzuki Indonesia memberikan lima tips berkendara di bulan puasa.

Baca juga : Ada Insentif PPnBM 0%, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli Mobil Baru

Menurut Hariadi, Asst. to 4W, 2W & Marine Service Dept. Head PT SIS, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat berkendara dalam kondisi berpuasa, yaitu:  

1. Persiapan Sebelum Berkendara

Pengendara harus memperhitungkan beberapa hal seperti kebutuhan sebelum berkendara, apalagi ketika berkendara dalam jarak yang lama atau jauh.

"Salah satu contohnya, jika perjalanan dilakukan mendekati waktu maghrib bawalah makanan dan minuman untuk berbuka puasa di jalan," ujarnya, Rabu (14/4/2021).

Tapi, agar buka puasa tidak mengganggu konsentrasi berkendara, sebaiknya pengendara mencari tempat yang aman untuk berhenti sejenak.

Simak juga : Hankook Bagi Tips Menjaga Ban Agar Aman Berkendara Saat Banjir

2. Hindari Hal-hal yang Menyebabkan Kantuk

Hal yang sering terjadi saat berpuasa adalah munculnya rasa kantuk berlebih dibandingkan biasanya. 

"Oleh karena itu, bagi pengemudi mobil upayakan agar tidak menyetel suhu AC terlalu dingin karena udara dingin dapat menambah rasa kantuk," kata Hariadi.

Hal lain yang tak kalah penting untuk mengurangi kantuk saat berkendara adalah dengan memperhatikan pola dan jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur.

Share :

Ada Potongan Harga PPnBM, Begini Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Sebagai barang mewah, saat melakukan pembelian mobil tak ada salahnya menggunakan layanan asuransi karena mobil adalah aset yang harus dilindungi agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Read More
Pentingnya Bawa APAR di Mobil Agar Terhindar dari Kebakaran Mobil

Banyaknya kasus mobil terbakar mendorong pemerintah mengeluarkan peraturan yang mewajibkan mobil baru dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan atau APAR.

Read More
Berikut Tips Mengatasi Retak Halus Pada Ban Ala Dunlop

Jika terdapat retak halus pada ban kendaraan, apa yang perlu dilakukan?

Read More
honda

Terkini

Terpopuler