Jakarta, MobilKomersial.com - Menjalani puasa di bulan Ramadhan bukan menjadi halangan untuk tetap melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk saat berkendara.

Namun, ketika berkendara saat puasa, tentunya menjadi tantangan tersendiri karena perlu menyesuaikan diri dalam berbagai hal.

Yang perlu diperhatikan adalah saat kondisi badan lemas karena menahan lapar dan kekurangan cairan karena menahan haus, itu bisa mengurangi konsentrasi dan juga berpotensi membahayakan keamanan dalam berkendara. 

Untuk itu, agar tetap aman dan nyaman saat berkendara serta tidak mengganggu jalannya puasa, Suzuki Indonesia memberikan lima tips berkendara di bulan puasa.

Baca juga : Ada Insentif PPnBM 0%, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli Mobil Baru

Menurut Hariadi, Asst. to 4W, 2W & Marine Service Dept. Head PT SIS, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat berkendara dalam kondisi berpuasa, yaitu:  

1. Persiapan Sebelum Berkendara

Pengendara harus memperhitungkan beberapa hal seperti kebutuhan sebelum berkendara, apalagi ketika berkendara dalam jarak yang lama atau jauh.

"Salah satu contohnya, jika perjalanan dilakukan mendekati waktu maghrib bawalah makanan dan minuman untuk berbuka puasa di jalan," ujarnya, Rabu (14/4/2021).

Tapi, agar buka puasa tidak mengganggu konsentrasi berkendara, sebaiknya pengendara mencari tempat yang aman untuk berhenti sejenak.

Simak juga : Hankook Bagi Tips Menjaga Ban Agar Aman Berkendara Saat Banjir

2. Hindari Hal-hal yang Menyebabkan Kantuk

Hal yang sering terjadi saat berpuasa adalah munculnya rasa kantuk berlebih dibandingkan biasanya. 

"Oleh karena itu, bagi pengemudi mobil upayakan agar tidak menyetel suhu AC terlalu dingin karena udara dingin dapat menambah rasa kantuk," kata Hariadi.

Hal lain yang tak kalah penting untuk mengurangi kantuk saat berkendara adalah dengan memperhatikan pola dan jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur.

Share :

Mengenal Fitur dan Tanda di Panel Speedometer Mobil

Panel instrumen yang kerap disebut dengan speedometer, pada mobil-mobil modern tidak hanya berisikan informasi tentang kecepatan kendaraan.

Read More
Inilah Anggapan  yang Keliru Soal Ban Kendaraan Niaga

Tapi, benarkah ukuran ban sebanding dengan kekuatan dan kemanan ban kendaraan ketika digunakan di jalan raya?

Read More
Lakukan Langkah Ini Agar Kinerja Suzuki New Carry Pick Up Terus Optimal

Agar kinerjanya tetap terjaga, konsumen harus melakukan perawatan berkala serta memperhatikan spesifikasi kendaraan dan peraturan di jalan raya.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler