Jakarta, MobilKomersial.com – Memasuki curah hujan ekstrem akhir-akhir ini, Hankook Tire mengimbau agar pengguna kendaraan berhati-hati di jalan. Agar dapat meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara, Hankook memberikan tips merawat ban kendaraan agar tahan terhadap genangan. Karena ban kendaraan umumnya kerap dipakai menggilas banjir.

Dikutip dari laman resmi Hankook Tyre Indonesia, National Sales Manager PCR Hankook Tire Apriyanto Yuwono mengatakan, ban perlu mendapatkan perhatian khusus pada musim hujan. Pemilihan ban yang tepat menjadi faktor terpenting untuk melintasi berbagai kontur jalan seperti aspal, tanah, hingga bebatuan.

Baca juga: Ternyata Mudah! Begini Cara Membaca Kode di Ban Mobil

“Selain aquaplaning, ada risiko lain yang perlu diwaspadai. Terlebih lagi di saat kondisi angin kencang, permukaan jalan lebih licin dan tertutup air bahkan lumpur. Ban sebagai part penopang kendaraan perlu didukung dengan daya tahan yang optimal sehingga mampu untuk memecah genangan air, bekerja stabil saat hujan, dan memberikan kenyamanan berkendara,” ungkap Apriyanto.

Baca juga: Didominasi Konsumen Kendaraan Niaga, Hankook Beri Tips Mengenali Tapak Ban On-Road dan Off-Road

Menurut Apriyanto, ada 4 risiko yang harus diwaspadai pengendara agar memaksimalkan mobilitas di tengah banjir, seperti objek tersebunyi yang ada di dalam genangan, seperti paku, semen tajam, kawat dan kaca.

”Biasanya mengenai bagian telapak ban dapat mengakibatkan sobek di bagian samping ban (sidewall). Jika terjadi kerusakan atau sobekan yang cukup besar disarankan ban tersebut untuk segera diganti,” tambahnya.

next >

Share :

Mengenal Fitur dan Tanda di Panel Speedometer Mobil

Panel instrumen yang kerap disebut dengan speedometer, pada mobil-mobil modern tidak hanya berisikan informasi tentang kecepatan kendaraan.

Read More
Inilah Anggapan  yang Keliru Soal Ban Kendaraan Niaga

Tapi, benarkah ukuran ban sebanding dengan kekuatan dan kemanan ban kendaraan ketika digunakan di jalan raya?

Read More
Lakukan Langkah Ini Agar Kinerja Suzuki New Carry Pick Up Terus Optimal

Agar kinerjanya tetap terjaga, konsumen harus melakukan perawatan berkala serta memperhatikan spesifikasi kendaraan dan peraturan di jalan raya.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler